REDUKSI MISKONSEPSI DAN PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK MELALUI MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat miskonsepsi dan rendahnya kecerdasan emosional peserta didik kelas di SMA Negeri 1 Natar, Lampung Selatan pada materi keanekaragaman hayati. Miskonsepsi berbahaya jika tidak diatasi karena dapat mempengaruhi hasil belajar. Kecerdasan emosional yaitu kemampuan untuk mengelola emosi yang untuk membangun hubungan yang baik di lingkungan sekitar. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Creative Problem Solving terhadap reduksi miskonsepsi dan peningkatan kecerdasan emosional kelas X pada materi Keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experiment dengan the one-group pretest-posttest design dengan 3 kelas peneltian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes miskonsepsi Three Tier-Multiple Choice dan angket kecerdasan emosional dengan skala Likert. Analisis data menggunakan one sample T-test dengan ? 0,05. Hasil penelitian menunjukkan model Creative Problem Solving mampu mereduksi miskonsepsi pada materi keanekaragaman hayati dari 57% menjadi 35% dengan hasil uji one sample T-test 0,00 ? 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sedangkan, untuk peningkatan kecerdasan emosional dengan menggunakan N-gain yang diperoleh dari pembelajaran menggunakan model Creative Problem Solving diperoleh hasil 0,00 ? 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, model Creative Problem Solving menjadi salah satu solusi dalam mereduksi miskonsepsi dan meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik pada materi keanekaragaman hayati.
This research was motivated by the high level of misconception and the low emotional intelligence of students at SMA Negeri 1 Natar, South Lampung on the Biodiversity subject. Misconception is dangerous if it’s not addressed because it can affect learning outcomes. Emotional intelligence is the ability to manage emotions to build good relationships in the surrounding environment. This research was conducted to determine the effect of the Creative Problem Solving model on reducing misconception and increasing emotional intelligence of class X on the Biodiversity subject. The research method used was pre-experiment with the one-group pretest-posttest design with 3 research classes. The research instrument used was Three Tier-Multiple Choice misconception test and emotional intelligence questionnaire with Likert scale. Data analysis used one sample T-test with ? 0.05.The results showed that the Creative Problem Solving model was able to reduce misconception about Biodiversity from 57% to 35% with the result of the one sample T-test 0.00 ? 0.05, so that H0 was rejected and H1 was accepted. Meanwhile, to increase emotional intelligence using N-gain obtained from learning using the Creative Problem Solving model, the result was 0.00 ? 0.05, then H0 was rejected and H1 was accepted. Thus, the Creative Problem Solving model is one of the solution in reducing misconception and increasing students' emotional intelligence on Biodiversity subject.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, T., Restuati, M., & Asphani, F. (2017). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa pada Materi Sistem Saraf di SMA Asy-Syafi’iyah Medan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 12(1), 39-43. Diakses dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpms/article/view/9002
Amsikan, S., Nahak, S., & Mone, F. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Sebagai Alternative Solusi Mengatasi Learning Loss Siswa SMPN Nunufafi. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(4), 447-451. Diakses dari https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3043
Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021). Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Corona. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 2, 485-501. Diakses dari http://snastep.com/proceeding/index.php/snastep/index
Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281-288. Diakses dari https://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/pedagogy/index
Banu, M., Aji, S. D., & Hudha, M. N. (2019). Model CPS Melalui Saintific Approach dan Kemampuan Berpikir Reatif Terhadap Pemahaman Konsep. Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SENASTEK) Fakultas FST Universitas Kanjuruhan Malang, 2, 333-339. Diakses dari https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/senastek/article/view/126
Budi, S., Utami, I. S., Jannah, R. N., Wulandari, N. L., Ani, N. A., & Saputri, W. (2021). Deteksi Potensi Learning Loss pada Siswa Berkebutuhan Khusus Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusif. Jurnal Basicedu, 5(5), 3607-3613. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1342
Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Damayanti, T., Slamet, A., & Zen, Dj. (2017). Penerapan Strategi Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE) dalam Penguasaan Konsep Sistem Indera pada Pembelajaran Biologi di SMA. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya, 5(2), 201-215. Diakses dari https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/fpb/article/view/7123
Endrayanto, H. Y. S., & Harumurti, Y. W. (2014). Penilaian Belajar Siswa di Sekolah. Sleman: PT Kanisius.
Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2009). How to Design and Evaluate Research in Education. (5th ed.). New York: McGraw-Hill Publishing.
Goleman, D. (2007). Kecerdasan Emosional. (Terjemahan T. Hermaya). Jakarta: Gramedia Pustaka.
Haka, N. B., Nururrohmah, A., Wulansari, D., & Sari, M. (2021). The Effect of Conceptual Change Using The Adobe Quran on Misconception, Self-Regulation, Self-Efficiaty, and Self-Confidance. Thabiea: Journal, of Natural Science Teaching, 4(1), 82-95. http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v4i1.9377
Hamid, A., & Haka, N. B. (2021). Reduction of Students’ Biological Misconceptions through the Conceptual Change Model Intergrated with Android-Based Quran. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 6(1), 87-101. https://doi.org/10.24042/tadris.v6i1.7431
Hidayatullah, Z., Makhrus, M., & Gunada, I W. (2018). Identifikasi Tingkat Konflik Kognitif Materi Gelombang Mekanik Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Konstan: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 3 (2), 66-73. https://doi.org/10.20414/konstan.v3i2.10
Hijrawatil, A., Sari, E. R., Aprilia, R., Fadli, A., & Milda. (2021). Implikasi Distance Learning di Masa Pandemi Covid-19 terhadap Kecerdasan Emosional Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 761-771. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.803
Intan, I, S. (2017). Pengaruh Model Creative Problem Solving Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Self Regulation Peserta Didik Kelas X SMAN 8 Bandar Lampung pada Materi Pencemaran Lingkungan. Skripsi, tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Isnaningrum, I. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Biologi. Jurnal Pionir, 7(1), 229-237. Diakses dari http://jurnal.una.ac.id/index.php/pionir/article/view/1856
Jailani, & Almukarramah. (2020). Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Biologi Melalui Pembelajaran Bermakna dengan Menggunakan Peta Konsep. Jurnal Biology Education, 8(2), 122-130. https://doi.org/10.32672/jbe.v8i2.2371
Kurnia, H., & Wahono, J. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa SMA 5 Yogyakarta. Academy of Education Journal, 12(1), 82-97. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i1.431
Lagili, I. L., Pomalato, S. W. Dj., & Pakaya, A. R. (2021). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 3 Gorontalo. Jurnal Normalita, 9(1), 1-13. Diakses dari http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/JN/article/view/593
Louk, S., Andinny, Y., & Zulkarnain, I,. (2019). Penerapan Model Creative Problem Solving dengan Media Visual dalam Memahami Konsep Matematika. Sigma, 5(1), 29-36. http://dx.doi.org/10.36513/sigma.v5i1.634
Makawiyah, & Zuraida. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Kembang Tanjung pada Materi Keanekaragaman Hayati. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu, 07 November 2020, 160-169, diselenggarakan oleh Universitas Jabal Ghafur, Aceh. Diakses dari http://journal.unigha.ac.id/index.php/SemNas/article/view/352
Mardiah, A. A., Nasution, N. F., & Siregar, N. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia dalam Pembelajaran Daring di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Angkola Selatan. Jurnal Edugenesis, 3(1), 13-22. Diakses dari http://journal.ipts.ac.id/index.php/BIOESA/article/view/3026
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. GHAITSA: Islamic Edcational Journal, 2(1). 49-57. Diakses dari https://www.siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188
Mitafiana, V. (2021). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Berbantuan LKS pada Materi Turunan Fungsi Aljabar bagi Siswa Kelas XII AKL 1 Semester II SMKS NU Bodeh Kabupaten Pemalang, Educatif: Journal of Education Research, 3(1), 201-207. Diakses dari http://pub.mykreatif.com/index.php/educatif/article/view/170
Mitchell, W. E., & Kowalik, T. F. (1999). Creative Problem Solving. Third Edition. Retrieved from https://www.academia.edu/8707593/Creative_Problem_Solving_Mitchell_and_Kowalik
Nafisah, D., Habsari, N. T., & Riyani, M. (2020). Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) dan Direct Instruction (DI) terhadap Keterampilan Sosial Mahasiswa pada Mata Kuliah Pendidikan Ilmu Sosial. Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan, 12–16, diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra. Diakses dari http://publikasi.fkip-unsam.org/index.php/semnas2019/article/view/7
Nurhidayat, I., & Nana. (2020). Remediasi Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Fisika pada Materi Mekanika Melalui Penerapan Model pembelajaran Inkuiri dan Creative Problem Solving. https://doi.org/10.31219/osf.io/j8fpu
Oviyanti, F., Syarifah, & Weliyani, V. (2018). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP 1 Patra Mandiri Plaju. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 193-203. Diakses dari https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/konstruktivisme/article/view/513
Panuntun Hsm, S. A. A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau dari Self Regulated Learning dengan Pendekatan Open-Ended pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(1), 11-22. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i1.847
Pardede, A. (2021). Penguruh Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Prayogi, G. A., & Amry, Z. (2021). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa di Kelas VIII Mts Al-Jamaiyah Washliyah Tembung. Jurnal Fibonaci, 2(1). 38-41. Diakses dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JFi/article/view/28664
Rachmawati, T. N., & Supardi, Z. A. I. (2021). Analisis Model Conceptual Change dengan Pendekatan Konflik Kognitif untuk Mengurangi Miskonsepsi Fisika dengan Metode Library Research. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 133–142. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.133-142
Rezkiki, F., Kartika, I. R., Gemilang, F. A., Fakhri, & Meiyersi, H. (2021). Deskripsi Kecerdasan Emosional Remaja Selama School From Home (SFH). Human Care Journal, 6(1), 192-199. Diakses dari https://ojs.fdk.ac.id/index.php/humancare/article/view/1130
Sari, N. P. W., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 7(5), 551-564. Diakses dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/19102
Septian, I. (2018). Analisis Konsep pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA, Skripsi, tidak diterbitkan. Pontianak: Universitas Tanjungpura.
Setiawan, D., Ilyas, M., & Ma’rufi. (2021). Pengaruh Iklim Belajar dan Minat Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika di Masa Pandemik Siswa Kelas V Sekolah Dasar se-Kecamatan Malili. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 143-151. Diakses darihttps://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma/article/view/5971
Setyawan, F. H. (2021). Small Group Learning: Solusi Belajar pada Masa Pandemi. JPM (Jurnal Pendidikan Modern), 7(1), 20-25. https://doi.org/10.37471/jpm.v7i1.358
Sidik, S., Mandaillina, V., Hikmah, N., Susilowati, Y., Zubaidah, R., & Syaharudin. (2021). Desain Pembelajaran Jarak Jauh untuk Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 246-251. Diakses dari https://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/view/4962
Sinerjaya, & Fitra, A. (2021). Analisis Kesulitan Pembelajaran Daring dengan Whatsapp. Jurnal MathEducation Nusantara, 4(2), 24-32. Diakses dari https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/152
Sukaria, M. I. (2020). Pengambangan Perangkat Penilaian Afektif pada Pembelajaran Kimia untuk Sekolah Menengah Atas. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 126-131. Diakses dari http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/701
Suparno, P. (2013). Miskonsepsi & Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT Grasindo.
Surahma. (2020). Pengalaman Baik Mengajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19. Kemendikubud RI.
Warsiyah. (2021). Strategi Kelompok Kerja Guru (KKG) untuk Mengatasi Learning Loss Melalui Pembelajaran Terdiferensiasi. North Borneo Journal of Educational Research, 2(1), 1-9. Diakses dari http://journal.cabdindikbudnunukan.id/index.php/neo-jer
Wati, W., & Novita, D. (2021). Mereduksi Miskonsepsi Materi Kesetimbangan Kimia melalui Penerapan Strategi Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE). Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 1-10. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.32399
Wiwin, Sitompul, S. S., & Hidayatullah, M. M. S. (2020). Integrasi Remediasi Miskonsepsi dalam Pembelajaran Hukum Archimedes Menggunakan Model Problem Solving di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(7), 1-11. Diakses dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/41646
Yuniarti, R. D., Situmorang, R. P., & Krave, A. S. (2018). Efektivitas Model Joyful Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP dengan Memperhatikan Domain Soal. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(1), 121-130. Diakses dari https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/540
DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v6i2.4347
Copyright (c) 2022 Nukhbatul Bidayati Haka, Fatria Dara Adinda, Abdul Hamid
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.