KOMPARASI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY DILENGKAPI MICROSOFT OFFICE POWER POINT DENGAN MEDIA COMIC TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan membandingkan hasil belajar antara model TAI dengan Power Point dan model TAI dengan komik di SMP Negeri 3 Kartasura 2011/2012. Metode penelitian menggunakan The Static Group Pretest-Posttest Design dengan tambahan kelas kontrol. Teknik sampling menggunakan Cluster Random Sampling yang meliputi VIIIG kelas eksperimen I (TAI dengan Power Point), VIIIA kelas eksperimen II (TAI dengan media komik), dan VIIIE kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, homogenitas, dan ANAVA. Hasil pengujian hipotesis menggunakan a 5% menunjukkan Fhitung 7,191 sedangkan Ftabel sebesar 3,082. Karena Fhitung 7,191>3,082 Ftabel maka H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelompok pembelajaran. Berdasarkan hasil uji beda disimpulkan hasil belajar biologi menggunakan model TAI dengan Power Point (87) lebih baik daripada hasil belajar biologi menggunakan model TAI dengan Komik (81) dan kelas kontrol (80). Hasil afektif dilihat dari perolehan skor angket setiap siswa. Hasil afektif menunjukkan sebanyak 91,10% siswa mendapat nilai A, dan 8,10% siswa mendapat nilai B untuk kelas Power Point.
This study aimed to compare the learning outcomes between TAI model with Power Point and TAI model with comic at SMP Negeri 3 Kartasura 2011/2012. The method used in this study was the Static group pretest-posttest design with additional control class. Sampling technique used cluster random sampling includes VIIIG experiment class I (TAI with Power Point), VIIIA experimental class II (TAI with media comics), and VIIIE control class. Data analysis technique used the validity, reliability, normality test, homogeneity, and ANOVA. The results of hypothesis examination by using alpha (5%) showed Fcalculation =7.191 while Ftable=3,082. If Fcalculation 7.191> 3.082 Ftable then H0 was rejected. This meant there were significant differences among three study groups. Based on results of post hoc it could be concluded that biology learning outcomes using TAI model with Power Point (87) was better than TAI model with comic (81) and control class (80). Affective results were based on questionnaire score of each student. Affective outcomes showed as much as 91.10% of students got A, and 8.10% of students got B for the class of Power Point.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul, M.A. (2003). Program Pengolah Presentasi MS Power Point 2003. Karang Anyar: Ma Maz’roazul Huda.
Kasbolah, K.E.S. (2001). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Malang: Universitas Negeri Malang Press.
Rubiyanto, R. (2004). Landasan Pendidikan. Surakarta: MUP UMS.
Sagala, S. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Slavin, R. (2008). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sudjana & Rivai. (2001). Media Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algesindo.
Widiasih, A.T. (2009). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 2 Batu pada Materi Ekosistem. Skripsi, tidak diterbitkan. Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang.Abdul, M.A. (2003). Program Pengolah Presentasi MS Power Point 2003. Karang Anyar: Ma Maz’roazul Huda.
Kasbolah, K.E.S. (2001). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Malang: Universitas Negeri Malang Press.
Rubiyanto, R. (2004). Landasan Pendidikan. Surakarta: MUP UMS.
Sagala, S. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Slavin, R. (2008). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sudjana & Rivai. (2001). Media Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algesindo.
Widiasih, A.T. (2009). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 2 Batu pada Materi Ekosistem. Skripsi, tidak diterbitkan. Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang.
DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v1i1.963
Copyright (c) 2018 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.