HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP VIRUS

Gina Luthfi Azizah, Diana Hernawati, Rinaldi Rizal Putra

Abstract


Kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik pada abad 21 ini antara lain mencakup berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. Kemampuan berpikir kritis sangat penting dimiliki oleh setiap orang (khususnya peserta didik) karena memberikan pengaruh positif baik dalam kegiatan akademik maupun sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik pada konsep virus. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Pangandaran Tahun Ajaran 2020/2021. Metode dalam penelitian ini ialah korelasional. Populasi seluruh kelas X MIPA sebanyak 7 kelas dan sampel sebanyak 1 kelas berjumlah 37 peserta didik sebagai partisipan dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah berpikir kritis sebanyak 19 soal yang berbentuk uraian dan hasil belajar sebanyak 38 soal berbentuk pilihan ganda pada konsep virus. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment dengan taraf signifikansi (5%). Sebelum analisis data dilakukan terlebih dahulu uji normalitas dan uji linearitas sebagai uji prasyarat analisis. Hasil penelitian menunjukan hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik (R=0,337; R2 =0,114) artinya terdapat kontribusi kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 11,4%.

Keywords


critical thinking; learning outcome; virus

References


Alan Bensley, D., & Spero, R. A. (2014). Improving Critical Thinking Skills and Metacognitive Monitoring Through Direct Infusion. Thinking Skills and Creativity, 12, 55–68. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2014.02.001

Amizera, S., & Destiansari, E. (2020). Penerapan Pembelajaran Biologi Lintas Minat dengan Pembuatan Model Sel 3D terhadap Pencapaian KKM Peserta Didik XI IPS di SMA LTI IGM Palembang. Jurna Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 7(1), 37–42.

Asmawati, E. Y. S. (2015). Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.24127/jpf.v3i1.13

Carolina, H. S., Sutanto, A., & Suseno, N. (2017). Pengembangan Buku Ajar Perubahan Lingkungan Berbasis Model Search, Solve, Create, Share (SSCS) untuk Memperdayakan Kemampuan Berpikir Kritis. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan BiologiBiologi, 1(2), 79–87.

Cavus, N., & Uzunboylu, H. (2009). Improving Critical Thinking Skills in Mobile Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(1), 434–438. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.078

Daniati, N., et.al., (tanpa tahun). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Padang tentang Materi Pencemaran Lingkungan. ATRIUM PENDIDIKAN BIOLOGI : Universitas Negeri Malang.

Darmawan & Edy S. (2013). Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom. Vol 29 No 1 : Universitas Kristen Satya Wacana.

Erniyanti, et.al. (2020). Analisis Ranah Kognitif Soal Latihan Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada Buku Fisika Kelas X (Studi pada Buku Karya Ni Ketut Lasmi). Vol 1 No 2. 2721-0529 : Universitas Mulawarman.

Guanwan dan Palupi. 2016. Taksonomi Bloom-Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. [1 Desember 2020].

Husnah, M. (2017). Hubungan Tingkat Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journa of Physics and Science Learning (PASCAL), 01(2), 10–17.

Kusuma, E. D., Gunarhadi, G., & Riyadi, R. (2018). The Strategies to Improve Critical Thinking Skills through Problem-Based Quantum Learning Model at Primary School. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(4), 123–127. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i4.213

Kusumaningtyas, P., et al. (2020). Pengaruh Isu Sosiosaintifik dalam Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Kimia. 2598-0858 : Universitas Mulawarman.

Lukitasari, N., Bertha, Y. (2016). Keterampilan Berpikir Menganalisis, Mengevaluasi, dan Mencipta Siswa pada Materi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi Kelas XI SMAN Gondang Tulunggagung. Unesa Journal of Chemical Education 5. (1). 26-32

Malahayati, E, Aloysius dan S.Zubaidah. (2015). “Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA dalam Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)”. Program Studi Pendidikan Biologi Vol. 5 No 4 2338-9117 : Universitas Negeri Malang

Mudita, I, et.al., (2019). Korelasi Antara Kemampuan Berpikir Kritis dengan Penguasaan Kompetensi Inti Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu Vol 24 No 1 1829-877x : Universitas Pendidikan Ganesha.

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E (2017). “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL”. Journal Pendidikan Kimia 1-12.

Praninda, E., Surahman, E., & Putra, R. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas Vii Smp Negeri 2 Kota Tasikmalaya. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 7(2), 140–152. https://doi.org/10.26877/bioma.v7i2.2800

Ramdani, D., & Badriah, L. (2018). Korelasi Antara Kemampuan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing Berbasis Blended Learning pada Materi Sistem Respirasi Manusia. Jurnal Bio Educatio, 3(2), 37–44.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253.

Rohmawatiningsih, W., Rachman, I., & Kodama, Y. (2018). Improving Critical Thinking Skills and Environment Caring Attitude Through Integrated Environment-Based Learning Model. Journal of Sustainable Development Education and Research, 2(1), 69. https://doi.org/10.17509/jsder.v2i1.12360

Salbiah. (2017). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Pembelajaran Discovery Inquiry pada Konsep Koloid. Jurnal Tadris Kimiya No 109-115.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Bineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sundari, Putri Dwi et al., (2016). Hubungan antara Efikasi-diri dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminra Nasional Pedidikan IPA Pascasarjana UM. Vol 1 hal 405-415.

Ulpa, S. U., Hidayat, S., & Nuraini, N. (2019). Pemberdayaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII melalui Model Pembelajaran Predict Observe and Explain (POE). Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 3(1), 43–48. https://jurnal.um-palembang.ac.id/dikbio/article/view/1187

Vlckova, J., Kubiatko, M., & Usak, M. (2019). The perception of biology by Czech lower secondary school students. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(5). https://doi.org/10.29333/ejmste/105277

Wahyuni, V. A., Surahman, E., & Mustofa, R. F. (2019). Pengaruh Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Retensi Peserta Didik pada Konsep Sistem Indera Manusia. Bioedusiana, 4(2), 72–79.




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v6i2.3226

Copyright (c) 2022 Gina Luthfi Azizah, Diana Hernawati, Rinaldi Rizal Putra

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

        


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.