KONTRIBUSI PENGELOLAAN FASILITAS TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN SISWA di SMK SWASTA KECAMATAN CIBINONG KABUPATEN BOGOR

Helina Apriyani

Abstract


Penelitian ini berjudul : “Kontribusi Pengelolaan Fasilitas Terhadap Mutu Pembelajaran Siswa di SMK Swasta Wilayah Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor (Studi deskriptif analitik tentang perencanaan, penggunaan dan pengawasan fasilitas)”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket tertutup. Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah 52 orang guru. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik: analisis koefisien korelasi, signifikasi korelasi, koefisien determinasi dan koefisien regresi. Pengelolaan fasilitas mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap mutu pembelajaran siswa. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0.76. Apabila dikonsultasikan dengan tabel batas nilai korelasi, angka tersebut berkategori “kuat”, yaitu terletak pada rentang 0.66-0.79. Dari hasil perhitungan uji signifikansi, thitung (6.249) ttabel (2,021), artinya signifikan. Koefisien Determinasi (KD) menunjukan bahwa pengelolaan fasilitas terhadap mutu pembelajaran siswa sebesar 58.98%, sedangkan sisanya dipengaruhi dari faktor lain seperti kompetensi guru, kurikulum dan sebagainya.

Keywords


pengelolaan fasilitas; mutu pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2006). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Kurikulum SMK Edisi 2004. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Pedoman Analisis Kebutuhan Sarana Pendidikan SMK. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Menengah Kejuruan.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Penyelenggaraan Persekolahan Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). UU SISDIKNAS No.20 Tahun 2003 . Surabaya: Karina.

Hadeli.(2006). Metode Penelitian Kependidikan. Jakarta: Quantum Teaching.

Sudjana, Nana. (2006). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Sururi dan Nugraha Suharto. (2007). Belajar SPSS Untuk Mengelola Data Penelitian. Bandung: Dewa Ruchi.




DOI: https://doi.org/10.32502/amp.v1i1.1047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Administration of education , Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : admanpen@gmail.com

Indexed by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web Analytics Made Easy - StatCounter