VALIDITAS DAN KEPRAKTISAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO UNTUK MATERI SISTEM SIRKULASI KELAS XI SMA

Latifa Vita Vela, Ardi Ardi, Fitri Arsih, Sa’diatul Fuadiyah

Abstract


E-learning adalah media pembelajaran yang menggunakan internet untuk menyampaikan materi pembelajaran dari guru ke peserta didik dan salah satunya adalah edmodo. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui validitas dan kepraktisan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo pada materi sistem sirkulasi untuk pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D (define, design, develop, desseminate). Namun tahap desseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya serta kesesuaian dengan tujuan penelitian. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran e-learning berbasis edmodo pada materi sistem sirkulasi untuk peserta didik kelas XI. Subjek untuk uji validitas adalah dosen biologi dan guru Biologi SMAN 1 Payakumbuh, sedangkan untuk uji kepraktisan adalah guru Biologi dan 30 orang peserta didik kelas XI SMAN 1 Payakumbuh. Instrumen penelitian adalah angket validitas dan kepraktisan yang dianalisis dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa hasil validasi menunjukkan nilai rata-rata sebesar 84,86% dengan kategori valid dan hasil uji kepraktisan menunjukkan nilai rata-rata 87,82% untuk guru dengan kategori praktis dan 91,77% untuk peserta didik dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, media ­e-learning berbasis edmodo pada materi sistem sirkulasi untuk peserta didik kelas XI di SMAN 1 Payakumbuh sudah valid dan praktis untuk membantu proses pembelajaran daring.

 

E-learning is the learning media that use the internet to deliver learning materials from teachers to students and one of it is Edmodo. The purpose of this research was to determine the validity and practicality of the Edmodo-based e-learning media on the circulation system material for online learning. This type of research was Research and Development (R&D) using a 4-D model (define, design, develop, desseminate). However, the desseminate stage was not carried out due to time and cost limitations as well as the suitability of the research purpose. The object of this research was the Edmodo-based e-learning media on the circulation system material for students class XI. The subjects for the validity test were biology lecturers and biology teacher, while for the practicality test were biology teachers and 30 students class XI at SMAN 1 Payakumbuh. The research instrument was a questionnaire of validity and practicality which was analyzed in the form of a percentage. Based on the research results, it was found that the validation results showed an average value of 84.86% in the valid category and the practicality test results showed an average value of 87.82% for teachers in the practical category and 91.77% for students in the very practical category. Thus, the edmodo-based e-learning media on the circulation system material for students class XI at SMAN 1 Payakumbuh was valid and practical to help the online learning.



Keywords


e-learning; edmodo; validasi; kepraktisan; validation; practicality

Full Text:

PDF

References


Alwan, M. (2017). Pengembangan Model Blended Learning Menggunakan Aplikasi Edmodo Untuk Mata Pelajaran Geografi SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 65-76. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10505

Apriliyana, M. (2017). Validitas Media Pembelajaran e-Learning Berbasis Edmodo pada Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah Siswa Kelas X SMA/MA. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(3), 280-285. Diakses dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/20873

Arbi, N. A., Hala, Y., & Syamsiah. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Edmodo Materi Sistem Pencernaan SMA Negeri 11 Pangkep. Thesis, tidak diterbitkan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Azis, P. A. (2016). Hubungan Minat, Motivasi Belajar dan Sikap dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar. Journal of EST (Journal of Educational Science and Technology), 2(3), 144-151 https://doi.org/10.26858/est.v2i3.2700

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Hidayat, R., Lufri, Handayani, D., & Darussyamsu, R. (2019). Validitas Media Pembelajaran e-Learning Berbasis Edmodo pada Materi Kingdom Protista Kelas X SMA/MA. Atrium Pendidikan Biologi, 4(1), 106-114. http://dx.doi.org/10.24036/apb.v4i1.5436

Mendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19.

Monica, & Luzar, L. C. (2011). Efek Warna dalam Dunia Desain dan Periklanan. Humaniora Binus, 2(2), 1084-1096. https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i2.3158

Mustaqim, I. & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 36-48. https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13267

Novitasari, D. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Edmodo terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Jember. Diakses dari http://repository.unmuhjember.ac.id/1805/

Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., Ariyati, E. (2018). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2(2), 83-88. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.12389

Pralisaputri, K.R., Soegiyanto, H., Muryani, C. 2016. Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA (Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015). Jurnal GeoEco, 2(2), 147-154. Diakses dari https://jurnal.uns.ac.id/GeoEco/article/view/8930

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C., Wijayanti, L., Putri, R., & Santoso, P. B. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12. Diakses dari https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Rahmana, A.Y., Susantini, E., & Yuliani. (2015). Validitas Perangkat Pembelajaran Blended Learning Terintegrasi Edmodo pada Submateri Katabolisme Karbohidrat. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 4(2), 48-853. Diakses dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/12128

Suriadhi, G., Tastra, I D. K.., & Suwatra, I I. W. (2014). Pengembangan e-Learning Berbasis Edmodo pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 2(1). Diakses dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/3795/

Wulandari, H. (2017). Optimalisasi E-Learning dengan Menggunakan Metode Flipped Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2017: Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal untuk Menghadapi Isu-Isu Strategis Terkini di Era Digital (ISBN.978-602-50088-0-1). Universitas Muhammadyah Sukabumi. Diakses dari http://eprints.ummi.ac.id/353/3/31.%20OPTIMALISASI%20E-LEARNING%20DENGAN%20MENGGUNAKAN%20METODE%20FLIPPED.pdf




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v5i1.3250

Copyright (c) 2021 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

        


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.