PENGEMBANGAN BOOKLET SISTEM PENCERNAAN UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Wina Afifah Putri, Afifah Intan Purnama Sari, Erni Widiastuti, Rio Christy Handziko

Abstract


Bahan ajar merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran. Salah satu persoalan biologi terkait sistem organ yang diajarkan di SMA adalah sistem pencernaan. Agar siswa lebih mudah dalam memahami konsep pada sistem pencernaan maka disusun booklet sistem pencernaan yang lebih fokus dan detail pada materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan booklet pada topik sistem pencernaan. Pengembangan booklet ini disusun dengan mengikuti model pengembangan 4D dengan tahapan define (pendefinisian)-proses pemilihan konsep dasar dan penyusunan konsep, design (perancangan)-pemilihan bahan ajar berupa booklet dan penyusunannya, dan develop (pengembangan)-penilaian dari ahli media dan ahli materi serta uji keterbacaan. Dilanjutkan dengan analisis hasil penilaian para ahli lalu merevisi produk sesuai dengan masukan dari para ahli. Tahap terakhir, yaitu disseminate (penyebaran) yang dilakukan dengan pengajuan ISBN ke perpusnas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli media meliputi ukuran booklet yang masuk kategori sangat baik serta desain sampul dan desain isi yang masuk dalam kategori baik. Penilaian ahli materi meliputi kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan kebahasaan yang ketiganya masuk dalam kategori baik. Booklet ini sudah layak digunakan karena minimal kategori pada analisis penilaian instrumen yang didapat adalah baik walaupun masih perlu sedikit perbaikan sesuai dengan saran dari ahli.

 

Teaching material is an important component in the learning process. One of the biological problems related to organ systems taught in high school is the digestive system. In order for the students to understand the concepts in the digestive system, the booklet of digestive system was arranged to be more focused and detailed on the material. This research aimed to develop the booklet on the topic of the digestive system. In this research, the booklet was compiled using the 4D model, through the process of definie- the process of selecting the basic concept and drafting the concept, design-the selection of teaching materials in the form of booklet and its compilation, develop-the assessment from media expert and material expert along with readability test, the results of the assessment were used to revise the product, and disseminate, done by submitting the ISBN to the National Library of Indonesia. The results showed that the media expert's assessment included the size of the booklet was in the very good category and the cover design and content design were in the good category. The material expert's assessment included the content feasibility, presentation feasibility, and language, all of which were in the good category. The booklet was suitable for use because of the minimal category of the instrument analysis obtained were good, although it still needs a little improvement according to the advice of experts.


Keywords


booklet; pencernaan; model 4D; penilaian; pengembangan; digestive; 4D model; assessment; development

Full Text:

PDF

References


Ariyanto, A., Priyayi, D. F., & Dewi, L. (2018). Penggunaan media pembelajaran biologi di sekolah menengah atas (sma) swasta salatiga. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(1), 1-13. Diakses dari http://www.fkip.ummetro.ac.id/journal/index.php/biologi/article/view/1377

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Basri, H., Waspodo, & Sumarni, S. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 3(1), 35–44.

Direktorat Pembinaan SMA. (2010). Juknis Penyusunan Perangkat Penilaian Afektif di SMA. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gafur, A. (2003). Penerapan Konsep dan Prlnsip Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Desain Pesan dalam Pengembangan Pembelajaran dan Bahan Ajar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 22(3), 273-289. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7419

Handziko, R. C., & Suyanto, S. (2015). Pengembangan Video Pembelajaran Suksesi Ekosistem Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Mahasiswa Biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 212-224. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7508

Harlis, Budiarti, R. S., & Natalia, D. (2021). Pengembangan Booklet Budidaya Jamur Edible Sebagai Bahan Ajar Mikologi. Biodik, 7(1), 33–42. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v7i01.12063

Irawati, H., & Saifuddin, M. F. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pengantar Profesi Guru Biologi di Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. BIO-PEDAGOGI, 7(2), 96. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v7i2.27636

Kemendikbud. (2018). Permendikbud No 37 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Kurniawan, D., & Dewi, S.V. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Media Screencast-O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1). 214-219. Diakses dari https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jspendidikan/article/view/193

Lawhon, D. (1976). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook: Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. Bloomington. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2

Matsun, Ramadhani, D., & Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Listrik Magnet Berbasis Android di Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 9(1), 99–107. http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v9i1.23703

Mauludin, R., Sukamto, A. S., & Muhardi, H. (2017). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), 3(2), 117. https://doi.org/10.26418/jp.v3i2.22676

Monica, & Luzar, L. C. (2011). Efek Warna dalam Dunia Desain dan Periklanan. Humaniora Binus, 2(2), 2011, 1084-1096.https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i2.3158

Mu’arikha, & Qomariyah, N. (2020). Analisis Miskonsepsi Materi Sistem Pencernaan dengan Menggunakan Three-Tier Test pada Siswa Kelas XI SMA Misconception. BioEdu, 9(2), 199–206. https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n2.p199-206

Prasmala, E. R., & Tanggu, E. D. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Sistem Pencernaan dengan Model Pembelajaran Make a Match Berbasis Digital Daily Assasment. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 9(1), 91–97. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v%vi%i.266

Perpusnas. (2019). Info ISBN (Informasi Umum tentang ISBN). Diakses dari https://isbn.perpusnas.go.id/home/infoisbn#info1

Rahmattullah, M. (2011). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Film Animasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khusus (1), 154–163. Diakses dari http://jurnal.upi.edu/file/17-Muhammad_Rahmattullah.pdf

Ratiyani, I., Subchan, W., & Hariyadi, S. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Digital dan Aplikasinya dalam Model Siklus Pembelajaran 5E (Learning Cycle 5E) Terhadap Aktifitas dan Hasil Belajar (Siswa Kelas VII DI SMP Negeri 10 Probolinggo Tahun Pelajaran 2012/2013). Pancaran Pendidikan, 3(1), 79-88. Diakses dari https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/725

Sukartha, I N., Suparwa, I N. Putrayasa, I G. N. K., & Teguh, I W. (2015). Bahasa Indonesia Akademik Untuk Perguruan Tinggi. Denpasar: Udayana Univesity Press.

Sulistyanto, H., & Nugroho, A. (2015). Rekayasa Aplikasi Media Pembelajaran Sistem Organ Pada Manusia Berbasis Web. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), I35–I38. Diakses dari https://journal.uii.ac.id/Snati/article/view/3553

Sundari, R. (2008). Evaluasi Pemanfaatan Laboratorium dalam Pembelajaran Biologi di Madrasah Aliyah Negeri Sekabupaten Sleman. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 12(2). 196-212. https://doi.org/10.21831/pep.v12i2.1427

Utomo, M. A. W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Model Booklet Materi Sumber Daya Hutan Kelas VII. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses dari http://eprints.ums.ac.id/50559/

Yusri, R., & Husaini, A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Microsoft Power Point dalam Pembelajaran Matematika Kelas X MA KM Muhammadiyah Padang Panjang. Jurnal Ipteks Terapan, 11(1), 1-8. Diakses dari http://ejournal.lldikti10.id/index.php/jit/article/view/4414




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v5i1.3066

Copyright (c) 2021 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

        


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.