KEMAMPUAN GURU DALAM MERANCANG PENILAIAN PEMBELAJARAN PAUD DI GUGUS MENGKUDU BENGKULU TENGAH

Mimpira Haryono, Hadiwinarto Hadiwinarto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam merancang penilaian pembelajaran PAUD di Gugus Mengkudu Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah, untuk mendeskripsikan kendala apa saja yang dihadapi oleh guru dalam merancang penilaian pembelajaran PAUD di Gugus Mengkudu Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang memiliki makna mendeskripsikan suatu penelitian yang sedang dilaksanakan. Subjek utama dalam penelitian ini adalah guru PAUD yang mengajar di kelompok B pada pada Gugus Mengkudu Kabupaten Benteng yang berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan penekananya pada usaha menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian melalui cara berfikir formal argumentatif. Simpulan penelitian bahwa kemampuan guru dalam merancang penilaian pembelajaran PAUD di Gugus Mengkudu Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah telah dilaksanakan namun belum mampu secara maksimal secara rutin dan berkesinambungan.

Keywords


Kemampuan guru; Merancang penilaian pembelajaran PAUD

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2002). Prosedur Suatu Penelitian Pendekatan Praktek Edisi Revisi Kelima. Jkarta: Rineka Cipta.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Wijaya, Cece. (2010). Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya. Direktorat

PAUD. (2015) Buku Pedoman Penilaian Hasil Pembelajaran PAUD

Imron. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Jaya.

Kunandar, 2008. Guru Profesional Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Grafindo Persada.

Kurikulum. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Mulyasa (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Suparlan. (2008). Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hidayat.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

-----------, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suyadi, 2014. Manajemen PAUD TPA-KB-TK/RA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.




DOI: https://doi.org/10.32502/amp.v3i2.3056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Administration of education , Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : admanpen@gmail.com

Indexed by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web Analytics Made Easy - StatCounter