PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK INFORMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X OTKP DI SMK NEGERI 1 PALEMBANG

Nina Firsagita, M. Zalili Aziz, Rosmini Djohari

Abstract


Latar  belakang  dalam  penelitian  ini  masih  kurangnya  layanan  bimbingan  kelompok dengan menggunakan teknik informasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut Adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan  teknik informasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Palembang?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik informasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Palembang. Hipotesis Alternatif  Ha: “Ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik informasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Palembang”. Hipotesis Nihil Ho: “Tidak ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik informasi terhadap motivasi belajar siswa kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Palembang”. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 126 siswa dan sampel 15 siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Palembang, sampel diambil dengan menggunakan metode porposive sampling. Metode yang digunakan adalah metode korelasi kuantitatif . untuk menguji hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini digunakan statistic korelasi product moment dilanjutkan dengan menggunakan Uji t. Berdasarkan analisis penelitian, dimana Variabel Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Informasi (X) memperoleh jumlah skor 1590 dan variabel Motivasi belajar (Y) memperoleh jumlah 1586. Dan nilai rhitung yang didapat dari hasil perhitungan lebih besar dari pada nilai rtabel (0,5049 ? 0,4821) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan thitung lebih besar dari ttabel (2,109 ? 1,770) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Informasi (X) terhadap Motivasi Belajar (Y) Siswa Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Palembang, jadi dapat dimaknai semakin optimal layanan bimbingan kelompok dilaksanakan maka semakin tinggi motivasi belajar siswa di kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Palembang. Saran bagi guru diharapkan dapat melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik informasi secara optimal serta bagi siswa agar bimbingan kelompok dapat dilaksanakan dengan baik agar dapat menimbulkan motivasi belajar yang tinggi sehingga dapat mencapai hasil belajar yang optimal.


Keywords


layanan bimbingan kelompok dengan teknik informasi; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


A. M., Sardiman. (2009). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekulah dasar. Jurnal Penelitian. 1(2).

Ahmad Tanzeh. (2011). Metodelogi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.

Amti, Erman & Prayitno. (2009). Dasar -Dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dimyati, Mudjiono. (2013).Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hartina, Siti. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.

Hikmawati, Fenti. (2012). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rajawali Pers.

Marjohan, Amti, Erman. (2009). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Proyek Pembinaan Tenaga Kerja Kependidikan Depdikbud.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Nurihsan. (2010). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdayakarya.

Prayitno, Amti, Erman. (2014). Teori Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Romlah, Tatiek. (2009). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: UM.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Tohirin. (2013). Bimbingan di Sekolah dan Madrasah. Rajawali Press: Jakarta.

Winarno, Surakhmad. (2009). Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode, dan Teknik. Bandung: Tarsito.

Zalili, M, Aziz. (2017). Bimbingan & Konseling. Palembang: NoerFikri.




DOI: https://doi.org/10.32502/amp.v4i1.3373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Administration of education , Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : admanpen@gmail.com

Indexed by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web Analytics Made Easy - StatCounter