EFISIENSI TERMAL WATER TUBE BOILER BERBAHAN BAKAR GAS DAN SOLAR PADA PRODUKSI SATURATED DAN SUPERHEATED STEAM BERDASARKAN LEVEL KETINGGIAN AIR DALAM STEAM DRUM

Destry Nadia Putri, Ayu Yuliani, Fatria Fatria, Jaksen M. Amin, Tahdid Tahdid

Abstract


Boiler adalah suatu alat berbentuk bejana tertutup yang digunakan untuk menghasilkan steam. Steam diperoleh dengan memanaskan bejana yang berisi air dengan bahan bakar. Boiler yang digunakan seringkali terdapat masalah yang menyebabkan hasil steam yang kurang optimal. Pada penelitian ini akan difokuskan untuk menentukan ketinggian level cairan dengan menggunakan bahan bakar gas dan solar sehingga didapatkan hasil pembakaran yang maksimal. Parameter yang diamati berupa temperatur, tekanan, level ketinggian air, dan waktu proses, tujuannya untuk mengetahui pengaruh level ketinggian air terhadap laju produksi saturated dan superheated steam. Variabel tetap yang digunakan pada penelitian ini ini adalah udara excess sebesar 8% untuk bahan bakar gas dan 18% untuk bahan bakar solar, rasio udara bahan bakar gas sebesar 16,23 dan rasio bahan bakar solar 17,57, laju alir bahan bakar gas 1,4 kg/jam dan laju alir bahan bakar solar 4,98 kg/jam, sedangkan variabel bebas yaitu air umpan sebesar 20%, 30%, 40%, 50% dan 60%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa level ketinggian air sangat berpengaruh terhadap nilai efisiensi cross section water tube boiler.


Full Text:

PDF

References


Djoko Setyoarjo, M.J. (1990). Pembahasan Lebih Lanjut Tentang Ketel Uap. Jakarta: Pradnya Paramita.

Juriwon. (2017). Analisis Energi Boiler Pipa Air Menggunakan Bahan Bakar Solar. Laporan Tugas Akhir. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya.

Kurniawan, H. Y., Gunawan, H., dan Maluegha, B. (2014). Kajian Effisiensi Termal dari Boiler di Pembangkit Listrik Tenaga Uap Amurang Unit I. Jurnal Online Poros Teknik Mesin. Vol. 4, No.2. Hal 97-103.

Nag. P. K. (2008). Handbook. Power Plant Engineering, Third Edition. New York : Tata McGraw Hil.

Nataliana, D., Taryana, N., dan Farisi. (2012). Pengendali Level Air pada Steam Drum Boiler Berbasis DCS (Distributed Control System). Bandung: Institut Teknologi Nasional.

Suhaili, S. (2016). Simulationn Studyion Combustion Characteristics of Water Tube Boiler with Different Type of Fuel. Perak: Universiti Tek. Petronas.

Yuliyani, M. A. (2019). Analisis Sistem Ruang Bakar Boiler Jenis Fluidized Bed Combustion untuk PLTU Kapasitas 8 MW. Jurnal Teknik Energi. Vol.9, No.1. Hal. 1-8.




DOI: https://doi.org/10.32502/jd.v7i1.4459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Distilasi



Jurnal Distilasi is indexed by: