HAMBATAN GURU BIOLOGI: ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA INFORMASI DAN TEKNOLOGI PADA IMPLEMENTASI STANDAR PROSES

Dela Kisminanti, Lia Auliandari, Susi Dewiyeti, Etty Nurmala Fadillah, Tutik Fitri Wijayanti

Abstract


Standar proses ditujukan pada kegiatan perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta meningkatkan keterampilan sumber daya manusia dalam paradigma pembelajaran Abad 21.  Salah satu kompetensi Abad 21 adalah keterampilan dalam menguasai media informasi dan teknologi. Tujuan penelitian adalah mengetahui hambatan guru biologi dalam implementasi standar proses Kurikulum 2013 terkait dengan pemanfaatan media informasi dan teknologi. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sampel penelitian adalah guru biologi yang mengajar di SMA negeri dan swasta terakreditasi A, B dan C  di Kecamatan Seberang Ulu II Palembang. Kuesioner sebagai instrumen penelitian didukung dengan dokumentasi (silabus dan RPP). Analisis data menggunakan model Miles & Huberman (2009) dengan tahap: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan hambatan guru biologi terkait pemanfaatan media informasi dan teknologi terdapat pada aspek perencanaan maupun pelaksanaan pembelajaran. Hambatan pada aspek perencanaan adalah dalam pengembangan silabus pembelajaran dan RPP, integrasi lebih dari satu macam peralatan teknologi informasi dan komputer (TIK) untuk keperluan belajar, pengembangan produk digital sebagai sumber belajar, dan perpaduan berbagai macam perangkat TIK untuk keperluan sumber belajar. Hambatan pada aspek pelaksanaan meliputi pembiasaan peserta didik dalam memanfaatkan TIK untuk mengakses materi pelajaran dan penggunaan TIK untuk komunikasi guru dan peserta didik.

 

Process standards are aimed at planning and implementing learning processes to improve the quality of education and improve human resource skills in the 21st Century learning paradigm. One of the 21st Century competencies is skill in mastering information media and technology. The purpose of the study was to find out the obstacles of biology teachers in implementation of process standards of Curriculum  2013 related to the utilization of information media and technology. The study method was descriptive qualitative. The samples were biology teachers who teach at public and private high schools accredited A, B and C in Seberang Ulu II District, Palembang. Questionnaire as research instrument was supported by documentation (syllabus and lesson plans). The data analysis used Miles & Huberman (2009) model with the following stages: data reduction, data presentation and conclusion. The study results showed that the obstacles of biology teachers related to the utilization of information and technology media were in the planning and implementation aspects of learning. The obstacles in planning aspect were the development of the learning syllabus and lesson plans, the integration of more than one type of information technology and computer (ICT) equipment for learning purposes, the development of digital products as learning resources, and the combination of various kinds of ICT tools for the learning resources. The obstacles in implementation aspect included the habituation of students in using ICT to access subject matter and the use of ICT for teacher and student communication. 


Keywords


guru biologi; standar proses; teknologi informasi dan komunikasi; pembelajaran Abad 21; biology teacher; process standard; information technology and computer; 21st Century learning

Full Text:

PDF

References


Adlin. (2019). Analisis Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Media Bebasis Komputer pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Imajinasi, 3(2), 82-87. Diakses dari https://ojs.unm.ac.id/imajinasi/article/view/12961/8315

Afrida, A., Harizon, H., Bakar, A., & Sanova, A. (2018). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme dan Kreativitas Guru-guru SMA Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(1), 15-22. https://doi.org/10.22437/jkam.v2i1.5426

Akmal. (2019). Tantangan Guru Biologi dalam Bingkai Era Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Biologi IV: Harmonisasi Pembelajaran Biologi pada Era Revolusi 4.0., 85-93. Universitas Negeri Makassar. Diakses dari https://ojs.unm.ac.id/semnasbio/article/download/10483/6111

Alperi, M. (2019). Peran Bahan Ajar Digital Sigil dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 23(1), 99–110. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.479

Andayani, F., Tindangen, M., & Heryanto, Z. (2017). Analisis Permasalahan Guru Terkait Perencanaan dan Pelaksanaan Perangkat Pembelajaran Biologi Melalui Model Problem Based Learning dan Media Realita di SMA. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian dan Pengembangan, 2(10), 1425-1429. Diakses dari http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10108

Andriani, A. (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sosial Budaya, 2(1), 127-150. Diakses dari http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SosialBudaya/article/view/1930/1344

Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya, 2(1), 88-100. Diakses dari http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/CC/article/view/70

Anwas, O. M. (2016). Model Buku Teks Pelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 17-32. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n1.p17--32

Astini, N. K. S. (2019). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Guru Sekolah Dasar Untuk Menyiapkan Generasi Milenial. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya ke-1: Tantangan dan Peluang Dunia Pendidikan di Era 4.0, 13 Juli 2019, 113-120. Diakses dari https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/dharmaacarya/article/download/194/187

Baroya, E. H. (2018). Strategi Pembelajaran Abad 21. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 101-114. Diakses dari http://journal.stai-yamisa.ac.id/index.php/assalam/article/download/28/19

Budiana, H. R., Sjafirah, N. A., & Bakti, I. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajara Bagi Para Guru SMPN 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 4(1), 59-62. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v4i1.9042

Chaeruman, U. A. (2005). Mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ke dalam Proses Pembelajaran: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Teknodik, 9(16), 46-59. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.536

Chalim, S., & Anwas, E. O. M. (2018). Peran Orangtua dan Guru dalam Membangun Internet sebagai Sumber Pembelajaran. Jurnal Penyuluhan, 14(1), 33-42. https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v14i1.19558

Çimer, A. (2012). What Makes Biology Learning Difficult and Effective: Students' View. Educational Research and Reviews, 7(3), 61-71. http://dx.doi.org/10.5897/ERR11.205

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2018). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 48-53. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15100

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 125-129. Diakses dari https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977/2799

Fahyuni, E. F. (2017). Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (Prinsip dan Aplikasi dalam Studi Pemikiran Islam). Sidoarjo: UMSIDA Press.

Ghufron, M. (2018, Agustus). Revolusi Industri 4.0 Tantangan, Peluang dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat, 332-337. Diakses dari http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/dispanas2018/article/download/73/45

Herlambang, A. D. (2013). Pelaksanaan Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMA Negeri. Jurnal Teknologi Kejuruan dan Pengajarannya, 36(2), 69-73. Diakses dari http://journal.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan/article/view/4078

Imelda. (2013). Identifikasi Pusat Pertumbuhan dan Daerah Hinterland Kota Palembang. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 11(1), 54-66. Diakses dari https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jep/article/view/4913

Irmawati & Mariah. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Menggunakan Media dan Sumber Pembelajaran di SMP. Media Elektrik, 17(2), 9-13. Diakses dari https://ojs.unm.ac.id/mediaelektrik/article/view/14041

Juwandi, & Widyana, R. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Spirit, 10(1), 49-64. https://doi.org/10.30738/spirits.v10i1.6536

Mawardi. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(1), 69-82. Diakses dari https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/3859

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.

Mulyasa, E. (2006). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Nurtanto, M. (2016). Mengembangkan Kompetensi Profesionalisme Guru dalam Menyiapkan Pembelajaran yang Bermutu. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan (Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN). Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/289793369.pdf

Oktarin, S., Auliandari, L., & Wijayanti, T. F. (2018). Analisis Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA YKPP Pendopo. Bioeduscience, 2(2), 104-115. https://doi.org/10.29405/j.bes/22104-1152493

Permendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (Lampiran Peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam: Biologi). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://sma.kemdikbud.go.id/data/files/Permendikbud%20Nomor%2059%20Tahun%202014%20Kurikulum%202013%2010b.%20PMP%20BIO-minat%20SMA.pdf

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prihadi, S. (2020). Manajemen Sumber Belajar: Definisi dan Keuntungannya. Diakses dari https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/332587/mod_resource/content/1/2-Definisi%20Sumber%20Belajar.pdf

Rahim, F., Suherman, D., & Murtiani, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(2), 133-141. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/367

Rahmawati, D., & Anggraini, A. D. (2017). Evaluasi Program Kurikulum Berdasarkan Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Kompetensi Lulusan di SDN Pisangan Timur 10 Pagi. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 5(1), 11-17. https://doi.org/10.21009/JPEB.005.1.3

Restiyani, R., Juanengsih, N., & Herlanti, Y. (2014). Profil Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Media dan Sumber Pembelajaran Oleh Guru Biologi. Edusains, 6(1), 50-66. https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1100

Risbang Ristekdikti. (2018). Kreatif dan Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemristekdikti.

Roskiana, Savalas, L. R. T., & Sukib. (2020). Hubungan Pemanfaatan Fasilitas Belajar dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Kimia Siswa. Chemistry Education Practice, 3(1), 29–33. https://doi.org/10.29303/cep.v3i1.1452

Saefulmilah, R. M. I., & Saway, M. H. M. (2020). Hambatan-hambatan pada Pelaksanaan Pembelajaran Daring di SMA Riyadhul Jannah Jalancagak Subang. Nusantara, 2(3), 393-404. Diakses dari https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/935

Sawitri, E., Astiti, M. S., & Fitriani, Y. (2019). Hambatan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Seminar Nasional Pendidikan Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 03 Mei 2019, 141-146. Universitas PGRI Palembang. Diakses dari https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3026

Sinaga, J. J. (2021). Hubungan Kemandirian Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pematang Siantar Tahun Pembelajaran 2020/2021. Skripsi, tidak dipublikasikan., Universitas Negeri Medan.

Sisca, V., Budiarti, R. S., & Gardjito. (2016). Analisis Hambatan Guru Biologi pada Implementasi Kurikulum 2013 di Kelas X MIA SMA Negeri Berakreditasi A Sekota Jambi. Jurnal Biodik, 2(2), 86-95. Diakses dari https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/4920

Tondang, Y. S., & Arwita, W. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Pembelajaran Biologi. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(2), 151-159. https://doi.org/10.24114/jpp.v8i2.15298

Widyasmoro, C., & Alimah, S. (2015). Analisis Hambatan Guru Biologi Kelas X dalam Implementasi Standar Proses dan Standar Penilaian Kurikulum 2013. Unnes Journal of Biology Education, 4(2), 156-165. Diakses dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/8906

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Transformasi Pendidikan Abad 21, 1, 263-278. Universitas Kejuruhan Malang. Diakses dari https://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278%20TRANSFORMASI%20PENDIDIKAN%20ABAD%2021%20SEBAGAI%20TUNTUTAN%20PENGEMBANGAN%20SUMBER%20DAYA%20MANUSIA%20DI%20ERA%20GLOBAL.pdf




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v6i1.4780

Copyright (c) 2022 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

       


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.