KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) SECARA DARING
Abstract
Kemampuan berpikir tingkat tinggi yang sangat dibutuhkan dalam semua kemajuan dunia pendidikan pada abad ke-21, yang termasuk didalamnya adalah berpikir kreatif. Hasil studi awal diperoleh informasi keterampilan berpikir kreatif peserta didik kurang berkembang melalui pembelajaran daring karena adanya pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) secara daring terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas XI MIPA.3 UPT SMA Negeri 1 Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra-experiment dengan desain one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan semester ganjil tahun akademik 2021/2022. Subjek penelitian kelas XI MIPA.3yang berjumlah 36 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes keterampilan berpikir kreatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Dari hasil penelitian didapatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas XI MIPA.3 UPT SMA Negeri 1 Parepare sebelum diterapkan model pembelajaran PjBL secara daring rata-rata berada pada kategori kurang kreatif dengan persentase 40,42% dan sesudah pembelajaran rata-rata berada pada kategori sangat kreatif dengan persentase 90,28%. Penerapan model pembelajaran PjBL secara daring berpengaruh signifikan (sig. 0,000 < ? 0,05) terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas XI MIPA.3 UPT SMAN 1 Parepare.
Higher-order thinking skills are needed in all advancements in the world of education in the 21st century, which includes creative thinking. The results of the initial study obtained information that students' creative thinking skills were less developed through online learning due to the covid-19 pandemic. This study aimed to determine the application of the online Project Based Learning (PjBL) model on students’ creative thinking skills in class XI MIPA.3 UPT SMA Negeri 1 Parepare. The type of research used was pre-experimental with a one group pretest-posttest design. This research was carried out in the odd semester of the 2021/2022 academic year. The research subjects were class XI MIPA.3 which consisted of 36 students. The research instrument used was a creative thinking skill test sheet. Analysis of the data used was descriptive and inferential statistical analysis. From the results of the study, it was found that students’ creative thinking skills in class XI MIPA.3 UPT SMA Negeri 1 Parepare before the applied online PjBL model was less creative category with a percentage of 40.42% and after learning it was very creative category with a percentage of 90.28%. The application of the online PjBL model has a significant effect (sig. 0.000 < ? 0.05) on students’ creative thinking skills in class XI MIPA.3 UPT SMAN 1 Parepare.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, W., & Noor, F. A. (2016). Hubungan Hasil Belajar dan Tingkat Berfikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 191–200. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.49
Ahmad, S. (2014). Problematika Kurikulum 2013 dan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah. Jurnal Pencerahan, 8(2), 98–108. https://doi.org/doi.org/10.13170/jp.8.2.2158
Aqib, Z. (2013). Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Ardiana, M., & Sudarmin. (2015). Penerapan Self Assesment untuk Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(1), 1459–1467. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/4813
Arini, W., & Asmila, A. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Cahaya Siswa Kelas Delapan SMP Xaverius Kota Lubuklinggau. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(1), 23–38. https://doi.org/10.31539/spej.v1i1.41
Baker, E., Trygg, B., Otto, P., Tudor, M., & Ferguson, L. (2011). Project-Based Learning Model Relevant Learning Relevant Learning for the 21 st Century. Pacific Education Institute, December, 1–70.
Budiarti, I., & Agustina, W. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Ethnomathematics Sebagai Upaya Mengembangkan Kreativitas Siswa. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 178–187. https://doi.org/10.33654/math.v3i3.70
Diyanah, M., & Firdausi, Y. N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Aspek Berpikir Kreatif Matematika melalui Pembelajaran Problem Posing. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 163–172. https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/26046
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile Computing Devices in Higher Education: Student Perspectives on Learning with Cellphones, Smartphones & Social Media. Internet and Higher Education, 19(Oktober 2013), 18–26. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002
Grant, M. M. (2002). Getting a Grip on Project-based Learning: Theory, Cases and Recommendations. Meridian: A Middle School Computer Technologies Journal, 5(1). retrieved from http://www.ncsu.edu/meridian/win2002/514/3.html%0AContact Meridian
Hikmah, L. N., & Agustin, R. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Prismatika, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.33503/prismatika.v1i1.291
Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatitif. Medan: Media Persada.
Lindawati, Fatmariyanti, S. D., & Maftukhin, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa MAN I Kebumen. RADIASI; Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 42–45. https://doi.org/10.2991/seadric-17.2017.81
Marbun, P. (2020). Disain Pembelajaran Online pada Era dan Pasca Covid-19. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 12(2), 129–142. https://doi.org/10.22303/csrid.12.2.2020.129-142
Muslimin, D. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa di MTs. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Isalam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40348
Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. E-DuMath: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 110–117. https://doi.org/10.52657/je.v3i2.455
Oktavianto, D. A., Sumarmi, & Handoyo, B. (2017). The Effect of Project-Based Learning Assisted Google Earth To Spatial Thinking Skills. Jurnal Teknodik, 21(1), 59–69. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/227
Rahmazatullaili, Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model project based learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 10(2), 166–183. https://doi.org/10.26877/jp2f.v8i1.1331
Rais, M. (2010). Project Based Learning: Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft Skills. Proseding Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya, 1–17. https://doi.org/978-979-028-359-9
Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(1), 66–71. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/669
Riza, M., Kartono, & Susilaningsiha, E. (2020). Kajian Project Based Learning (PjBL) pada Kondisi Sebelum dan pada saat Pandemi Covid-19 Berlangsung. Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 3(1), 236–241. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/617
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Cetakan 1). Jakarta: Kencana.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sarwinda, W. (2013). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Strategi Reciprocal Teaching pada Pembelajaran Biologi SMA. Proceeding Biology Education Conference, 10(2), 1–5. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/6562
Sumarni. (2012). Model-model Pembelajaran Geografi (Cetakan 1). Malang: Aditya Media.
Treffinger, D. J., Young, G. C., Selby, E. C., & Shepardson, C. (2002). Assessing Creativity: A Guide for Educators. Sarasota, Florida: Center for Creative Learning. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=ED505548
Yuliani, A., Dharmono, Naparin, A., & Zaini, M. (2018). Creative Thinking Ability of Biology Education Student’s in Problem Solving of Plant Ecology. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 29–34. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v11i1.19736
Zohar, A. (2004). Higher Order Thinking in Science Classrooms: Students’ Learning and teachers’ Professional Development (Vol. 22). Springer Science & Business Media.
Zulhiyah. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Peserta Didik dalam Pembelajaran IPS. Thesis, tidak diterbitkan. Universitas Pendidikan Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v6i1.4380
Copyright (c) 2022 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.