MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE POKOK BAHASAN BAKTERI UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Hasil observasi di UPT SMA Negeri 4 Parepare, dijumpai permasalahan motivasi belajar biologi peserta didik masih kurang maksimal. Penggunaan media pembelajaran yang tepat berkaitan dengan motivasi belajar peserta didik. Videoscribe adalah media audiovisual yang dapat digunakan dalam pembelajaran, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar biologi peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran videoscribe pokok bahasan Bakteri. Penelitian menggunakan pre-experiment dengan desain one group pretest-posttest. Instrumen penelitian ini adalah lembar angket motivasi belajar biologi. Analisis data penelitian adalah secara deskriptif kuantitatif, yaitu skor motivasi yang telah diperoleh dikategorikan menjadi sangat tinggi, tinggi, cukup, rendah, dan sangat rendah. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan motivasi belajar biologi peserta didik dengan menggunakan media videoscribe pokok bahasan Bakteri Kelas X MIPA UPT SMA Negeri 4 Parepare. Peningkatan yang terjadi berupa peningkatan persentase peserta didik pada kategori sangat tinggi, tinggi dan cukup dan penurunan persentase pada kategori rendah dan rendah sekali berdasarkan indikator penelitian, yaitu: 1) hasrat dan keinginan berhasil, 2) dorongan dan kebutuhan dalam belajar, 3) harapan dan cita-cita masa depan, 4) penghargaan dalam belajar, 5) kegiatan yang menarik dalam belajar, dan 6) lingkungan belajar yang kondusif.
The results of observations at the Technical Implementation Unit (UPT) of State High School (SMA Negeri) 4 Parepare, it was found that students' motivation to learn biology was still not optimal. The use of appropriate learning media is related to students' learning motivation. Videoscribe is an audiovisual media that can be used in learning. This research aimed to determine students' motivation to learn biology by using videoscribe learning media on the subject of Bacteria. The research used a pre-experiment with a one group pretest-posttest design. The instrument of this research was a motivation questionnaire sheet for studying biology. Analysis of research data was descriptive quantitative, namely the motivation scores that have been obtained were categorized into very high, high, enough, low and very low. The results of the research showed that there was an increase in students' motivation to learn biology by using videoscribe media on the subject of Bacteria in Class X MIPA UPT SMA Negeri 4 Parepare. The increase that occurred was in the form of an increase in the percentage of students in the very high and high categories and a decrease in the percentage in the low and very low categories based on research indicators, namely: 1) passion and desire to succeed, 2) encouragement and need for learning, 3) hopes and aspirations future goals, 4) appreciation for learning, 5) interesting activities in learning, and 6) conducive learning environment.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiputra, S., & Mujiyati. (2017). Motivasi Prestasi Belajar Siswa di Indonesia: Kajian Meta-Analisis. Konselor, 6(4), 150-157. https://doi.org/10.24036/02017648171-0-00
Air, J., Oakland, E., & Walters, C. (2014). Video Scribing: How Whiteboard Animation Will Get You Heard. Bristol, UK: Sparkol Books.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Barak, M., Watted, A., & Haick, H. (2016). Motivation to Learn in Massive Open Online Courses: Examining Aspects of Language and Social Engagement. Computers and Education, 94, 49–60. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.11.010
Duludu, U. A. T. A. (2017). Buku Ajar Kurikulum dan Media Pembelajaran PLS. Yogyakarta: Deepublish.
Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNISKA), 3(1), 34-44. Diperoleh dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/199
Heriyati. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 22–32. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1383
Jannah, D. M., Hidayat, M. T., Ibrahim, M., & Kasiyun, S. (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3378–3384. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1350
Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Kausar, A., Salasi, R., & Hidayat, M. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Videoscribe terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koordinat Kartesius di SMPN 7 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 5(1), 62-69. Diperoleh dari https://jim.usk.ac.id/pendidikan-matematika/article/view/13869/6387
Keller, J. M. (2010). Motivational Design for Learning and Performance ARCS Model Approach. New York: Spring Science Business Media.
Khoiruddin, A. (2020). 7 Media Pembelajaran Interaktif. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Purwanto, N. (2016). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Romlah, S., Nugraha, N., & Setiawan, W. (2019). Analisis Motivasi Belajar Siswa SD Albarokah 448 Bandung dengan Menggunakan Media ICT Berbasis for VBA Excel pada Materi Garis Bilangan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 220-226. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.98
Safari. (2005). Penulisan Butir Soal Berdasarkan Penilaian Berbasis Kompetensi. Jakarta: Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia Depdiknas.
Saman. (2017). Tinjauan Teoritis Pembelajaran Berbasis Videoscribe pada Siswa. Prosiding Seminar Nasional Universitas Cokroaminoto Palopo. Diperoleh dari https://journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/808/694
Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Saputra, W. M., Hakin, R., & Awrus, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Subbidang Studi Seni Rupa Siswa Kelas VII SMPN 6 Sungai Penuh. SERUPA: The Journal Of Art Education, 6(1). 24–25. Diperoleh dari https://ejournal.unp.ac.id/index.php/serupa/article/view/8351
Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Susanti, B. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Videoscribe untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyyah At-Taqwa Pinang Kota Tangerang Tahun 2018. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan dan Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 387-396. Diperoleh dari https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/download/399/394/
Usman, M. U. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahyuni, S., & Pasaribu, L. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1694-1707. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1396
DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v7i2.6200
Copyright (c) 2023 Amri, Salwah
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.