KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI

Koko Adya Winata, Qiqi Yuliati Zaqiah, Supiana Supiana, Helmawati Helmawati

Abstract


Proses pembelajaran harus tetap dilaksanakan kepada seluruh peserta didik sekalipun dalam situasi wabah pandemi. Pendidikan merupakan kunci utama dalam menyiapkan sumber daya manusia unggul untuk dapat bersaing di tingkat global. Pandemi covid 19 telah mengubah tatanan pendidikan dari semula tatap muka langsung di kelas menjadi proses pembelajaran dengan sistem belajar dari rumah (BDR). Pembelajaran di masa pandemi mengharuskan setiap pendidik, pemerhati pendidikan dan instansi terkait dengan pendidikan untuk merumuskan model dan metode pembelajaran yang tepat agar proses kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang kebijakan pendidikan di masa pandemi. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data diperoleh dari studi dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pendidikan di masa pandemi dapat dilaksanakan dengan menggunakan; 1) metode pembelajaran daring, 2) metode pembelajaran luring.

Keywords


kebijakan; pendidikan; masa pandemi

Full Text:

PDF

References


Agung Tri Wibowo, Isa Akhlis, Sunyoto Eko Nugroho. (2014). Pengembangan LMS (Learning Management System) Berbasis Web untuk Mengukur Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa, Scientific Journal of Informatics. 1 (2): 127-137.

Arwildayanto, Arifin, Warni. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan Kajian Teoretis, Eksploratif, dan Aplikatif. Bandung: Cendekia Press.

Datuk, A. (2020). Sistem Zonasi Sebagai Solusi Bagi Orang Tua untuk Mendapatkan Pendidikan Anak yang Bermutu di Kota Kupang. Attractive: Innovative Education Journal. 2 (2): 20-33.

Edi Ismanto, Melly Novalia, Pratama Benny Herlandy, (2017), Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru SMA Negeri 2 Kota Pekanbaru. Jurnal untuk Mu Negeri. 1 (1): 42-47.

Fajrussalam, H., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Spotlight and Criticism of Islamic Religious Education in Schools. Bulletin of Science Education. 1 (1): 91-96.

Herni Ari Subekti, Nubaiti, Masilawati, Happy Fitria, (2020), Pemanfaatan Video Conference Sebagai Media Permbelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Produktif di Sekolah Menengah Kejuruan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. 10 Januari 2020: 427-437.

Imanuddin, N. (2020). Model Pembelajaran Cooperative Script Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Materi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan. Attractive: Innovative Education Journal. 1 (2): 26-42.

I Wayan Cong Sujana. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia, Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar. 4 (1): 29-39.

Ilyasa, F., Rahmayanti, H., Muzani, M., Ichsan, I. Z., & Suhono, S. (2020). Environmental education for prevent disaster: a survey of students knowledge in beginning new normal of COVID-19. International Journal on Advanced Science, Education, and Religion. 3 (2): 1-8.

Khadijah, I. (2021). The Competency of Science Teachers in Implementation of Online Learning In Covid-19 Pandemic Period at SMPN 2 Kramatwatu Serang. Bulletin of Science Education, 1 (1), 60-67.

Mahmudah, M., Kapi, M. B., & Muslimah, M. (2021). Parental Participation-Based Portfolio Assessment during Covid-19 Pandemic. Bulletin of Science Education. 1 (1): 1-6.

Mujianto Solichin. (2015). Implementasi Kebijakan pendidikan dan peran birokrasi, Religi. Jurnal Studi Islam. 6 (2): 148-178.

Mispani, M., & Jannah, S. R. (2021). The Influence of Discipline and Performance of Teachers’ Akidah Akhlak on Student Achievement in Madrasah Aliyah. Bulletin of Pedagogical Research: 1 (1): 46-53.

Nurina, A. I., & Khamid, A. (2021). Parenting for Mother's Careers for Children during Covid-19 in Islamic Education. Bulletin of Science Education. 1 (1): 76-82.

Noeng Muhadjir. (2010). Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial. Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Raka Sarasin.

Oktafia Ika Handarini. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). 8 (3): 496-503.

Ponidi, P., Waziana, W., Kristina, M., & Gumanti, M. (2020). Model of Utilizing Discovery Learning to Improve Mathematical Learning Achievements. Attractive: Innovative Education Journal. 2 (1): 41-48.

Rina Tri Handayani, Dewi Arradini, Aquartuti Tri Darmayanti, Aris Widiyanto, Joko Tri Atmojo, (2020). Pandemi Covid-19, Respon Imun Tubuh, dan Herd Immunity. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal. 10 (3): 373- 380.

Rizqon Halal Syah Aji. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran, SALAM. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i. 7 (5): 395-402.

Rizky Dezricha Fannie, Rohati. (2014). Pengembangan Lembar kerja siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada Materi Program Linear Kelas XII SMA, Jurnal Sainmatika. 8 (1).

Said, A., & Muslimah, M. (2021). Evaluation of Learning Outcomes of Moral Faith Subjects during Covid-19 Pandemic at MIN East Kotawaringin. Bulletin of Science Education. 1 (1): 7-15.

Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran corona Virus Desease (Covid-19).

Rahimah, R., Juriah, N., Karimah, N., Hilmatunnisa, H., & Sandra, T. (2020). The Problems and Solutions for Learning Activities during Covid-19 Pandemic Disruption in Hidayatul Insan Pondok School. Bulletin of Community Engagement. 1 (1): 13-20.

Surani, D., & Hamidah, H. (2020). Students Perceptions in Online Class Learning During the Covid-19 Pandemic. International Journal on Advanced Science, Education, and Religion. 3 (3). 83-95.

Taufiqurakhman. (2014). Kebijakan Publik Pendelegasian Tanggungjawab Negara Kepada Presiden Selaku Penyelenggara pemerintahan. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Moestopo Beragama (Pers).

Taofik, Muhammad. (2017). Perancangan Learning Management System menggunakan Konsep Computer Supported Collaborative Learing. Jurnal Produktif. 1: 35-63.

Tajuddin, Noor. (2018), Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003. Jurnal Pendidikan Islam Unsika: 124-144.

Tilaar, H.A.R dan Riant Nugroho. (2010). Kebijakan Pedidikan, Jakarta: Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.32502/amp.v4i1.3338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Administration of education , Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : admanpen@gmail.com

Indexed by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web Analytics Made Easy - StatCounter