HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 PALEMBANG

Rohma Sri Indri Yani, Herman Seri, Samsilayurni Samsilayurni, Winda Lestari

Abstract


Berbagai studi telah dilakukan dalam upaya menggali dan menganalisis variabel kecerdasan Adversitas yang memiliki keterhubungan dengan hasil belajar yang diperoleh siswa. Untuk penelitian kali ini, peneliti lebih fokus pada sekolah menengah kejuruan. Adakah Hubungan Antara Adversity Quotient Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran Di Sekolah Menengah Kejujuran Negeri 1 Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Antara Adversity Quotient Dengan Hasil Belajar Siswa Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran Di Sekolah Memengah Kejujuran Negeri 1 Palembang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dan menggunakan metode korelasi. Teknik penelitian ini menggunakan angket yang disebarkan ke 40 siswa sampel penelitian, dokumentasi untuk memperolah data nilai akhir rata-rata semester ganjil T.A. 2021-2021.  Angket terdiri dari satu variabel yaitu variabel (X) Adversity Quoient  dengan 33 item pernyataan, sedangkan variabel (Y) Hasil Belajar Siswa mengambil  data dari nilai semester akhir. Analisis data yang digunakan adalah analisis pearson product moment dan analisis hipotesis. Berdasarkan analisis peneliti,  Berdasarkan analisi diatas, menunjukkan bahwa antara variabel X (adversity quotient ) dengan variabel Y (hasil belaajr siswa) menunjukkan nilai korelasi pearson atau rhitung yaitu 0,548 pada taraf 5% dan nilai rtabel  yaitu 0,312. Dari nilai rhitung dan rtabel yaitu 0,548 > 0,312 sehingga menunjukkan bahwa korelasi antara variabel X dan variabel Y cukup kuat Jadi, Ada hubungan yang signifikan antara adversity quotient dengan hasil belajar siswa kelas Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Palembang.


Keywords


Adversity Quotient; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakata: Rineka Cipta.

Abdullah, M.,Putri H.D. (2017). Hubungan Asupan Energi, Status Gizi Dan Aktivitas Fisik Dengan Daya Tahan (Endurance) Pada Atlet Sepak Bola Pssi Kabupaten Aceh Pidie. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 13 (1), 171-177

Anggraeni, M., Praherdhiono, H., & Sulthoni, S. (2019). Hubungan Antara Self Kontrol Dan Internet Addiction Disorder Pada Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Angkatan 2016 Universitas Negeri Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 131–139. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p131.

Arsa, P.S. (2015). Belajar dan Pembelajaran, Strategi Belajar Yang Menyenangkan. Yogyakarta: Media Akademi.

Bintoro, H. S. (2016). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Siswa Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum 2013. TEKNODIKA Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 16 (1).

Bungawati, dkk. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri di Kabupaten Soppeng. UNM Journal of Biological Education, 1 (2).

Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dimyati, dkk. (2013). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah dan Aswan. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ertikanto, C. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.

Fadillah, G. F. (2013). Meningkatkan Pengendalian Diri Penerima Manfaat Melalui Bimbingan Kelompok Di Balai Rehabilitasi Mandiri. Indonesian Journal of Guidance and Counseling - Theory and Application, 2(1).

Fauziah, N. (2014). Empati, Persahabatan,Dan Kecerdasan Adversitas Pada Mahasiswa yang Sedang Skripsi. Jurnal Psikologi Undip,13 (1), 78-92.

Gustia, dkk. (2018). Pengaruh Adversity Quotient Dan Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Sman 4 Bukittinggi. Ecogen,1(2).

Hartosujono, H. (2017). Perilaku Adversity Quotient Mahasiswa Ditinjau Dari Locus of Control. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1). https://doi.org/10.30738/sosio.v1i1.519.

Hidayatullah, S. P. (2018). Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Disekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Palembang. Skripsi. Palembang: Universitas Muhammadiyah Palembang.

Izzah, L. (2019). Kontribusi Kemandirian Belajar, AQ (Adversity Quotient) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Jana, P., & Nugrahayuningtyas, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran IMPROVE Ditinjau dari Kemampuan Adversity Quotient. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 112–120. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i2.14196.

Laila, I., Dharsana, I. K., & Suarni, N. K. (2019). Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(2).

Machali, I. (2015). Statistik Itu Mudah Mengenal dan Menggunakan SPSS sebahai Alat Bantu Statistik. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.

Maskun & Rachmedita, V. (2018). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nurbudiyani, I. (2013).Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iii Sd Muhammadiyah Palangkaraya. Anterior Jurnal, 13(1), 88 – 93.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Phoolka, S., & Kaur, N. (2012). Adversity Quotient: A new paradigm to explore. International Journal of Contemporary Business Studies, 3(4), 227-44. http://www.akpinsight.webs.com

Purba*, E. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kecerdasan Adversiti Terhadap Hasil Belajar Evaluasi Hasil Belajar. Tabularasa, 12(3), 26–36.

Qondias, D. (2016). Determinasi Adversity Quotient Terhadap Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1).

Riduwan. (2011). Pengantar Statistika Untuk Penelitia: Pendidikan, Sosila, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Salmi, S., Hariko, R., & Afdal, A. (2018). Hubungan kontrol diri dengan perilaku bullying siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 88. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i2.2693.

Sunardi (2013). Penilaian Pembelajaran (Asesemen). Palembang: Tunas Gemilang Press.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Hubungan Perilaku Organisasi Kemahasiswaan di Lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Himpunan Pendidikan Kewarganegaraan dan Himpunan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Metode Penelitian, 38–54. http://www.elsevier.com/locate/scp

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitaif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Stoltz, P. G. (2019). Adversity Quotient. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo).

Syarafina, S. O. (2019). Pengaruh Optimisme dan Kesadaran Diri Terhadap Adversity Quotient Mahasiswa Skripsi Sambil Bekerja. Cognicia, 7(3), 295. https://doi.org/10.22219/cognicia.vol7.no3.295-307

Supardi U.S., S. U. S. (2015). Pengaruh Adversity Qoutient terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 61–71. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i1.112

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahyunindya, B. P., Silaen, S. M. J., & Diri, K. (2021). KONTROL DIRI DENGAN FEAR OF MISSING OUT TERHADAP KECANDUAN MEDIA SOSIAL PADA REMAJA KARANG TARUNA BEKASI UTARA. Papalia , Olds Jurnal IKRA-ITH Humaniora Vol 5 No 1 Bulan Maret 2021. 5(1), 51–58.

Yana, P. D. (2018). Pengaruh Keterampilan Menjelaskan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sdn 2 Margototo. Skripsi. Lampung: Institut Agama Islam Negri (Iain) Metro.

Yobella, M., & Sartika, G. (2018). Hubungan Antara Daya Juang Dan Strategi Regulasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Yang Berorganisasi Angkatan 2016 Di Fakultas Pendidikan Dan Bahasa Atma Jaya. 16, 79–93.

Yuniar Angelina, D. (2013). Pola Asuh Otoriter, Kontrol Diri Dan Perilaku Seks Bebas Remaja SMK. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2), 173–182. https://doi.org/10.30996/persona.v2i2.106

Zakiah, F. (2013). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi. Skripsi. Jember: Universitas Jember.

Zaim, Muhammad. (2016). Pendidikan Anak dalam Pengembangan Kecerdasan IQ, EQ, dan SQ.




DOI: https://doi.org/10.32502/amp.v4i2.4344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Administration of education , Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : admanpen@gmail.com

Indexed by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web Analytics Made Easy - StatCounter