UJI PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PROSES ADSORBSI MENGGUNAKAN KARBON AKTIF DARI AMPAS TEBU , CANGKANG BUAH KARET DAN KULIT PISANG TERHADAP PENURUNAN KADAR COD DAN BOD DALAM LIMBAH CAIR INDUSTRI SONGKET

Legiso Legiso, Ummi Kalsum, Musriati Wulandari

Abstract


Indonesia merupakan Negara agraris penghasil bahan pangan yang besar, seperti padi, jagung, kedelai, tebu dan lain-lain. Ampas tebu, atau disebut juga dengan bagasse, adalah hasil samping dari proses ekstraksi cairan tebu, yang  sebagian besar mengandung lignin selulosa. Panjang seratnya antara 1,7-2 mm dengan diameter sekitar 20 µm, sehingga ampas tebu ini dapat memenuhi persyaratan untuk diolah menjadi papan-papan buatan dan bahan pembuatan pembuatan pulp. Kurangnya pemanfaatan limbah ampas tebu menjadikan ampas tebu menjadi tumpukan sampah yang mencemari lingkungan. Metode penelitian dilakukan dengan proses Hydrogen Peroksida dengan larutan pemasak pada konsentrasi NaOH 3%, 5%, 7%, 9%, dan 11% dengan waktu 70 m, 80 m, 90m 100m, dan 110 m kemudian dilanjutkan dengan menghitung persentase rendemen dan bilangan permanganat tujuan dalam penelitian ini adalah mendapatkan persentase rendemen dan bilangan permanganat yang merupakan bagian pengujian kuantitas dan kualitas pulp secara kimiawi dengan perbedaan waktu dan konsentrasi larutan pemasakan yang konstan. Persentase rendemen terbaik yang didapat sebesar 66,1 % dan bilangan permanganat terbaik sebesar 3,9.


Full Text:

PDF

References


Ahmad M. Fuadi. Dkk. (2008). Pemutihan Pulp Dengan Hidrogen Peroksida. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Anonim. Bab II Tinjauan Pustaka (online).(http://eprints.polsri.ac.id/4102/) diakses 28 Agustus 2018.

Azhary H. Dkk. (2010). Pembuatan Pulp Dari Batang Rosella Dengan Proses Soda. Universitas Sriwijaya Palembang.

Chadijah, S. (2011). Kinetika Delignifikasi Sabut Kelapa dengan Proses Peroksida Alkali pada Pembuatan Pulp. Jurnal Teknosains, 5 (2), 223-231.

Gustriani, dkk. (2013). Delignifikasi ampas tebu untuk pembuatan pulp rendemen tinggi dengan proses peroksida alkali. UIN Alauddin Makassar.

Penggabean, A. (2012). Pemanfaatan Abu Ampas Tebu Sebagai Campuran Dalam Peningkatan Kekuatan Beton.

Yosphine, A., dkk.. (2012). Pemanfaatan Ampas Tebu dan Kulit Pisang dalam Pembuatan Kertas Serat Campuran, Jurnal Teknik Kimia Indonesia, 11 (3), 94-100.

Yosephine, A., Gala, V., Ayucitra, A., danRetnoningtyas, E.S. (2012). PemanfaatanAmpas Tebu dan kulit pisang DalamPembuatan Kertas Serat Campuran. Jurnal Teknik Kimia Indonesia, 11 (2), 95-96.




DOI: https://doi.org/10.32502/jd.v5i1.3024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Distilasi



Jurnal Distilasi is indexed by: