STUDI TRIKOMA DAUN TUMBUHAN PENEDUH SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI

Eka Haryati Yuliany, Sarno Sarno, Laila Hanum

Abstract


Trikoma sebagai derivat epidermis dapat digunakan sebagai bioindikator lingkungan, termasuk trikoma pada tanaman peneduh jalan. Trikoma merupakan bagian dari materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di mana materi ini adalah materi sulit dipahami oleh peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk studi trikoma daun tumbuhan peneduh sebagai sumber belajar biologi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan melihat bentuk-bentuk trikoma tanaman peneduh dengan menggunakan metode replikasi untuk mengidentifikasi jenis-jenis trikoma dan dilanjutkan dengan analisis potensinya sebagai sumber belajar. Potensi data dan preparat awetan trikoma yang diperoleh dari pengidentifikasian jenis-jenis trikoma tanaman peneduh digunakan sebagai sumber belajar berupa bahan ajar dan media pembelajaran. Bahan ajar divalidasi oleh validator bahan ajar dan materi, serta guru biologi. Kriteria penilaian diperoleh berdasarkan rumus Mardapi (2008). Hasil penelitian menunjukkan tipe dan bentuk trikoma tanaman peneduh yang ditemukan terdiri dari tipe glanduler bentuk jarum, glanduler bentuk hidatoda, dan non glanduler bentuk bintang. Hasil penelitian trikoma ini berpotensi sebagai sumber belajar biologi yang dikemas dalam bentuk bahan ajar berupa LKPD dan media pembelajaran berupa awetan preparat trikoma. LKPD yang telah divalidasi dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta didik mengenai trikoma dan fungsinya pada materi jaringan tumbuhan.

 

Trichomes as epidermal derivatives can be used as environmental bioindicators, including trichomes in road shade plants. Trichomes are part of the material on the structure and function of plant tissues where this material is material that is difficult for students to understand. Therefore, this study aimed to study of shade plant leaves trichomes as biology learning resources. This research was a descriptive study by looking at the forms of trichomes in shade plants using the replication method to identify the types of trichomes and continueing with analysis of their potential as learning resources. Potential data and preparations of preserved trichomes obtained from identifying the types of trichomes of shade plants were used as learning resources in the form of teaching materials and learning media. Teaching materials were validated by teaching materials and materials validators, and biology teachers. The assessment criteria were obtained based on the Mardapi (2008).The results showed that the type and shape of the trichomes found in the shade plants consisted of needle-shaped glandular, hydatodic glandular, and star-shaped nonglandular types.The results of this trichome research had the potential to be used as  biology learning resources which was packaged in the form of teaching materials in the form of worksheets and learning media in the form of preserved trichome preparations. Worksheet  that has been validated was stated feasible for use in the learning process to increase students' knowledge and understanding of trichomes and their functions in the subject of plant tissue.


Keywords


tanaman peneduh; trikoma; daun; sumber belajar; trichomes; leaves; shade plants; learning resource

Full Text:

PDF

References


Aini, N., Setyati, D., & Umiyah. (2014). Struktur Anatomi Daun Lengkeng (Dimocarpus longan Lour.) Kultivar Lokal, Itoh, Pingpong dan Diamond River. Jurnal Berkala Saintek, 2(1), 31–35. Diakses dari https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BST/article/view/1619

Ananta, E. D., Syamswisna, & Ariyanti, E. (2018). Kelayakan Awetan Basah sebagai Media Pembelajaran Submateri Protista Mirip Tumbuhan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(12), 1–8. Diakses dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/30580/75676579696

Ayub, N. A., Karim, H., & Syamsiah. (2021). Jenis-jenis Trikoma pada Tumbuhan Solanaceae, Malvaceae dan Asteraceae sebagai Sumber Bahan Praktikum pada Materi Anatomi Tumbuhan. Biology Teaching and Learning, 4(2), 102–112. Diakses dari https://ojs.unm.ac.id/btl/article/view/25885/13073

Des, M., Vauzia, & Gusti, Y. S. (2021). Stomata Characteristics of Ketapang Leaves (Terminalia catappa L.) Based on Environmental Differences. Journal of Physics: Conference Series, 1940(1), 012051. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1940/1/012051

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2012). Taksonomi Bloom–Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 2(02), 98-117. Diakses dari http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/50/47

Kiran, S., Azhar, N., Ghani, A., Muneeb, A., Adeela, Ameer, A., Rashid, S., Noreen, A., Iftikhar, M., Ahmad, I. (2015). Comparative Studies of Epidermal Appendages In Some Weeds of Sargodha District. International Researchers, 4(4), 39–50. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/322036302_Comparative_Studies_of_Epidermal_Appendages_in_Some_Weeds_of_Sargodha_District

Kurniawati, F. E., & Miftah, M. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Ahklak di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Penelitian, 9(2), 367-388. https://doi.org/10.21043/jupe.v9i2.1326

Kusumawati, M. U., Hidayati, S., & Ratnawati. (2016). Identifikasi Kesulitan Belajar Materi Struktur-Fungsi Jaringan Tumbuhan pada Siswa SMA Negeri 3 Klaten Kelas XI Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi Biologi, 5(7),19–26. Diakses dari https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb/article/view/4627

Mardapi, D. (2008). Teknik Analisis Data. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Mariza, G. R. (2021). Identifikasi Tipe Trikoma pada Daun Tumbuhan Famili Solanaceae Sebagai Referensi Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan. Skripsi, tidak diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh. Diakses dari https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19491/1/Gebrina%20Rahmi%20Mariza%2C%20170207015%2C%20FTK%2C%20PBL%2C%20085275254425.pdf

Munajah, & Susilo, M. J. (2015). Potensi Sumber Belajar Biologi SMA Kelas X Materi Keanekaragaman Tumbuhan Tingkat Tinggi di Kebun Binatang Gembira Loka. Jupemasi-Pbio, 1(2), 184–187. Diakses dari http://jupemasipbio.uad.ac.id/wp-content/uploads/2015/06/1.-NP_09008067_MUNAJAH-184-187.pdf

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177

Pahlelawati, N., Putri, A. N., & Hindrasti, N. E. K. (2020). Media Tiga Dimensi Model Kayu pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 7(1), 8–17.. Diakses dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPB/article/view/23496/14972

Primasari, R., Zulfiani, Z., & Herlanti, Y. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran di Madrasah Aliah Negeri Se-Jakarta Selatan. Edusains, 6(1), 67–72. https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1101

Rantau, D. E., Al Hafiizh, E., Rahman, W., & Ermayanti, T. M. (2014). Analisis Ukuran dan Kerapatan Stomata pada Artemisia annua L. Hasil Perlakuan Kolkisin. Prosiding Seminar Nasional XXIII Kimia dalam Industri dan Lingkungan (Perkembangan Mutakhir dalam Teori, Instrumentasi dan Penerapan), Diselenggarakan di Yogyakarta pada 13 November 2014, 45–52. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/306109687_ANALISIS_UKURAN_DAN_KERAPATAN_STOMATA_PADA_ARTEMISIA_ANNUA_LHASIL_PERLAKUAN_KOLKISIN

Sari, K. P., & Suharsono. (2010). Trikoma sebagai Faktor Ketahanan Kedelai terhadap Hama Penggerek Polong. Buletin Palawija, 0(20), 80–83. Diakses dari https://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/bulpa/article/view/1753

Suhardi. (2012). Pengembangan Sumber Belajar Biologi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Press.

Waryanti, Sugoro, I., & Dasumiati. (2015). Angsana (Pterocarpus indicus) sebagai Bioindikator untuk Polusi di Sekitar Terminal Lebak Bulus. Al-Kauniyah Jurnal Biologi, 8(1), 46–50. Diakses dari https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/kauniyah/article/view/2705




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v5i2.4398

Copyright (c) 2022 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

        


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.