TEKNOLOGI PERVAPORASI MENGGUNAKAN MEMBRAN POLIAMIDA GUNA MENGHASILKAN ETHANOL FUEL GRADE

Jilan Nafisah Koenang, Dyah Carissa Azaria, Yohandri Bow, Arizal Aswan, Fatria Fatria

Abstract


Etanol merupakan salah satu bahan kimia penting yang dalam pemanfaatannya seringkali dibutuhkan etanol dengan kemurnian tinggi dan untuk memperoleh etanol dengan kemurnian tinggi biasanya digunakan proses distilasi. Namun distilasi hanya mampu menghasilkan etanol dengan kemurnian tidak lebih dari 95,6%. Salah satu alternatif untuk menghasilkan etanol dengan kemurnian lebih dari 95,6% adalah melalui proses teknologi membran yaitu pemisahan secara pervaporasi. Dalam penelitian ini menggunakan membran poliamida dan dilakukan variasi temperatur pemanasan yaitu 80?C, 85?C, 90?C, 95?C dan variasi konsentrasi umpan sebesar 70%, 75%, 80%, 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa temperatur pemanasan terbaik adalah 85?C dengan konsentrasi umpan 85% sehingga diperoleh kadar permeat ethanol fuel grade 99,3%.


Full Text:

PDF

References


Baker, R. W. (2012). Membrane Techonology and Application. 2nd Edition. West Sussex: John Wiley and Sons Ltd.

Basile, A., Figoli, A., Khayet, M. (2015). Pervaporation, Vapour Permeation and Membrane Distillation. 1st Edition. Cambridge: Woodhead Publishing.

Mulder, M. (1996) Basic Principles of Membrane Technology. 2nd Edition, Kluwer Academic Publishers, Dordrecht.

Nasrun. (2005). Studi Pemakaian Zeolit untuk Meningkatkan Performansi Membran. Prosiding National Conference On Chemical Engineering Science and Applications (ChESA) yang Diselenggarakan oleh Universitas Syiah Kuala, 2005. Aceh: Universitas Syiah Kuala.




DOI: https://doi.org/10.32502/jd.v7i2.5435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Distilasi



Jurnal Distilasi is indexed by: