PENGARUH KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 LUBUKLINGGAU

Shella Monica, Hadiwinarto Hadiwinarto

Abstract


Berdasarkan pengamatan masih ada diantara siswa-siswi di Sekolah Menengah Kejuruan  yang masih belum memiliki keaktifan Belajar yang tinggi, proses pembelajaran yang di terapkan guru keterampilan membuka dan menutup pembelajaran masih kurang tepat. Saat membuka pembelajaran guru langsung saja masuk pada kegiatan inti pelajaran. Sehingga masih ada siswa yang sibuk mengobrol dengan teman sebangkunya, bermain handphone, dan mengantuk. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Lubuklinggau. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa di Sekolah Menengah Kejuruan  sebanyak 480 orang. Metode yang di gunakan adalah dengan metode korelasi. Analisis data yang digunakan adalah uji signifikan (uji t). Berdasarkan analisis peneliti, hasil penguji hipotesis menunjukkan bahwa variabel Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap Keaktifan Belajar Siswa, hal ini ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi Rhitung 0,382 dengan koefisien determinasi atau disebut KP (korelation pearsion) yaitu 14,6%. Berdasarkan (uji t) di dapat t hitung > ttabel (4.491 > 0.1793). Sehingga dapat disimpulkan Bahwa ada Pengaruh Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan.


Keywords


Membuka, Menutup Pembelajaran, Keaktifan Belajar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rinika Cipta

Darmadi. (2009). Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta

Djamarah. (2011).Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2009. Pendekatan Baru Strategi Belajar-Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Husdarta. (2013). Belajar dan Pembelajaran pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta

Kunandar. (2011). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persara

Mulyasa. (2013). Menjadi Guru Frofesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja RosdaKarya

Muhibbin. (2010). Psikolog Pendidikan dengan pendekatan Baru. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya

Rusman. (2009). Model-model pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Senjaya. W. (2010). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Solihatin, E. (2014). Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: Bumi Aksara

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosd ikarya

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Undang-undang Republik Indonesia Tahun. (1945) tentang Pendidikan Nasional. Sisdiknas. 2003. Jakarta. Sinar Grafika

Usman. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.32502/amp.v3i2.3054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Administration of education , Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : admanpen@gmail.com

Indexed by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web Analytics Made Easy - StatCounter