RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN JAGUNG MANIS TERHADAP PEMBERIAN PUPUK ORGANIK DARI BERBAGAI RUMPUT RAWA DI POLIBAG

Firnawati Sakalena

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari respon pertumbuhan dan produksi tanaman Jagung Manis (Zea mays saccarata Sturt) di polybag terhadap pemberian jenis dan takaran pupuk organik rumput rawa. Penelitian ini telah dilaksanakan di lahan petani di Desa Lebak Kajang Kecamatan Belitang Madang Raya Kabupaten OKU Timur. Waktu penelitian dari Bulan Februari sampai Mei 2014. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial, dengan 10 kombinasi perlakuan dengan 3 kelompok sebagai ulangan. Setiap kombinasi perlakuan terdiri dari 5 populasi dan 3 tanaman contoh. Adapun masing-masing tingkat perlakuan adalah Jenis Pupuk Organik Rumput Rawa (J) : J1 : Pupuk Organik rumput purun, J2 : Pupuk Organik rumput bakung. Dan perlakuan kedua Takaran Pupuk Organic Rumput Rawa (R) : R0 : 0 ton/ha (0 gram/polybag), R1 : 20 ton/ha (100 gram/polybag), R2 : 40 ton/ha (200 gram/polybag), R3 : 60 ton/ha (300 gram/polybag), R4 : 80 ton/ha (400 gram/polybag). Hasil penelitian didapatkan bahwa Jenis Pupuk Organik rumput bakung memberikan pengaruh terbaik terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung manis (Zea mays saccaharata Sturt) di polybag. Takaran Pupuk Organik rumput bakung 60 ton/ha (300 g/polybag) berpengaruh terbaik terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung manis (Zea mays saccaharata Sturt) di polybag. Kombinasi jenis rumput rawa bakung dan takaran kompos 60 ton/ha (300 g/polybag) berpengaruh terbaik terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung manis (Zea mays saccaharata Sturt)di polybag.

Keywords


Jagung Manis, Pupuk organik, rumput rawa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jk.v10i1.189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
klorofil by jurnal.um-palembang.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.