MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE TANYA JAWAB PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

Elvina Asrianti, Herman Seri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah partisipasi belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode tanya jawab. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas 11 jurusan Pendidikan Bisnis, SMK Muhammadiyah 2 Palembang, tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan penelitian ini termasuk kualitatif, yaitu metode yang analisisnya bersifat narasi, tidak menggunakan analisis statistik seperti pada pendekatan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi belajar peserta didik setelah guru menerapkan metode tanya jawab, hal ini dapat dilihat setelah membandingkan partisipasi peserta didik pada siklus pertama dan siklus kedua. Kesimpulan dari penelitian ini adalah partisipasi belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode tanya jawab. Oleh karena itu, peneliti menyarankan kepada para guru supaya memahami dan menerapkan berbagai metode mengajar salah satunya metode tanya jawab sehingga dapat meningkatkan partisipasi  peserta didik dalam proses pembelajaran.


Keywords


partisipasi belajar; metode tanya jawab; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Abu, Ahmadi dan Prasetyo. (2005). SGM Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

A. M. Sadirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Arikunto, Suharsimi; Suharjono dan Supardi (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dradjat, Zakiah. (2004). Metode Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendro (2010). Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Majid, Abdul. (2008). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosda Karya.

Mulyasa (2010). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Parwat dkk (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali.

Rusman (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, W (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina dan Budimanjaya, Andi (2017). Paradigma Baru Mengajar. Jakarta: Kencana.

Uno, Hamzah B dan Mohammad, Nurdin (2017). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Basyiruddin. (2002). Metodologi Pembelajan Agama Islam. Jakarta Selatan: Ciputat Press.

Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Wahab, Abdul Aziz (2009). Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.32502/amp.v1i2.1683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Administration of education , Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : admanpen@gmail.com

Indexed by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web Analytics Made Easy - StatCounter