PENGARUH KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 LUBUKLINGGAU
Abstract
Berdasarkan pengamatan masih ada diantara siswa-siswi di Sekolah Menengah Kejuruan yang masih belum memiliki keaktifan Belajar yang tinggi, proses pembelajaran yang di terapkan guru keterampilan membuka dan menutup pembelajaran masih kurang tepat. Saat membuka pembelajaran guru langsung saja masuk pada kegiatan inti pelajaran. Sehingga masih ada siswa yang sibuk mengobrol dengan teman sebangkunya, bermain handphone, dan mengantuk. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Lubuklinggau. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa di Sekolah Menengah Kejuruan sebanyak 480 orang. Metode yang di gunakan adalah dengan metode korelasi. Analisis data yang digunakan adalah uji signifikan (uji t). Berdasarkan analisis peneliti, hasil penguji hipotesis menunjukkan bahwa variabel Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap Keaktifan Belajar Siswa, hal ini ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi Rhitung 0,382 dengan koefisien determinasi atau disebut KP (korelation pearsion) yaitu 14,6%. Berdasarkan (uji t) di dapat t hitung > ttabel (4.491 > 0.1793). Sehingga dapat disimpulkan Bahwa ada Pengaruh Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rinika Cipta
Darmadi. (2009). Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta
Djamarah. (2011).Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2009. Pendekatan Baru Strategi Belajar-Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Husdarta. (2013). Belajar dan Pembelajaran pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta
Kunandar. (2011). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persara
Mulyasa. (2013). Menjadi Guru Frofesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja RosdaKarya
Muhibbin. (2010). Psikolog Pendidikan dengan pendekatan Baru. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya
Rusman. (2009). Model-model pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Senjaya. W. (2010). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Solihatin, E. (2014). Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: Bumi Aksara
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosd ikarya
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Undang-undang Republik Indonesia Tahun. (1945) tentang Pendidikan Nasional. Sisdiknas. 2003. Jakarta. Sinar Grafika
Usman. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.32502/amp.v3i2.3054
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Administration of education , Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.
Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia
Email : admanpen@gmail.com
Indexed by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.