VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI KELAS XI SMA

Annissa Delfira, Ardi Ardi, Relsas Yogica, Sa’diatul Fuadiyah

Abstract


Pandemi Covid-19 mempengaruhi aspek pendidikan sehingga pemerintah mengalihkan proses pembelajaran tatap muka menjadi daring dan untuk itu dibutuhkan media pembelajaran e-learning. Edmodo adalah jenis e-learning memiliki tampilan seperti facebook dan mudah digunakan bagi pemula. Materi sistem reproduksi adalah materi yang dianggap sulit peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo pada materi sistem reproduksi kelas XI SMA yang valid. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D)  menggunakan 4-D models:  define, design, develop, dan disseminate. Tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya dan penyesuaian dengan tujuan penelitian. Subjek penelitian adalah dosen biologi dan guru SMAN 1 V Koto Kampung Dalam sebagai validator media pembelajaran e-learning berbasis edmodo pada materi sistem reproduksi. Angket validitas yang digunakan terdiri dari 4 komponen penilaian: kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan. Teknik analisis data penelitian adalah kuantitatif deksriptif yang mendeskripsikan validasi e-learning yang dikembangkan. Hasil validasi pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo pada materi sistem reproduksi kelas XI SMA adalah valid untuk semua komponen penilaian (kelayakan isi, kebahasaan, sajian, dan kegrafikaan) dengan rata-rata nilai uji validitas sebesar 84,43% (valid). Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo pada materi sistem reproduksi kelas XI SMA layak digunakan dalam proses pembelajaran.

 

The Covid-19 pandemic has affected the education aspect so that the government has shifted the face-to-face learning process to online and for that we need e-learning learning media. Edmodo is a type of e-learning that looks like Facebook and is easy to use for beginners. Reproductive system material was material that is considered difficult for students. This study aimed to produce a valid Edmodo-based e-learning media on the reproductive system material for class XI High School. This type of study was Research and Development (R&D) using 4-D models: define, design, develop, dan disseminate. The disseminate stage was not carried out due to time and cost constraints and adjustments to the study objective. The study subjects were biology lecturers and teacher of SMAN 1 V Koto Kampung Dalam as validators of Edmodo-based e-learning media on reproductive system material. The used validity questionnaire consisted of 4 assessment components: content feasibility, language, presentment, and graphics. The data analysis technique was descriptive quantitative which described the validation of the developed e-learning. The validation result of the development of Edmodo-based e-learning media on reproductive system material for class XI were valid for all assessment components (content feasibility, language, presentation, and graphics) with an average validity test value of  84.43% (valid). Thus, the development of Edmodo-based e-learning media on reproductive system material for class XI High School was feasible to be used in the learning process.


Keywords


e-learning; edmodo; learning media; validit; online; media pembelajaran; validitas; daring

Full Text:

PDF

References


Alwan, M. (2017). Pengembangan Model Blended Learning Menggunakan Aplikasi Edmodo Untuk Mata Pelajaran Geografi SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 65-76. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10505.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Hidayat, R., Lufri, Handayani, D., & Darussyamsu, R. (2019). Validitas Media Pembelajaran E-learning Berbasis Edmodo pada Materi Kingdom Protista Kelas X SMA/MA. Atrium Pendidikan Biologi, 4(1), 106–114. http://dx.doi.org/10.24036/apb.v4i1.5436

Ihsan, M. A., Mus, I., Harun, S., Sary, N. F., Winarti, W., & Annisa, N. (2021). Pengembangan Materi dan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning pada Jurusan Geografi FMIPA UNM. Jurnal Lepa-lepa Open: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 25–29. Diakses dari https://ojs.unm.ac.id/JLLO/article/view/16639

Kartono, G., Mesra, M., & Azis, A. C. K. (2020). Pengembangan Media Ajar Grafis Komputer Materi Wpap Dalam Bentuk E-Book Dan Video Tutorial Bagi Mahasiswa Seni Rupa. Gorga?: Jurnal Seni Rupa, 9(1), 127. https://doi.org/10.24114/gr.v9i1.18191.

Kustandi, C., & Sujipto, B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Lawhon, D. (1976). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook: Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. Bloomington. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2

Nadeak, B. (2020). The Effectiveness of Distance Learning Using Social Media during the Pandemic Period of COVID-19: A Case in Universitas Kristen Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(7), 1764–1772. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/341669112_The_Effectiveness_of_Distance_Learning_Using_Social_Media_during_the_Pandemic_Period_of_COVID-19_A_Case_in_Universitas_Kristen_Indonesia

Radha, R., Mahalakshmi, K., Kumar, V. S., & Saravanakumar, A. R. (2020). E-Learning during Lockdown of Covid-19 Pandemic: A Global Perspective. International Journal of Control and Automation, 13(4), 1088–1099. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/342378341_E-Learning_during_Lockdown_of_Covid-19_Pandemic_A_Global_Perspective

Rahayu, A. D., & Haq, M.S. (2020). Sarana dan Prasarana dalam Mendukung Pembalajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(01), 186–1999. Diakses dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/38623

Ratiyani, I., Subchan, W., & Hariyadi, S. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Digital dan Aplikasinya dalam Model Siklus Pembelajaran 5E (Learning Cycle 5E) Terhadap Aktifitas dan Hasil Belajar (Siswa Kelas VII DI SMP Negeri 10 Probolinggo Tahun Pelajaran 2012/2013). Pancaran Pendidikan, 3(1), 79-88. Diakses dari https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/725

Rejeki, Adnan, M. F., & Siregar, P. S. Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 337–343. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351

Syah, A., & Tasrif, E. (2021). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi “Studi Kasus MAS TI Canduang dengan Menggunakan Media Pembelajaran Google Classroom”. Jurnal Vokasi Informatika, 1(1), 12-17. https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.12

Riduwan. (2012). Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta.

Wardani, T. I. (2017). Analisis Model Kemanfaatan dan Kemudahan Teknologi dalam Menggunakan Aplikasi E-Learning Edmodo. Adbis: Jurnal Administrasi dan Bisnis, 11(2), 177–189. http://dx.doi.org/10.33795/j-adbis.v11i2.28

Wicaksana, E. J., Atmadja, P., Wikanso, W., Putri, L. N., & Muthia, G. A. (2020). Edmodo as a Solution to Enhance Student Learning Interest in High School Biodiversity during the COVID-19 Pandemic. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 13(2), 216–229. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.v13n2.216-229




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v5i1.3248

Copyright (c) 2021 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

        


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.