PENGGUNAAN MEDIA VOKUSA DALAM PEMBELAJARAN VOLUME KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS LIMA SD

Amaliyah Mukmilah, Miftahul Khoiri

Abstract


Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar sangat dianjurkan terlebih lagi dalam kemampuan spasial, salah satunya dengan memanfaatkan media pembelajaran Vokusa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Vokusa terhadap hasil belajar siswa pada materi volume kubus dan balok di kelas lima SD Negeri Sumberejo Winongan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas lima SD Negeri Sumberejo Winongan sejumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kerja siswa individu dan kelompok. Lembar kerja tersebut dianalisis secara deskriptif dan dihitung rata-rata hasilnya. Hasil penelitian menunjukkan, penggunaan media Vokusa mampu meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 33%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Vokusa dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi volume kubus dan balok.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313-5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636

Anwar & Usa, S. La. (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Kubus Satuan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pokok Bahasan Volume Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6, 43-48.

Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063-1073.

Ikhtiarini, R. U., Utomo, S. W., Sulistyowati, N. W., & Timur, J. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa pada Materi Akuntansi Dasar. Tangible : Jurnal Akutansi Multiparadigma, 6(1), 102-110.

Mahmud, M. R. & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88

Meylinda, D. & Surya, E. (2017). Kemampuan Koneksi dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-12.

Ninawati, M., & Wahyuni, N. (2022). Pengaruh Model Artikulasi Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Rendah. Jurnal Educatio, 8(3), 893-898. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2433

Nurfadhillah, S., Marcelino, R., Hasanah, C., Hukmah, F., & Lestari, N. A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Berpenyebut Sama pada Kelas 3 SDIT Asdu. Pensa : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 200-212.

Nurhikmayati, I. (2017). Kesulitan Siswa Berpikir Abstrak Matematika dalam Pembelajaran Problem Posing Berkelompok. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 159-176.

Perdana, R. & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9-15.

Pinatih, K. A. M. P. & Wiarta, I. W. (2022). Media Pembelajaran Cerita Bergambar Berbasis Problem Solving pada Materi Volume Kubus dan Balok Muatan Pelajaran Matematika Kelas V. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 759-768.

Rachmantika, A. R. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 439-443.

Rahayu, S. & Hidayati, W. N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Bangun Ruang dan Bangun Datar pada Siswa Kelas V SDN Jomin Barat I Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 204-215.

Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Varidka, 33(1), 54-62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Rusydi, A., Yani, I., & Sagita, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa kelas VI SD pada Materi Volume Kubus dan Balok Menggunakan Alat Peraga Vokuba. Jurnal Pelangi, 8(1), 24-33.

Sunaengsih, C. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Mutu Pembelajaran pada Sekolah Dasar Terakreditasi A. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2), 183-190. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i2.4259

Taher, R. & Desyandri. (2022). Analisis Media Berbasis Digital dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 11464-11468.

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2).

Wulandari, A. N. & Jember, U. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Numerasi Kelas V Di SDN Pujer Baru. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bakti Indonesia Banyuwangi, 2(1), 18-17.

Zega, Y. K. (2022). Peran Guru PAK Memanfaatkan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. Jurnal Apokalupsis, 13(1), 70-92.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by : 

Main Sambil Santai Jackpot Datang Pemain Ini Bongkar Trik Scatter Efektif

Modal Kecil Kemenangan Besar Scatter Ganda Membawa Puluhan Juta Dalam Sekejap

Modal Pas Pasa?n Tak Jadi Masalah Strategi Tepat Bikin Kemenangan Fantastis

Pengalaman Nyata Modal Mini Tembus Puluhan Juta Semua Berkat Timing Yang Tepat

Retrigger Bertubi Tubi Sensasi Menang Besar Tanpa Henti Di Mahjong Ways

Scatter Muncul Di Saat Tak Terduga Uang Mengalir Deras Dalam Hitungan Menit

Scatter Tak Henti Retrigger Jalan Halus Cerita Pemain Raih Kemenangan Fantastis

Turbo Off Aktif Jackpot Meluncur Cerita Nyata Pemain Yang Tidak Menyangka

Turbo Off Scatter Ganda Kombinasi Ampuh Raih Jackpot Di Tengah Malam

Member Asal Kalimantan Utara Salah Download Mustang Gold Malah Bunyi Jackpot Gak Berhenti

Nelayan Asal Bitung Baca Tutorial Extra Juicy Saat HP Nyala Sendiri Malah Jackpot Beruntun Rp 95 Juta

Orang Asal Manado Kepencet Anak Saat Main 5 Lions Megaways Malah Aplikasi Lag Justru Beruntung

Pemain Asal Kebumen Belajar Wild West Gold Dari YouTube Malah Bunyi Jackpot Gak Berhenti

Pemain Kupang Cek Notifikasi Big Bass Bonanza Malah Temukan RTP 100 Persen

Penjual Cilok Asal Singaraja Coba Coba Gems Bonanza Saat Coffee Break Malah Ketemu Bug Cahaya Profit 300 Juta

SPB Bandar Lampung Belajar Trik Mustang Gold Dari YouTube Sambil Jualan Malah Bonus Berkali Kali Rp 105 Juta

Tukang Jahit Jambi Modal 50 Ribu Main Prosperity Lion Malah Berubah Nasib 180 Derajat

Wanita Asal Sulawesi Tenggara Download Wild West Gold Megaways Malah HP Panas Saat Di Indomaret

Zara Tukang Jam Ngetes Pola Fortune Rabbit Malah HP Panas Saat Bongkar Algoritma

3 Player Palangkaraya Riset Google Double Fortune Malah Crack Sistem SPBU Profit 35 Juta

4 Player Banjar Lihat HP Satu Sama Lain Gates Of Olympus Malah Temukan Timing Scatter Bersamaan

4 Player Samarinda Baca Artikel Mahjong Panda Di Warung Kopi Malah Ketemu Bug Scatter Melimpah

5 Player Gresik Parkir Lama Main Prosperity Lion Malah Dapat Win Streak Profit 85 Juta

5 Player Semarang Lihat Iklan Lucky Neko Sore Hari Malah Dapat Maxwin Beruntun 500 Juta

10 Trik Mahjong Wins Yang Diklaim Pemain Malah Bikin Suara Coin Terus Berbunyi

Angel Digital Marketing Lihat Iklan Spirited Wonders Saat Ngantri Makan Malah Alarm Berbunyi Jadi Sultan Dadakan

Bryan Penjaga Toko Download Aplikasi Zeus Vs Hades Malah Game Freeze Tapi Bonus Terus Muncul

Khalid Petugas Farmasi Iseng Coba Double Fortune Saat Istirahat Malah Cahaya Muncul Bonus Terus

Mekanik Bengkel Liat TikTok Spirited Wonders Malah Nemu 7 Trik Hit Rate Extreme