EVALUASI PENERAPAN PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN E-LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA TINGKAT PERGURUAN TINGGI

Sheren Dwi Oktaria, Hadiwinarto Hadiwinarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai kesiapan pengetahuan tentang pembelajaran online dengan pemanfaatan e-learning, kesiapan mahasiwa dan penunjang dalam penggunaan e-learning, proses penggunaan e-learning pada proses pembelajaran, faktor-faktor yang menghambat penggunaan e-learning pada proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif evaluatif dengan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Sampel penelitian ini diambil dengan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukan kesiapan pengetahuan tentang e-learning mahasiswa yang rendah, kesiapan dalam penggunaan TIK yang baik akan tetapi ada beberapa kendala dalam kegaiatan pembelajaran online seperti fasilitas sinyal internet, proses penggunaan e-learning belum optimal; terdapat faktor-faktor yang menjadi menghambat pembelajaran online dengan menggunakan e-learning pada proses pembelajaran terdiri dari 4 faktor yaitu: kesiapan pengetahuan tentang e- learning yang rendah, informasi tentang pembelajaran online dengan e-learning yang kurang, kurangnya sosialisasi penggunaan e-learning, dan kurangnya pengetahuan penggunaan fitur- fitur e-learning; dan penggunaan e-learning pada poses pembelajaran di perguruan tinggi Bengkulu belum tercapai.

Keywords


evaluasi; pembelajaran online; e-learning; CIPP

Full Text:

PDF

References


Arkorful, V., & Abaidoo, N. (2014). The role of e-learning, the advantages and disadvantages of its adoption in Higher Education. International Journal of Education and Research. 2 (12).

Cuthell, J.P. (2002). Virtual learning: the impact of ict on the way young people work and learn. Singapore: Ashgate Publishing Co.

Goyal, S. (2012). E-learningg: Future of Education, Journal of Education and Learning..6 (2): 239-242.

Jethro, O. O, Grace, A. M, & Thomas, A. K. (2012). E-learning and Its Effects on Teaching and Learning in a Global Age.International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. 2, (1): 2222-6990

Pande, D., Wadha, V. M., & Thakare, V. M. (2016). E-learning System and Higher Education. International Journal of Computer Science and Mobile Computing. 5 (2): 274-280.

Klopfer, E., Osterweil, S., Groff, J., & Haas, J. (2009). The Instructional Power Of Digital Games, Social Networking Simulations, And How Teachers Can Leverage Them. Retrieved from Http://Education.Mit.Edu/WpContent/Uploads/2015/01/Gamessimssocnets_ Edarcade.Pdf.

Surjono, H. D. (2013). Membangun Course Elearning dengan Moodle. Yogyakarta: UNY Press.

Weller, M. (2002). Delivering learning on the net: The why, what & how of on line education. London: Kogan Page.




DOI: https://doi.org/10.32502/amp.v3i2.3055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Administration of education , Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : admanpen@gmail.com

Indexed by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web Analytics Made Easy - StatCounter