MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH PADA SISWA KELAS XI SMA
Abstract
Keterampilan Abad 21 salah satunya memecahkan masalah perlu ditingkatkan melalui inovasi pembelajaran biologi di SMA. Tujuan penelitian adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI SMA dengan penerapan model Problem Based Learning dengan Google Classroom dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mencakup dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI IIPA 5 SMA Negeri di Sukoharjo. Data keterampilan memecahkan masalah diambil menggunakan instrumen tes esai. Data keterampilan memecahkan masalah dianalisis secara deskriptif kuantitatif yaitu teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keterampilan memecahkan masalah pada siklus 1 adalah 78% (28 dari 36 siswa) dan siklus 2 adalah 92% (33 dari 36 siswa). Data penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan pemecahan masalah dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 18% melalui penerapan model Problem Based Learning. Keterampilan memecahkan masalah merupakan salah satu tujuan utama pembelajaran IPA karena siswa yang mempelajari IPA harus mengetahui penjelasan tentang cara menyelesaikan masalah dalam suatu materi. Keterampilan pemecahan masalah penting bagi siswa sebagai keterampilan yang dibutuhkan di abad 21.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, S. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem-based-learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Geografi. 4(3), 25–36.
Argaw, A. S., Haile, B. B., Ayalew, B. T., & Kuma, S. G. (2016). The effect of problem based learning (PBL) instruction on students’ motivation and problem solving skills of physics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(3), 857-871.
Bahri, A., Putriana, D., & Idris, I. S. (2018). Peran pbl dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah biologi. SAINSMAT" Jurnal Sains, Matematika, dan Pembelajarannya, 7(2), 114-124.
Baksir, E. L., Mayub, A., & Putri, D. H. (2017). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa serta kemampuan pemecahan masalah melalui model problem based learning pada konsep cahaya di kelas VIII. E SMPN 6 Kota Bengkulu. Amplitudo: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika, 1(1).
Debora, E. (2020). The effect of problem solving learning models on creative thingking skills in scence subjects, Universitas Negeri Padang Indonesia. 8 (3), 181-189.
Jayadiningrat, M. G., & Ati, E. K. (2018). Peningkatan keterampilan memecahkan masalah melalui model pembelajaran problem based learning (pbl) pada mata pelajaran kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1-7.
Hariatik, H., Suciati, S., & Sugiyarto, S. (2017). Pembelajaran biologi model problem based learning (pbl) disertai dialog socrates (ds) terhadap hasil belajar ditinjau dari kemampuan memecahkan masalah kelas x. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 46-51.
Hasan, R., Lukitasari, M., Juniarti, V., & Irwandi, I. (2019). Improving student problem-solving skill and cognitive learning outcome through the implementation of problem-based learning. Jurnal Bioedukatika, 7(1), 18-26.
Hidayati, R. M., & Wagiran, W. (2020). Implementation of problem-based learning to improve problem-solving skills in vocational high school. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(2), 177-187.
Kurniawati, M., & Sajidan, M. R. (2019). Analisis keterampilan memecahkan masalah siswa sma. Proceeding Biology Education ConferenceVol, 16(1), 75-78.
Permatasari, S. A. (2020). Pembelajaran fisika dengan Google Classroom dalam keterampilan memecahkan masalah. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) (Vol. 4, pp. 62-71).
Polya, G. (1973). How To Solve it : A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey, USA: Pricenton University Press.
Pritasari, A. C., & Jumadi, J. (2018). Development of science learning tool based on problem based learning with google classroom to improve argumentation skill. Biosaintifika: Journal of Biology & Biology Education, 10(2), 348-355.
Setiawan, A. R. (2019). Penggunaan mabadi „asyroh dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (pp. 158-164).
Siswanto, S., Maridi, M., & Marjono, M. (2012). Pengaruh model problem based learning (pbl) terhadap kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas vii smp negeri 14 surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi, 4(2).
Subekti, T., Suwarto., Nugroho, A, A. (2019). Penerapan problem based learning untuk meningkatkan aktivitas belajar biologi siswa sma, Journal of Biology Learning. 8(2), 83-88.
Sudarisman, S. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1).
Suharno, S. (2014). Implementasi pembelajaran berbasis kurikulum 2013 pada mata pelajaran biologi di sma negeri 1 gondang kabupaten tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), 11422.
Sungur, S., Tekkaya, C., & Geban, Ö. (2006). Improving achievement through problem-based learning. Journal of biological Education, 40(4), 155-160.
Sungur, S., & Tekkaya, C. (2006). Effects of problem-based learning and traditional instruction on self-regulated learning. The journal of educational research, 99(5), 307-320.
Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif siswa biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60-64.
Trianto. (2014). Mendesaian model pembelajaran inovatic, progresif dan kontekstual. Surabaya : Prenadamedia Group.
Wulansari, B., Hanik, N. R., & Nugroho, A. A. (2019). Penerapan model problem based learning (pbl) disertai mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas x sma negeri 1 tawangsari. Journal of Biology Learning, 1(1).
Yusuf, N. R., Bektiarso, S., & Sudarti, S. (2020). Pengaruh model pbl dengan media google classroom terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 230-235.
Zubaidah, S. (2016). keterampilan abad ke-21: keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1-17. https://www.researchgate.net/publication/318013627_KETERAMPILAN_ABAD_KE-21_KETERAMPILAN_YANG_DIAJARKAN_MELALUI_PEMBELAJARAN
DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v7i2.7279
Copyright (c) 2023 Desi Romadhoni, Suwarto Suwarto, Anwari Adi Nugroho
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.