MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM MENGEMBANGKAN MINAT DAN BAKAT DI SMK NEGERI 1 KEBUMEN

Jaenullah Jaenullah, Sudadi Sudadi, Yusron Masduki, Rafita Purnama Sari

Abstract


Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Minat dan Bakat di SMK Negeri 1 Kebumen. Kajiannya dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti tentang pengelolaan ekstrakurikuler di sekolah tersebut yang terdapat beberapa bidang ekstrakurikuler aktif dan sering meraih prestasi. Dalam hal ini, tentu manajemen kegiatan ekstrakurikuler berjalan efektif karena sekolah ini sangat fokus dalam pembinaannya. Studi ini dibuat untuk menjawab pertanyaan: Pertama, Bagaimana manajemen perencanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam mengembangkan minat dan bakat di SMK Negeri 1 Kebumen? Kedua, Bagaimana manajemen pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat di SMK Negeri 1 Kebumen? Ketiga, Bagaimana manajemen evaluasi kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat di SMK Negeri 1 Kebumen? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kebumen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret implementasi pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler dalam mengembangkan minat dan bakat. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Seluruh data dianalisis dengan alur reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Minat dan Bakat di SMK Negeri 1 Kebumen. Kajian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Dalam aspek perencanaan, seluruh pihak yang terlibat dalam bidang ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Kebumen mampu merencanakan tugasnya dengan baik, diantaranya memuat tujuan program yang jelas, rencana kerja yang teratur, pembinaan yang optimal. Kedua, Dalam aspek pelaksanaan, SMK Negeri 1 Kebumen memuat susunan organisasi, pembagian tugas, sarana dan prasarana, dan sumber dana, demikian itu telah diatur dengan baik sesuai dengan program kerja yang telah disusun sebelumnya. Ketiga, Sedangkan dalam aspek evaluasi dilakukan dimulai dari tingkat evaluasi pembina dalam bentuk tertulis dan praktik, serta evaluasi secara menyeluruh baik dalam hal teknis maupun pelaksanaan oleh waka kesiswaan berkoodinasi dengan kepala sekolah secara langsung.

Keywords


manajemen ekstrakurikuler; pengembangan minat & bakat

Full Text:

PDF

References


Agustini. (2013). Pengelolaan dan Unsur-unsur Manajemen. Jakarta: Citra Pustaka.

Ali, Mohammad dan Muhammad Asrori. (2014). Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asnawan, A. (2021). Enhancement Integrated Quality Management in Islamic Education Institutions. Bulletin of Science Education. 1 (1): 42-49.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatimah, Enung. (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung: Pustaka Setia.

Hasibuan, Malayu S.P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahan. Bandung: Bumi Aksara.

Herawati, S., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Manajemen Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran. Attractive: Innovative Education Journal. 2 (3): 21-28.

Istiqomah, Dewi. (2019). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Pengembangan Minat dan Bakat Peserta Didik di MTs Al-Istiqomah Giri Mulyo Marga Sekampung Lampung Timur. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.

Mujahidin, Endin. (2005). Pesantren Kilat Alternatif Pendidikan Agama Luar Sekolah. Jakarta: Pustaka al-Kaustar.

Munandar, Utami. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Muslimin, E., Fajrussalam, H., Syah, M., & Erihadiana, M. (2021). The Implementation of Educational Facilities and Infrastructure Management in Supporting Learning Process during Pandemic Covid-19 (Study at SMA Plus As-Salaam Bandung). Bulletin of Science Education. 1 (2): 116-123.

Suryani, P. (2017). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Binangun dan SMA Negeri 1 Binangun Kabupaten Cilacap. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, Purwokerto.




DOI: https://doi.org/10.32502/amp.v4i1.3340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Administration of education , Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : admanpen@gmail.com

Indexed by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web Analytics Made Easy - StatCounter