HUBUNGAN NILAI UJIAN NASIONAL, NILAI TES UJIAN MASUK SEKOLAH, DAN TINGKAT PEREKONOMIAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA

Wiwik Dian Astuti, Saleh Hidayat, Haryadi Haryadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara nilai Ujian Nasional, nilai tes ujian masuk sekolah, tingkat perekonomian keluarga dengan hasil belajar Biologi. Populasi penelitian adalah 367 siswa kelas X SMAN 1 dan SMAN 2 Banyuasin I dan digunakan dalam penelitian melalui total sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, angket dan wawancara. Penentuan kategori data kecenderungan variabel nilai Ujian Nasional, nilai tes ujian masuk IPA di SMA, dan tingkat perekonomian keluarga berdasarkan Kategori Skor Kecenderungan Variabel oleh Mardapi (2008), sedangkan untuk hasil belajar menggunakan nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan oleh sekolah penelitian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan sedang antara tingkat nilai Ujian Nasional, nilai tes ujian masuk sekolah, dan tingkat perekonomian keluarga secara bersama-sama terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA Negeri di Kecamatan Banyuasin I. Di antara ketiga variabel bebas penelitian yang paling dominan berpengaruh adalah tingkat ekonomi keluarga, sangat menunjang keberhasilan seorang siswa dalam proses belajarnya.

 

This study aimed to determine whether there were correlation among national exam score, school entrance exam score, and family economic level with students’ biology learning outcome. The study population was 367 students of class X SMAN 1 and SMAN 2 Banyuasin I and used through total sampling. Data was collected through documentation, questionnaire and interview. Determination of the trend data category for the variable National Examination score, school entrance exam score in high school, and family economic level based on the Variable Tendency Score Category by Mardapi (2008), while for the learning outcome was used Minimum Completeness Criteria value set by the research school. The data obtained were analyzed using Spearman correlation. The results showed that there was a positive and moderate correlation among national exam score, school entrance exam score, and family economic level with senior high school students’ biology learning outcome in Banyuasin I District. Among the three independent research variables, the most dominant influential was the family economic level, which greatly supported the success of a student in the learning process.


Keywords


ujian nasional; ujian masuk sekolah; ekonomi keluarga; hasil belajar; national exam; school entrance exam; family economic; learning outcome

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran, Teknik, dan Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Badriah, L. (2013). Analisis Validitas Prediksibilitas Ujian Masuk terhadap Hasil Belajar Satu Tahun Kedepan di MTs Ali Maksum. Literasi, 4 (1), 89-108.

Chlarantika, Ferdina (2017). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Dengan Hasil Belajar SD Negeri Tambak Aji 03 Ngaliyan Kota Semarang. Tesis, tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Diakses dari http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31214

Ernawati, N. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orangtua, dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aktiva Tetap Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, tidak diterbitkan. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48923

Fitriana & Wahyuni. (2015). Pengaruh Perekonomian Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTsS Keude Simpang Empat, Kecamatan Simpang Keuramat. Jurnal Sains Ekonomi dan Edukasi (JSEE), 3 (1), 20-27. Diakses dari http://www.jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jsee/article/view/272/166

Hidayat, S. & Fadillah, E.N. (2019). Development of Assessment Instruments in Measuring Critical Thinking Skills of Senior High School Participants of Biology Subject. Journal of Physics: Conf. Series. 1241 012040 (pages 1—8). https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1241/1/012040/meta

Kiswanto, H. (2016). Pengaruh Hasil Seleksi Penerimaan Siswa Baru (PPDB), Minat Memilih Jurusan, dan Perilaku Belajar terhadap Prestasi Akademik Peserta Didik di SMK Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2012/2013. Tesis, tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia.

Napiah, Y. (2014). Pengaruh Nilai Rata-rata Ujian Nasional dan Ujian Sekolah terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMS Angkatan 2010. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses dari http://eprints.ums.ac.id/29563/

Nasution, H.M.F. (2001). Hubungan Metode Mengajar Dosen, Ketrampilan Belajar, Sarana Belajar dan Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8 (1). Diakses dari http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/524

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sofyandi, H. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudarsana, I.K. (2018). Implikasi Kondisi Ekonomi Orang Tua terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. https://doi.org/10.31227/osf.io/utpvm

Sudarwanto, B. (2018) Pengaruh Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMPN 4 Wonosobo. Media Manajemen Pendidikan, 1(1), 116-126. https://core.ac.uk/download/pdf/230385016.pdf

Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugihartono, Fathiyah, K.N., Harahap, F., Setiawati, F.A., & Nurhayati, S.R. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Utomo, S. D., Adi, B. S., & Sunarto. (2018). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Kognitif Kewirausahaan pada Siswa Kelas XI SMK Kristen 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 4 (1). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/11880

Woolfolk, A.E. (2000). Educational Psychology. Boston: Allyn and Bacon.




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v4i2.2995

Copyright (c) 2020 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

        


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.