RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) TERHADAP PEMBERIAN JENIS MULSA DAN PUPUK ORGANIK KOTORAN TERNAK YANG BERBEDA

Syafrullah Syafrullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari pengaruh jenis mulsa dan jenis pupuk organik kotoran ternak terhadap pertumbuhan dan hasil bawang merah. Penelitian ini akan di laksanakan di lahan milik petani yang berada di desa steko indralaya utara kabupaten ogan ilir sumatera km.32. Waktu penelitian dari bulan mei sampai juli 2018.Metode penelitian yang di gunakan adalah rancangan petak terbagi (Split Plot Design) dengan sembilan kombinasi perlakuan dan tiga ulangan, petak utama (main plot) adalah jenis mulsa (M), M0 = tanpa mulsa, M1 = mulsa jerami padi, M2 = mulsa plastik hitam perak dan Anak petak (sub plot) adalah jenis pupuk organik kotoran ternak (P), P1 = kotoran ayam, P2 = kotoran kambing dan P3 = kotoran sapi. Berdasarkan hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa perlakuan jenis mulsa berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman tetapi berpengaruh tidak nyata terhadap peubah lainnya dan jenis pupuk organik kotoran ternak berpengaruh sangat nyata terhadap umbi per petak tetapi tidak berpengaruh tidak nyata terhadap semua peubah yang di amati. perlakuan interaksi berpengaruh tidak nyata terhadap semua peubah yang di amati.


Keywords


bawang merah; mulsa; pupuk organik kotoran ternak

Full Text:

PDF

References


Ashar, T, B.H. Sunarminto dan Sulistyaningsih .2012. Pertumbuhan Hasil dan Kualitas Hasil Bawang merah Pada Kadar air Tanah dan Ketinggian tempat Berbeda. Jurnal Agrivigor 10(2):128-138

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. 2005. Budidaya Bawng Merah. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura,Kementrian Pertanian (2005).

Barus, W. A. 2006. Pertumbuhan dan Produksi Cabai (Capsicum annum L.) Terhadap Jenis Pupuk Organik. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan,Vol.12 (3):187-195. annum L.) Dengan Penggunaan Mulsa dan Pemupukan PK. J.Penelitian Bidang lmuPertanian 4(1):41-44.

Lingga, P dan Marsono. 2005. Petunjuk dan penggunaan Pupuk Organik. Penebar Swadaya,Jakarat.150 hlm.

Lingga,P.1991.Jenis Kandungan Hara Pada Beberapa Kotoran Ternak.Pusat Penelitian Pertanian dan Pedesaan Swadaya. Bogor.

Samiati,A. Bahrun dan L.A.Safuan. 2012. Pengaruh Takaran Mulsa Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Bawang Merah (Allium ascalonicum L.).Penelitian Agronomi.2(1):121-125.

Setiawan,B.S. 2014 Membuat Pupuk Kandang Secara Cepat.Penebar Swadaya.Jakarta.

Suriatna, S. 2001.Pupuk dan Pemupukan. Simlek. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32502/jk.v14i2.2367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
klorofil by jurnal.um-palembang.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.