PENGARUH PENDEKATAN SOMATIK, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Kodri Madang, Lucia Maria Santoso, Wita Permitasari Pasela

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan somatik, auditori, visual, dan intelektual (SAVI) berbantuan media animasi terhadap hasil belajar pada materi sistem respirasi kelas XI SMA Negeri 6 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode Kuasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design di SMA Negeri 6 Palembang (Sumatera Selatan, Indonesia) tahun akademik 2015/2016. Variabel bebas dari penelitian ini adalah media animasi dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar peserta didik. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang dengan sampel 2 kelas XI IPA. Data yang dihasilkan adalah hasil belajar peserta didik dengan instrumen berupa tes tertulis (pretes dan postes). Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes untuk hasil belajar dan lembar observasi kegiatan peserta didik dan guru. Data nilai hasil belajar dan observasi kegiatan peserta didik dan guru adalah data pendukung dalam penelitian ini. Data dianalisis dengan menggunakan uji Levene, uji Shapiro-Wilk, uji Mann-Whitney dan uji t bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap nilai ngain hasil belajar peserta didik (signifikansi 0,001 < a 0,05) dan termasuk kategori ngain sedang. Hal tersebut berarti pendekatan SAVI berbantuan media animasi berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Palembang pada materi sistem respirasi.

 

This objective study was to determine the effect of somatic, auditory, visual, and intellectual (SAVI) approach with the support of animation media on learners’ outcomes at the respiratory system materials of class XI SMA Negeri 6 Palembang. The study used Nonequivalent Control Group Design of Quasi Experiment method at SMA Negeri 6 Palembang (South Sumatra, Indonesia) academic year 2015/2016. The independent variable of this study was animation media, while the dependent variable was learners’ outcomes. The population of this study were students of class XI of science at SMA Negeri 6 Palembang with two class samples. The generated data were learners’ outcomes by the written tests (pretest and posttest). The data collection methods were conducted by the test of learners’ outcomes and the observation sheet activities of the leaners and the teachers. The collected data were supporting data in this study. The data were analyzed by Levene test, Shapiro-Wilk test, Mann-Whitney test, and independent t-test. The results showed that there were significant differences on the value ngain of learners’ outcomes (sig. 0,001 < a 0,05) and included in ngain medium category. Those meant the SAVI approach with the support of animation media had the effect on learners’ outcomes at the respiratory system materials of class XI SMA Negeri 6 Palembang.


Keywords


hasil belajar; media animasi; pendekatan SAVI; learners' outcomes; animation media; SAVI approach

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Model Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Cimer, A. (2012). What Make Biology Learning Difficult and Effective: Students’ Views. Educational Research and Reviews, 7 (3), 61-71.

Daryanto. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

De Porter, B. & Hernacki M. (2005). Quantum Learning, Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. (Terjemahan Alwiya Abdurrahman). Bandung: Kaifa.

Djamarah, B. & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Meier, D. (2002). The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. (Terjemahan Rahmani Asuti). Bandung: Kaifa.

Meltzer, D.E. (2002). The Realationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: a Possible “Hidden Variabel” in Diagnostic Pretest Scores. American Journal of Physics, 70 (12), 1259-1268.

Mustikasari, I., Utami N.R. & Supriyanto. (2012). Efektivitas Pemanfaatan Macromedia flash dengan Pendekatan SAVI Materi Sel di SMA 1 Kajen. Unnes Journal of Biology Education, 1 (2), 8-13.

Nurkancana, W. (1989). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Rahmadini, R.S. (2014). Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Ekskresi di SMP Negeri 1 Palembang. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Sriwijaya.

Roika, E. (2009). Pengaruh Penerapan Pendekatan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) dalam Pembelajaran Biologi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 9 Palembang. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Sriwijaya.

Rusminiati, R. (2007). Metode Pendekatan Siswa. Bandung: Penerbit Tarsito.

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v1i1.964

Copyright (c) 2018 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

       


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.