PEMBERIAN JENIS PUPUK HAYATI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt) DI TANAH LEBAK

Erni Hawayanti, Nurbaiti Amir, Mike Exselen Exselen

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menentukan jenis pupuk hayati yang berpengaruh terbaik terhadap pertumbuhan dan produksi pada tanaman jagung manis (Zea mays saccharata Sturt) di lahan lebak. Penelitian ini dilaksanakan di kebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang (FP-UMP). Kegiatan penelitian ini berlangsung dari bulan Januari sampai dengan bulan April 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak kelompok (RAK) dengan satu perlakuan, masing-masing unit perlakuan diulang sebanyak 4 kali. Faktor perlakuan yang diterapkan adalah : Jenis pupuk hayati (P) yaitu ; P0 = tanpa perlakuan (kontrol), P1 = pupuk Mikoriza + 50% pupuk N,P,K (Urea, SP36, KCl), P2 = pupuk Bioboost + 50% pupuk N,P,K (Urea, SP36, KCl), P3 = pupuk Azospirillum + 50% pupuk N,P,K (Urea, SP36, KCl), P4 = pupuk Bakteri Pelarut Fosfat + 50% pupuk N,P,K (Urea, SP36, KCl), P5 = pupuk Organik Hayati + 50% pupuk N,P,K (Urea, SP36, KCl). Peubah yang diamati dalam penelitian ini adalah tinggi tanaman (cm), jumlah daun (helai), berat tongkal per tanaman (g), Panjang tongkol (cm), Diameter tongkol (cm), Berat tongkol perpetak (g), berat kering berangkasan (g). Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa perlakuan jenis pupuk hayati berpengaruh sangat nyata terhadap berat berangkasan kering, panjang tongkol, berat tongkol dan produksi per petak, berpengaruh nyata terhadap jumlah daun tetapi berpengaruh tidak nyata terhadap tinggi tanaman dan diameter tongkol. Produksi tertinggi terdapat pada perlakuan P1 = pupuk Mikoriza + 50% pupuk N,P,K (Urea, SP36, KCl) dengan berat 10544,50 g per petak.

Keywords


Jagung manis, Pupuk hayati, Tanah lebak

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jk.v10i1.194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
klorofil by jurnal.um-palembang.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.