PENERAPAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS-PROJECT BASED LEARNING (STEM-PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Sri Nur'Aeni, Herani Tri Lestiana, Toheri Toheri

Abstract


Pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEM selaras dengan pembelajaran abad 21 karena bersifat kontekstual, sehingga dapat memberdayakan kemampuan siswa untuk mengembangkan bakat dan kemampuan yang mereka miliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEM (STEM-PjBL) pada materi trigonometri dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika pada materi trigonometri, menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEM (STEM-PjBL) pada siswa kelas X IPS 4 MAN 1 Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan terhadap sampel 35 siswa dengan teknik pengumpulan data berupa tes. Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan rata-rata nilai kemampuan berpikir kreatif pada posttest diperoleh hasil sebesar 81,33 lebih besar daripada hasil pretest 32,00. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan perhitungan menggunakan uji N-Gain. Pada kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh hasil perhitungan rata-rata uji N-Gain sebesar 0,72 dan termasuk kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi trigonometri sesudah diterapkan model pembelajaran STEM-PjBL.

 

 


Full Text:

PDF

References


Agustina, D., Mugara, R., & Rohmalina. (2020). Pembelajaran STEAM pada Pembuatan Instalasi Penjernihan Air Menggunakan Botol Plastik Air Mineral untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(4), 323-328.

Ahmad, D. N., Astriani, M. M., & Alfahnum, M. (2020). Analisis mengukur kemampuan berpikir kritis melalui pembelajaran menggunakan metode STEAM-PjBL. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1), 331-336.

Asri, Nur. (2020). Penerapan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Berbasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.

Astuti, I. D., Toto, & Yulisma, L. (2019). Model Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Aktivitas Belajar Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 11(2), 93-98.

Bell, Stephanie. (2010). Project-Based Learning for The 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39-43.

Budiyono, A., Husna, H., & Wildani, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model PBL Terintegrasi STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau dari Pemahaman Konsep Siswa. Edusains, 12(2), 166-176.

Busnawir. (2018). Pengukuran Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika: Tinjauan Melalui Pembelajaran Berbasis Problem Solving dan Gaya Belajar. Penerbit Adab.

Efstratia, Douladeli. (2014). Experiential Education Through Project Based Learning. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 152, 1256-1260.

Ismayani, Ani. (2016). Perbandingan Kemampuan Komunikasi dan Kreativitas Matematis Siswa SMK antara Siswa yang Belajar Menggunakan Project Based Learning melalui Pendekatan STEM Education dan Siswa yang Belajar Menggunakan Project-Based Learning melalui Pendekatan Handson Activity. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Jatisunda, M. G. & Nahdi, D. S. (2019). Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Trigonometri Dilihat dari Learning Obstacles. Jurnal Didactical Mathematics, 2(1), 9-16.

Kosasih, B. D. & Jaelani, A. (2020). Desain Pembelajaran Matematika Berbasis STEAM dalam Menunjang Kompetensi Siswa Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 102-107.

Noviyana, Hesti. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. e-DuMath: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).

Octaviyani, I., Kusumah, Y. S., & Hasanah, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Project-based Learning dengan Pendekatan STEM. Journal on Mathematics Education Research, 1(1), 10-14.

Salma, Fathimah. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) Terhadap Berpikir Kreatif Siswa Kelas X pada Materi Plantae. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. E., Rasmani, U. E. E., Hafidah, R., Pudyaningtyas, A. R., & Syamsuddin, M. M. (2020). STEAM Learning in Early Childhood Education: A Literature Review. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 4(1), 33-44.

Zubaidah, Siti. (2019). Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21 Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 1-19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by : 

Main Sambil Santai Jackpot Datang Pemain Ini Bongkar Trik Scatter Efektif

Modal Kecil Kemenangan Besar Scatter Ganda Membawa Puluhan Juta Dalam Sekejap

Modal Pas Pasa?n Tak Jadi Masalah Strategi Tepat Bikin Kemenangan Fantastis

Pengalaman Nyata Modal Mini Tembus Puluhan Juta Semua Berkat Timing Yang Tepat

Retrigger Bertubi Tubi Sensasi Menang Besar Tanpa Henti Di Mahjong Ways

Scatter Muncul Di Saat Tak Terduga Uang Mengalir Deras Dalam Hitungan Menit

Scatter Tak Henti Retrigger Jalan Halus Cerita Pemain Raih Kemenangan Fantastis

Turbo Off Aktif Jackpot Meluncur Cerita Nyata Pemain Yang Tidak Menyangka

Turbo Off Scatter Ganda Kombinasi Ampuh Raih Jackpot Di Tengah Malam

Member Asal Kalimantan Utara Salah Download Mustang Gold Malah Bunyi Jackpot Gak Berhenti

Nelayan Asal Bitung Baca Tutorial Extra Juicy Saat HP Nyala Sendiri Malah Jackpot Beruntun Rp 95 Juta

Orang Asal Manado Kepencet Anak Saat Main 5 Lions Megaways Malah Aplikasi Lag Justru Beruntung

Pemain Asal Kebumen Belajar Wild West Gold Dari YouTube Malah Bunyi Jackpot Gak Berhenti

Pemain Kupang Cek Notifikasi Big Bass Bonanza Malah Temukan RTP 100 Persen

Penjual Cilok Asal Singaraja Coba Coba Gems Bonanza Saat Coffee Break Malah Ketemu Bug Cahaya Profit 300 Juta

SPB Bandar Lampung Belajar Trik Mustang Gold Dari YouTube Sambil Jualan Malah Bonus Berkali Kali Rp 105 Juta

Tukang Jahit Jambi Modal 50 Ribu Main Prosperity Lion Malah Berubah Nasib 180 Derajat

Wanita Asal Sulawesi Tenggara Download Wild West Gold Megaways Malah HP Panas Saat Di Indomaret

Zara Tukang Jam Ngetes Pola Fortune Rabbit Malah HP Panas Saat Bongkar Algoritma

3 Player Palangkaraya Riset Google Double Fortune Malah Crack Sistem SPBU Profit 35 Juta

4 Player Banjar Lihat HP Satu Sama Lain Gates Of Olympus Malah Temukan Timing Scatter Bersamaan

4 Player Samarinda Baca Artikel Mahjong Panda Di Warung Kopi Malah Ketemu Bug Scatter Melimpah

5 Player Gresik Parkir Lama Main Prosperity Lion Malah Dapat Win Streak Profit 85 Juta

5 Player Semarang Lihat Iklan Lucky Neko Sore Hari Malah Dapat Maxwin Beruntun 500 Juta

10 Trik Mahjong Wins Yang Diklaim Pemain Malah Bikin Suara Coin Terus Berbunyi

Angel Digital Marketing Lihat Iklan Spirited Wonders Saat Ngantri Makan Malah Alarm Berbunyi Jadi Sultan Dadakan

Bryan Penjaga Toko Download Aplikasi Zeus Vs Hades Malah Game Freeze Tapi Bonus Terus Muncul

Khalid Petugas Farmasi Iseng Coba Double Fortune Saat Istirahat Malah Cahaya Muncul Bonus Terus

Mekanik Bengkel Liat TikTok Spirited Wonders Malah Nemu 7 Trik Hit Rate Extreme