PENINGKATAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

Cecilia Indriani, Saleh Hidayat, Meli Astriani

Abstract


Pembelajaran biologi menuntut peserta didik untuk menemukan pengetahuan berupa fakta, konsep, dan prinsip gejala alam yang diperoleh melalui proses dan sikap ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan sikap ilmiah peserta didik kelas XI MAN 1 Palembang menggunakan model discovery learning pada materi sistem pernafasan manusia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Tahapan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 30 peserta didik kelas XI IPA 2 MAN 1 Palembang tahun pelajaran 2021/2022 semester genap. Penelitiian dilaksanakan pada bulan Januari 2022. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan sikap ilmiah peserta didik kelas XI IPA 2, pada siklus I dengan indikator rasa ingin tahu sebesar 69,72%; sikap toleransi 71,11%; sikap disiplin 68,33%; sikap jujur 67,22%; dan keteliitan sebesar 70,28%. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,83% pada indikator rasa ingin tahu; 85,56% pada sikap toleransi; 84,44% pada sikap disiplin; 85,00% pada sikap jujur; dan 84,45% pada sikap ketelitian.

 

Learning biology requires students to find knowledge in the form of facts, concepts, and principles of natural phenomena obtained through scientific processes and attitudes. The purpose of this study was to determine the increase students’ scientific attitudes in class XI MAN 1 Palembang using the Discovery Learning model on Human Respiratory System material. This research was a type of classroom action research which was carried out in 2 cycles. The stages of each cycle consisted of planning, implementing, observing, and reflecting. The research subjects consisted of 30 students of class XI IPA 2 MAN 1 Palembang in the academic year 2021/2022 even semester. The research was conducted in January 2022. The data analysis was done quantitatively descriptively. The results showed an increase in scientific attitudes with the application of the discovery learning model. The results of the scientific attitude of students in the first cycle with an indicator of curiosity of 69,72%; tolerance of 71,11%; discipline of 68,33%; honesty of 67,22%; and accuracy of 70,28%. In the second cycle, it increased to 85,83% on the curiosity indicator; 85,56% on the tolerance attitude; 84,44% on the discipline attitude; 85,00% on the honest attitude; and 84,45% on the thoroughness attitude.


Keywords


sikap ilmiah; model discovery learning; sistem pernapasan manusia; penelitian ptk; scientific attitude; respiratory system; classroom action research

Full Text:

PDF

References


Anwar, H. (2009). Penilaian Sikap llmiah dalam Pembelajaran Sains: Jurnal Pelangi Ilmu, 2(5), 103–114.

Ardana, I. K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Prakarya dan Kewirausahaan Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 1-8. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17102

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Asmarani, A., Idrus, I., & Kasrina, K. (2017). Peningkatkan Sikap Ilmiah Siswa melalui Penerapan Model Discovery Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 15–21. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.15-21

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.

Haryono. (2006). Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 1-13.

Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 dalam Proses Pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63–72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963

Kemdikbud. (2013). Ilmu Pengetahuan Alam Buku Guru.

Kemendikbud. (2018). Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018. Kemendikbud.

Maghfiroh, S., Kusumaningsih, W., & Suciana, F. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual Berbasis Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD 3 Cranggang Kabupaten Kudus. Jurnal Paedagogy, 8(3), 438. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3908

Murtiningsih, E. (2021). Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa 8I SMPN 1 Dolopo. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 198–207. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.198-207

Putri, A. T., Idrus, I., & Yennita, Y. (2017). Analisis Korelasi Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa melalui Model PBL. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.1-9

Relia, L. (2016). Keterkaitan antara Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika dengan Model Pembelajaran Kreatif, Inovatif, dan Produktif (KIP). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 97-103. Diakses dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21435

Rifanty, E. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada Peserta Didik Kelas Vb SD Muhammadiyah Condongcatur. Artikel Mahasiswa Program Profesi Guru. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Safryadi, A. (2016). Pembelajaran Biologi Pokok Bahasan Sistem Pernapasan pada Manusia melalui Media Gambar di MTsN Jongar Kabupaten Aceh Tenggara. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 4(2), 143. https://doi.org/10.22373/biotik.v4i2.1082

Sinambela, P. N. J. M. (2017). Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2), 17-29. Diakses dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7085/6067

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(c), 88–97. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/300413-tugas-peran-dan-fungsi-guru-dalam-pendid-4e6b20f0.pdf

Sudarisman, S. (2013). Implementasi Pendekatan Kontekstual dengan Variasi Metode Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2506

Ulfa, S. W. (2018). Mentradisikan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 1(1), 1-7.

Widiadnyana, I. W., Sadia, I. ., & Suastra, I. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(2), 1–13. Diakses dari https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1344




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v7i1.4479

Copyright (c) 2023 Cecilia Indriani, Saleh Hidayat, Meli Astriani

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

        


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.