KELAYAKAN ENSIKLOPEDIA PADA SUBMATERI PEMANFAATAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DARI HASIL ETNOBOTANI TUMBUHAN OBAT

Nurmasari Nurmasari, Syamswisna Syamswisna, Andi Besse Tenriawaru

Abstract


Salah satu pemanfaatan keanekaragaman hayati adalah tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai obat oleh masyarakat di Desa Sabung Kabupaten Sambas yang dimuat di dalam media ensiklopedia mencakup uraian ringkas yang tersusun berdasarkan alfabet dari A-Z, sehingga mudah untuk dipahami dan bisa digunakan di sekolah yang terkendala dengan infocus dan listrik. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kelayakan media ensiklopedia pemanfaatan keanekaragamanan hayati sebagai obat di Desa Sabung Kabupaten Sambas. Penelitian ini dilakukan dengan dua tahap, yaitu tahap pertama adalah kajian etnobotani tumbuhan obat di Desa Sabung Kabupaten Sambas menggunakan penelitian metode kualitatif deskriptif dengan teknik triangulasi dan tahap kedua adalah pembuatan media pembelajaran ensiklopedia dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) mengikuti model yang dikembangkan Borg and Gall (hanya sampai tahap ke empat, yaitu tahap validasi produk). Media ensiklopedia divalidasi oleh lima validator yang terdiri dari dua orang dosen dan tiga orang guru Biologi. Hasil validasi dianalisis menggunakan rumus Aiken’s V diperoleh nilai rata-rata 0,91 yang tergolong valid dengan menggunakan 4 aspek dan 13 kriteria penilaian. Dengan demikian, disimpulkan bahwa media ensiklopedia yang dibuat sebagai implementasi dari hasil etnobotani tumbuhan obat di Desa Sabung layak digunakan sebagai media pembelajaran pada submateri pemanfaatan keanekaragaman hayati.

 

One of the uses of biodiversity is plants that are used as medicine by the community in Sabung Village, Sambas Regency which is published in the encyclopedia including a brief description arranged according to the alphabet from A-Z, making it easy to understand and can be used in schools that are constrained by infocus and electricity. This study aimed to determine the feasibility of encyclopedia for the use of biodiversity as medicine in Sabung Village, Sambas Regency. This research was carried out in two stages, the first stage was an ethnobotanical study of medicinal plants in Sabung Village, Sambas Regency using the descriptive qualitative research methods with triangulation techniques and the second stage was the creation of an encyclopedia learning media using the Research and Development (R&D) method following the model developed by Borg and Gall (only up to the fourth stage, namely the product validation stage). The encyclopedia was validated by five validators consisting of two lecturers and three Biology teachers. The validation results were analyzed using the Aiken's V formula, an average value of 0.91 was obtained which was classified as valid using 4 aspects and 13 assessment criteria. Thus, it was concluded that the encyclopedia created as an implementation of the results of the ethnobotany of medicinal plants in Sabung Village was feasible to be used as a learning medium in the sub-material of the use of biodiversity.


Keywords


tumbuhan obat; kelayakan; ensiklopedia; medicinal plants; feasibility; encyclopedia

Full Text:

PDF

References


Alfajria, N., & Sudjudi, I. (2015). Ensiklopedia tumpeng. Visual Communication Design, 4(1), 1-10. Diakses dari http://jurnal-s1.fsrd.itb.ac.id/index.php/viscom/article/view/587

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Alfabeta.

Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darliah, I., Sulissusiawan, A., & Ramdani, D. (2013). Kesantunan Berbahasa dalam Buku Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(9), 1-15. Diakses dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3358

Dewi, R., & Marlini, M. (2017). Pembuatan Indeks Ensiklopedi Koleksi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 6(1), 335-342. Diakses dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/view/8405

Haryanto, B. F. A., Rudyatmi, E., & Abdullah, M. (2019). The Development of Plant Encyclopedia Based on Datebase in Adwiyata Senior High School. Journal of Biology Education, 8(1), 1-7. https://doi.org/10.15294/jbe.v8i1.26526

Indonesia Dokumen. (2015). Standar Ukuran Kertas. Diakses dari https://fdokumen.com/document/standar-ukuran-kertas

Prihartanta, W. (2015). Ensiklopedia Umum. Jurnal Adabiya, 5(85), 1-14. Diakses darihttps://www.academia.edu/19792281/

Silmi, M., & Kusmarni, Y. (2017). Menumbuhkan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Media Puzzle. Jurnal Factum, 6(2), 230-242. https://doi.org/10.17509/factum.v6i2.9980

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyawati, & Hedianti, R. (2015). Pengembangan Ensiklopedia Peralatan Laboratorium Biologi sebagai Sumber Belajar IPA Biologi untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Prosiding Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS, 12(1), 77-84. Diakses dari https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/6686

Sulistyono, Y. (2016). Penyusunan Media Pembelajaran Poster Berbasis Teks: Studi Kasus Media Pembelajaran Poster Karya Mahasiswa Semester 5 Pendidikan Bahasa Indonesia UMS. Jurnal Varidika, 27(2), 208-215. https://doi.org/10.23917/varidika.v27i2.1402

Suryani, N., Setiawan, I. A., & Putri, A. (2018.) Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Susilana, R., & Riyana, C. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Susilawati, N., Syamswisna, & Marlina, R. (2016). Kelayakan Media Buklet Etnobotani di Desa Arus Deras pada Submateri Manfaat Keanekaragaman Hayati SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(1). Diakses dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13327

Wijarini, F. & Zulfadli. (2018). Desain Pengembangan Ensiklopedia Tumbuhan Obat Berbasis Potensi Lokal di Kota Tarakan. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 9(1), 11-16. Diakses dari https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/article/view/4855/4217




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v5i2.4438

Copyright (c) 2022 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

        


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.