PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN AIR KUMBANG KABUPATEN BANYUASIN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pelaksanaan supervisi kepala sekolah SD Negeri sekecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin; (2) kinerja guru SD Negeri sekecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin; dan (3) pengaruh pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Negeri sekecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini merupakan penelitian “ex post facto”. Subyek penelitian ini adalah para guru SD Negeri sekecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin yang berjumlah 74 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskiptif kuantitatif. Selanjutnya penyajian data menggunakan teknik tabulasi atau persentase jawaban dari keseluruhan responden. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pelaksanaan supervisi kepala sekolah yang mencakup persiapan mengajar, penggunaan metode dan instrumen, dan penentuan prosedur evaluasi dan pemanfaat hasil evaluasi tingkat ketepatannya dalam kategori “baik”; (2) Kinerja guru yang mencakup penyusunan RPP, membuka pembelajaran, proses pembelajaran, penutupan pembelajaran, evaluasi hasil proses belajar, dan evaluasi pembelajaran tingkat ketepatannya dalam kategori “baik”; dan (3) pelaksanaan supervisi kepala sekolah memberikan sumbangan efektif sebesar 79% terhadap kinerja guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Burhanuddin, Yusak. (2005). Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Burhanuddin, Yusak. (1998). Administrasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Cece Wijaya. (1999). Kemampuan Dasar dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
E. Mulyasa. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ekosusilo. (2003). Administrasi & Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moh Uzer Usman. (2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
PERMENDIKNAS No 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah.
PERMENDIKNAS No 16 Tahun 2008 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Purwanto. (2008). Administrasi & Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sahertian. (2000). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Era Otonomi Pendidikan. Malang.
Sugiyono. (1993). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi A. (2005). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Suparlan. (2006). Guru sebagai profesi. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Tulus. (2002). Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.32502/amp.v1i2.1573
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Administration of education , Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.
Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia
Email : admanpen@gmail.com
Indexed by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.