PROFIL BERPIKIR ANALITIS MAHASISWA TINGKAT AWAL PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS SWASTA DI PALEMBANG
Abstract
Era Industri 4.0 yang memulai munculnya Era Society 5.0 menuntut masyarakat semakin terampil untuk menghadapi berbagai permasalahan hidup yang harus dibekali dengan berbagai keterampilan. Salah satunya yang harus dimiliki mahasiswa adalah keterampilan berpikir analitis sebagai keterampilan dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir analitis mahasiswa tingkat awal prodi Pendidikan Biologi di universitas swasta di Kota Palembang. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa soal esai dengan indikator analisis dari Anderson & Krathwohl (2017) yang memiliki subskill, yaitu membedakan, mengorganisasikan, dan menghubungkan. Data dianalisis menggunakan teknik persentase dengan mengacu rubrik penilaian tingkat kemampuan berpikir analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir analitis mahasiswa tingkat awal adalah 12,50% tidak baik, 50% kurang baik, 4,17% cukup baik, 25% baik, dan 8,30% sangat baik. Hasil ini menunjukkan bahwa masih banyak mahasiswa tingkat awal yang mengalami kendala dalam menyelesaikan soal berkemampuan analisis yang tentunya akan menghambat proses berpikir tingkat tinggi yang diperlukan untuk menghadapi tuntutan Era Society 5.0.
The Industrial Era 4.0 which begin the emergence of the Society Era 5.0 demands people becomee more skilled in dealing with various life problems that must be equipped with various skills. One of which students must have is analytical thinking skills as the basic skill. The purpose of this study was to determine the analytical thinking of first students of Biology Education Program at a private university in Palembang City. The research method used descriptive quantitative by data collection technique in the form of essay questions with analysis indicators from Anderson & Krathwohl (2017) which had sub-skills, namely differentiating, organizing, and connecting. Data were analyzed using the percentage technique with reference to the rubric for assessing the level of analytical thinking skills. The results showed that the analytical thinking skills of the first students were 12.50% not good, 50% less good, 4.17% good enough, 25% good, and 8.30% very good. These results indicate that there are still many first students who have problems to solve the analytical skilled question which will certainly hinder the higher order thinking processes needed to face the demands of the Society Era 5.0.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amer, A. (2005). Analytical Thinking. Cairo: Center for Advancement of Postgraduate Studies and Research in Engineering Sciences, Faculty of Engineering-Cairo University (CAPSCU).
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2017). Kerangka Landasan Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. (Terjemahan oleh Agung Prihantoro). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Anjarwati, E. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Disertai Tugas Analisis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Fisika di SMAN 1 Cluring. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Jember. Diakses dari https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82511
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rrineka Cipta.
Arsanti, M., Zulaeha, I., Subiyantoro, S., & S, N. H. (2021). Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 319-324. Universitas Negeri Semarang. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/895/775
Astriani, D., Susilo, H., Suwono, H., & Lukiati, B. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Analitis Mahasiswa Calon Guru IPA dalam Perkuliahan Biologi Umum. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 66–70. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p66-70
Astuti, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan TV-News terhadap Kemampuan Analisis Siswa pada Materi Bahan Kimia Kehidupan. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/28947/1/4401412104.pdf
Dalman, R.P., & Junaidi. (2022). Penyebab Sulitnya Siswa Menjawab Soal HOTS dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS SMAN 1 Batang Kapas Pesisir Selatan. Naradidik: Journal of Education & Pedagogy, 1(1), 103-112. https://doi.org/10.24036/nara.v1i1.12
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjendikti). (2021). Buku Panduan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi. Jakarta: Dirjendikti.
Fitriani, R., Surahman, E., & Azzahrah, I. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 11(2): 6-11. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i1.1426
Haqqi, H., & Wijayati, H. (2019). Revolusi Industri 4.0 di Tengah Society 5.0: Sebuah Integrasi Ruang, Terobosan Teknologi, dan Transformasi Kehidupan di Era Disruptif. Yogyakarta: Quadrant.
Marthinu, E., & Nadiroh. (2017). Pengaruh Experiental Learning dan Pengetahuan Pembangunan Berkelanjutan terhadap Berpikir Analitik Masalah Lingkungan. Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, 18(2), 38-52. https://doi.org/10.21009/PLPB.182.03
Novrizaldi. (2021, Desember 3). Pendidikan Berperan Penting dalam Menyongsong Smart Society 5.0 [Halaman Web]. Diakses dari https://www.kemenkopmk.go.id/pendidikan-berperan-penting-dalam-menyongsong-smart-society-50#:~:text=Dia%20menjelaskan%2C%20di%20Era%20Society,critical%20thinking%2C%20communication%20and%20collaboration
Permana, T. I., Hindun, I., Rofi’ah, N. L., & Azizah, A. S. N. (2019). Critical Thinking Skills: The Academic Ability, Mastering Concepts and Analytical Skill of Undergraduate Students. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i1.7626
Pratiwi, E.T., & Setyaningtyas, E.W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379-388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362
Rahmawati. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Analitis pada Mata Pelajaran Geografi Siswa SMA. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Malang. http://mulok.library.um.ac.id/index3.php/62633.html
Ramadiyanti, N., Muderawan, I.W., & Tika, I.N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional MIPA, 194-204. Universitas Pendidikan Ganesha. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/view/10204/6504
Sartika, S.B. (2018). Teaching Models to Increase Students' Analytical Thinking Skills. Series: Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR). Proceedings of the 1st International Conference on Intellectuals' Global Responsibility (ICIGR 2017), 125, 216-218. https://dx.doi.org/10.2991/icigr-17.2018.52
Sasikirana, V., & Herlambang, Y.T. (2020). Urgensi Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Society 5.0. E-Tech, 8(2), 1-8. diakses http://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-tech/article/view/110765
Setiawaty, B.T., Sunarno, W., & Sugiyarto. (2019). Profil Kemampuan Berpikir Analisis Sekolah Menengah Pertama di Surakarta. Prosiding, Seminar Nasional Pendidikan Sains yang Diselenggarakan oleh Program Studi Magister Pendidikan Sains FKIP UNS, 2 November 2019. Universitas Sebelas Maret. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/12840
Waskita, P.D., Wahyuni, D., Nugroho, P.B. (2019). Proses Berpikir Analitis Mahasiswa Berkarakter Charismatic Leadership. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta, 219-225. Universitas Muhammadiyah Jakarta. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/index
DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v6i2.5281
Copyright (c) 2022 Tutik Fitri Wijayanti, Lia Auliandari, Etty Nurmala Fadillah, Susi Dewiyeti
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.