KELAYAKAN MODUL AJAR BERDIFERENSIASI PROYEK MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK

Usman Usman, Starlet Putri Cahya, Indria Wahyuni

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan modul ajar terdiferensiasi proyek pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang terdiri dari tahap pengenalan potensi dan masalah, pengumpulan data (informasi), desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Tahap potensi dan masalah dilakukan dengan melakukan analisis kebutuhan. Tahap pengumpulan informasi dilakukan dengan analisis kurikulum, pemetaan minat belajar, gaya belajar dan kesiapan belajar peserta didik. Tahap desain produk dilakukan dengan membuat rancangan modul ajar. Tahap validasi desain dilakukan dengan uji kelayakan modul ajar oleh ahli desain pembelajaran (praktisi pendidikan) dan pengguna produk (guru biologi). Hasil penilaian produk oleh praktisi pendidikan memperoleh nilai sebesar 97,3% (sangat layak) dan hasil penilaian produk oleh pengguna sebesar 94,4% (sangat layak). Berdasarkan uji ahli desain pembelajaran dan uji pengguna didapatkan bahwa modul ajar berbasis proyek menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pada materi pencemaran lingkungan memperoleh kategori sangat layak untuk digunakan sebagai perangkat pembelajaran. Spesifikasi modul ajar yang dikembangkan adalah modul ajar berdasarkan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kolaborasi peserta didik, difokuskan pada materi pencemaran lingkungan, disesuaikan dengan penerapan profil pelajar pancasila dalam Kurikulum Merdeka, dan dilengkapi dengan barcode untuk akses media pembelajaran, LKPD, dan instrumen penilaian.

 

The purpose of this research was to determine the feasibility of differentiated teaching modules on environmental pollution material project to improve students' collaboration skills. The method used was Research and Development (R&D) which consisted of the stages of recognizing potential and problems, data (information) collection, product design, design validation, and design revision. The potential and problem stage was carried out by conducting a needs analysis. The information collection stage was carried out by analyzing the curriculum, mapping the learning interests, learning styles, and students' learning readiness. The product design stage was carried out by creating the teaching module design. The design validation stage was carried out by testing the feasibility of the teaching module by learning design experts (educational practitioners) and product users (biology teachers). The product assessment results by educational practitioners obtained a score of 97.3% (very feasible) and the product assessment results by users were 94.4% (very feasible). Based on expert learning design tests and user tests, it was found that the project-based teaching module using a project-based learning model on environmental pollution material was categorized as very feasible for use as a learning tool. The specifications for the teaching module developed were teaching modules based on a project-based learning model to increase students’ collaboration skills, focused on environmental pollution material, adapted to the application of the Pancasila student profile in the Merdeka Curriculum, and equipped with barcodes for access to learning media, students’ worksheet, and assessment instruments.


Keywords


kurikulum merdeka; modul ajar; pembelajaran berdiferensiasi; pembelajaran berbasis proyek; keterampilan kolaborasi; merdeka curriculum; teaching modules; differentiated learning; project-based learning; collaboration skills

Full Text:

PDF

References


Abdulsyani. (2012). Skematika, Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Azizah, N., & Alberida, H. (2021). Seperti Apa Permasalahan Pembelajaran Biologi pada Siswa SMA?. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 388–395. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38073

Barus, D. R. (2019). Model-model Pembelajaran yang Disarankan untuk Tingkat SMK dalam Menghadapi Abad 21. Medan: Universitas Negeri Medan.

Brunge, R., Ruckert, J., & Friedrich, C. M. (2020). Project-Based Learning in a Machine Learning Course with Differentiated Industrial Projects for Various Computer Science Master Programs. 2020 IEEE 32nd Conference on Software Engineering Education and Training (CSEE&T), 1-5. Munich, Germany: IEEE. https://doi.org/10.1109/CSEET49119.2020.9206229

Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Project-based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Inovasi Kurikulum, 19(2), 213-226. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44226

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182. https://doi.org/10.21009/PIP.352.10

Manalu, J. B., Sihotang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar yang Diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Mahasiswa dan Alumni Pendidikan Dasar (IMAPENDAS) Universitas Negeri Medan, 6 Januari 2022. Bandar Klippa, Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang: Mahesa Research Center (MRC). https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. Diperoleh dari https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 5(2), 131-138. Diakses dari https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/392

Medriati, R. & Risdianto, E. (2020). Penerapan Pendekatan Student Centered Learning (SCL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Komunikatif Mahasiswa Pendidikan Fisika Semester III Universitas Bengkulu. Journal Kumparan Fisika, 3 (1), 67-74. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.67-74

Mukhlisina, I., Danawati, M. G., & Wijayaningputri, A. R. (2022). Penerapan Modul Ajar sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka pada Siswa Kelas IV di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (JPkMN), 4(1), 126-133. Diperoleh dari https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/675

Muslim, S. R. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik SMA. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(2), 88–95. https://doi.org/10.35706/sjme.v1i2.756

Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research (JCSR),1(2), 81-91. Diperoleh dari https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jcsr/article/view/1150

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480-492. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925

Nurwahidah, Samsuri, T., Mirawati, B., & Indriati. (2021). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik. Reflection Journal, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.36312/rj.v1i2.556

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Sarie, F. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Tunas Nusantara, 4(2), 429-498. https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.3782

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suparlan. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. ISLAMIKA: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 79-88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208

Susanti, D., Fitriani, V., & Sari, L. Y. (2020). Validity of Module Based on Project Based Learning and Media Biology Subject. Journal of Physics: Conference Series, 1521, 042012. Retrieved from https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1521/4/042012/pdf

Syafii, I. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek: Materi Hakikat Ilmu Kimia dan Metode Ilmiah. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi, 3(1), 99-105. https://doi.org/10.59818/jpi.v3i1.439

Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118-126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Wajdi, F. (2017). Implementasi Project-based Learning (PjBL) dan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Drama Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 17(1), 86-101. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i1.6960

Wuri, K. I., & Ubabuddin. (2022). Penilaian Keterampilan Proyek dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Educational Journal: General and Specific Research, 2(3), 412-418. Diakses dari https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/182

Zahranie, L. R., Usman, Hendriyani, M. E., & Promkaew, S. (2023). Development of Differentiated Instruction Moduke Based on SICOMO (Searching Information, Communication, Modelling) on Membrane Transport Concept to Improve Critical Thinking. Biodidaktika: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 18(2), 104-116. Diperoleh dari https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/biodidaktika/article/view/21242




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v7i2.6749

Copyright (c) 2023 Usman, Starlet Putri Cahya, Indria Wahyuni

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

        


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.