PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTOR PADA OUTDOOR PRACTICUM BIOLOGI SMA

Miftahul Hidayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian psikomotor pada outdoor practicum biologi. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen penilaian dikembangkan untuk praktikum pada materi Ekosistem. Pelaksanaan penelitian pengembangan instrumen diawali dengan studi pendahuluan, dan dilanjutkan dengan pengembangan awal yang divalidasi oleh ahli yang relevan dan diujicobakan di kelas X di SMA Negeri 2 Metro untuk melihat tingkat kelayakan penggunaan penilaian psikomotor. Tahap selanjutnya adalah penggandaan instrumen untuk dilakukan uji coba skala besar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil akhir dari penelitian ini memenuhi kriteria untuk didiseminasikan. Hasil penelitian diharapkan dapat berguna bagi guru dalam penilaian psikomotor pada outdoor practicum.


This study aimed to develop the instrument of psychomotor assessment in biological outdoor practicum. The development method in this research was ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The instrument of psychomotor assessment was for practicum on ecosystem material. The execution of research and development of this instrument was begun with a preliminary study, and continued with initial development that was validated by relevant experts and tested on class X in SMA Negeri 2 Metro to find out the feasibility of using psychomotor assessment. The next stage was the multiplication of instrument for large-scale test. Based on the research conducted, the final result of this study fulfilled the criteria for dissemination. The result of study (the instrument) was expected to be useful for teachers in psychomotor assessment biological outdoor practicum.


Keywords


penilaian psikomotor; outdoor practicum; ADDIE; psychomotor assessment

Full Text:

PDF

References


Branch, R.M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer Science & Business Media, LLC.

Hidayat, S., Festiyed, F. & Fauzi, A. (2012). Pengaruh Pemberian Assessment Essay Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Ekspositori dan Inkuiri di Kelas XI IPA SMA N 1 Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1 (1).

Mahadaniar, A.G. & Siswaningsih, W. (2013). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Kelas Pada Pembelajaran Hidrokarbon. Jurnal Pengajaran MIPA, 18 (2), 245-252.

Mendiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Priadi, M.A. (2012). Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Problem Based Learning melalui Metode Eksperimen Laboratorium dan Lapangan Ditinjau dari Keberagaman Kemampuan Berpi-kir Analitis dan Sikap Peduli Lingkungan. Inkuiri, 1 (3).

Rezeqi, S. (2012). Analisis Pelaksanaan Praktikum Biologi dan Permasalahan-nya di SMA Negeri Sekabupaten Ka-ro. Jurnal Tabularasa, 9 (1), 17-32.

Suprapto, F. & Lathanio, F. (2013). Pengembangan Aplikasi Multimedia Pengenalan Pemanasan Global dan Solusinya Menggunakan Pendekatan ADDIE. Sesindo 2013, 2013.

Widyaningsih, V. (2013). Pengembangan Rubrik Penilaian Portofolio Proses Sains Siswa pada Materi Ekosistem di SMP Negeri 1 Wedarijaksa Kabupaten Pati. Disertasi, tidak diterbitkan. Universitas Negeri Semarang.

Yuniarti, B. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotorik pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 5 (1), 77-81.

Yusrizal. (2008). Pengujian Validitas Konstruk dengan Menggunakan Analisis Faktor. Jurnal Tabularasa, 5 (1).

Zikra, Z., Lufri, L., & Razak, A. (2013). Analisis Proses Pembelajaran Biologi Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Sumpur. Kolaboratif, 1 (2).




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v1i2.785

Copyright (c) 2018 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

        


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.