PERKEMBANGAN PESANTREN ALARIFIAH PUTRA SUKARAJA GARUT (ANALISIS SWOT)

Jafar Amirudin, Nurwadjah Nurwadjah, Andewi Suhartini

Abstract


Pondok pesantren merupakan tempat tinggal santri yang memiliki tujuan mempelajari dan mendalami ilmu Agama. Pondok pesantren bisa disebut sebagai sentral keilmuan agama, dimana terkumpulnya seluruh ilmu Fan Agama. Oleh karena itu pesantren merupakan cikal bakal pendidikan Islam di Indonesia dengan segala kelebihan dan kekurangnnya. Bahkan ada pesantren yang sudah berdiri puluhan taun bahkan ratusan tahun tapi tiba-tiba tidak eksis lagi karena terkalahkan dengan pesantren modern yang lebih segar dengan adanya pendidikan formal/sekolah. Begitupun pesantren al-arifiah putra sukaraja garut bisa bertahan dan eksis sampai saat ini karena ada sesuatu yang dipertahankan oleh sang kyai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan analsisi SWOT, karena ingin menggambarkan bagaimana pesantren ini mampu terus eksis. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pesantren al-arifiah putra sukaraja garut mampu bertahan karena diantaranya faktor kyai.

Keywords


pesantren; kyai; SWOT

Full Text:

PDF

References


Amri, S., Jauhari, A., & Elisah, T. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Bruinessen, M. V. (1995). Kitab Kuning; Pesantren dan Tarekat. Bandung: Mizan.

Dhofier, Z. (2015). Tradisi Pesantren (9 ed.). Jakarta: LP3ES.

Hamid, I. A. (1968). Dirasat fi Al-Furuq wa al-'Aqoid Al-Islamiyyah. Baghdad: Tnp.

Mujtahid, U., & Saleh, F. (2009). Fiqih Pendidikan Anak. Jakarta: Qisthi Press.

Muri'ah, S. (2011). Nilai-nilai Pendidikan Islam dan Wanita Karir. Semarang: Team Rasail Media Group.

Muslih, I. (2012). Mendidik Dengan Islam. Jawa Tengah: Inas Media.

Mustajab, D. (2007). Membangun Pendidikan Pesantren Berbasis Sains dan Teknologi: Pencarian Eksistensi Pesantren di Era Globalisasi. Draf buku yang akan di terbitkan.

Mutohar, A., & Anam, N. (2013). Manifesto Modernisasi Pendidikan Islam dan Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

RI, D. A. (2007). Profil Madrasah Aliyah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Madrasah, Diektorat Jenderal Pendidikan Islam, Departemen Agama RI.

Saamani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Posdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (22 ed.). Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Alfabeta.

Siyono, S. (2021). Multicultural Education at Pesantren (The Study of API ASRI Islamic Boarding School at Tegalrejo Magelang). Bulletin of Science Education. 1 (1): 83-90.

Tafsir, A. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Posda Karya.

Umam, W. (2020). Kepemimpinan Kiai dalam Mengembangkan Pondok Pesantren. Attractive: Innovative Education Journal. 2 (3): 61-69.

Ulum, S., Mispani, M., Jaenullah, J., & Thohir, M. (2021). The Public Perception of Islamic Education at Wali Songo Islamic Boarding School Sukajadi Village, Bumiratu Nuban District. Bulletin of Pedagogical Research. 1 (1): 187-197.

Yasmadi. (2005). Modernisasi Pesantren. Ciputat: Ciputat Press.

Zubaedi. (2007). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pesantren: Kontribusi Fiqih Sosial Kiai Sah Mahfudh dalam Perubahan Nilai-nilai Pesantren . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.32502/amp.v4i1.3341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Administration of education , Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : admanpen@gmail.com

Indexed by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web Analytics Made Easy - StatCounter