DINAMIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM DITINJAU DARI DIMENSI MANUSIA DAN KEARIFAN LOKAL
Abstract
Paper ini berupaya menelaah tentang dinamika pengembangan kurikulum yang ditinjau dari dimensi manusia dan kearifan local. Kurikulum merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan pendidikan, sekaligus digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran pada semua jenis dan jenjang pendidikan. Adapun pendidikan tentu tidaklah berorientasi pada masa lalu akan tetapi berorientasi pada masa sekarang dan pada masa yang akan datang, sehingga dengan itu kita bisa membuat kesimpulan bahwa kurikulumpun harus dibuat berdasarkan relevansi tersebut. Karena manusia adalah makhluk yang dinamis maka relevansi tersebutpun terus berkembang seiring dengan perubahan yang terjadi pada masyarakat. Hal ini menyebabkan kurikulumpun harus menyesuaikan. Penyesuaian tersebut dilakukan melalui pengembangan-pengembangan yang dilakukan oleh seluruh pihak yang terlibat di dalam proses pendidikan. Metodologi yang digunakan dalam jurnal ini adalah literatur review. Dengan mengumpulkan data maupun sumber yang berhubungan dengan dinamika pengembangan kurikulum ditinjau dari dimensi manusia dan kearifan lokal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbasialiya, A. (2010). The Concept of Leadership. http://expertscolumn.com/content/concept-leadership
Amanchukwu, Rose Ngozi,Stanley, Gloria Jones, Ololube,
Nwachukwu Prince. (2015). A Review of Leadership Theories, Principles and Styles and Their Relevance to Educational Management, Management 2015, 5(1): 6-14
Bass, B., & Bass, R. (2008). The Bass Handbook of Leadership: Theory, Research and Managerial Application. New York: Simon & Schuster
Boulding, K. (1956). The Image: Knowledge in Life and Society. Ann Arbor, MI: University of Michigan Press
Ivancevich, Konopaske, and Matteson.(2008)Organizational Behavior and Management.New York: McGraw-Hill International
Jenkins, T. (2013). Reflections on Kenneth E. Boulding’s The Image: Glimpsing the Roots of Peace Education Pedagogy. Journal of Peace Education and Social justice, 7(1), 27-37.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Permendikbud No. 79 Tahun2014 tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013. Jakarta.
Lamb, L. F., & mCkEE, K. B. (2004). Applied Public Relations: Cases in Stakeholer Management. Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Routledge
Lamb, R. (2013). How can Managers Use Participative Leadership Effectively? from http://www.task.fm/participative-leadership
Northouse, G. (2007). Leadership Theory and Practice (3rd ed).Thousand Oak: Sage Publication
Olim, A., dkk. (2007). Teori Antropologi Pendidikan. Dalam Jurnal Ilmu Pendidikan Teoritis. Hal 253-283
Oliva, Peter F & Gordon II, William. (2013). Developing the Curriculum(Eighth ed.). USA: Pearson.
Ololube, N. P. (2013). Educational Management, Planning and Supervision: Model for Effective Implementation. Owerri: SpringField Publishers
Rowe, W. G. (2007). Cases in Leadership. Thousand Oaks, CA: Sage Publications
Sukmadinata, N. S. (2014). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya
Zais, Robert S. (1976). Curriculum principles and foundations. New York: Harpen &Rows.
DOI: https://doi.org/10.32502/amp.v3i2.3053
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Administration of education , Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.
Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia
Email : admanpen@gmail.com
Indexed by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.