PENINGKATAN PERTUMBUHAN BIBIT TANAMAN JAMBU BIJI (Psidium guajava. L) TERHADAP PEMBERIAN JENIS PUPUK ORGANIK DAN KOMPOSISI MEDIA TANAM DI POLYBAG

Yopie Moelyohadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mempelajari dan mendapatkan jenis pupuk organik dan komposisi media tanam yang dapat memberikan pengaruh terbaik terhadap pertumbuhan bibit tanaman jambu biji (Psidium guajava L.)  di polybag. Penelitian ini telah dilaksanakan di kebun pembibitan tanaman buah buahan  milik petani penagkar tanaman buah buahan yang terletak di desa Saka Tiga kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan, Waktu pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada  bulan Januari  sampai Mei 2020. Penelitian ini menggunakan Rancangan Petak Terbagi (Split-plot Design) dengan 12 kombinasi perlakuan, dengan ulangan sebanyak 3 kali, serta 4 tanaman contoh. Adapun faktor perlakuanya adalah sebagai berikut : Petak utama adalah  jenis pupuk organik (K)  : K1= Kompos kotoran ayam , K2 = Kompos kotoran sapi, K3 =  Kompos tangkos dan K4  =  Kompos ampas tebu  dan adapun perlakuan anak petak : adalah   Komposisi media tanam   (M) : yang terdiri atas : M1 = 1 bagian tanah top soil : 1 bagian kompos  kotoran ayam , M2 = 2 bagian tanah top soil :1 bagian kompos  kotoran ayam , M3 = 3 bagian tanah top soil : 1 bagian kompos  kotoran ayam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pemberian jenis kompos kotoran ayam  dan komposisi media tanam berngaruh  sangat nyata terhadap semua peubah yang diamati. Akan tetapi untuk interaksi antar perlakuan hanya berpengaruh nyata terhadap peubah pengamatan pertambahan tinggi tanaman dan pertambahan jumlah cabang primer/tanaman.Sedangkan untuk peubah pengamatan pertambahan lilit batang, jumlah akar primer dan panjang akar primer/tanaman tidak berpengaruh nyata. dari hasil uiji BNJ menunjukkan bahwa kombinasi pemberian kompos kotoran ayam dan penerapan komposisi media tanam:  2 bagian tanah top soil : 1 bagian kompos  kotoran ayam memberikan pengaruh terbaik terhadap pertambahan  tinggi dan jumlah cabang akar/tanaman  serta secara tabulasi kombinasi perlakuan ini  memberikan hasil tertinggi terhadap pertambahan lilit batang, jumlah akar dan pertambahan panjang akar/tanaman bibit tanaman jambu biji di polybag.


Keywords


Jenis pupuk organik; komposisi media tanam; tanaman jambu biji; polybag

Full Text:

PDF

References


Brady. 2001. Ilmu Tanah. (Terjemahan). Edisi VII. Gadjah Mada Universtiy Pres.

Fatimah, S. dan B. M. Handarto. 2008. Pengaruh Komposisi Media Tanam terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sambiloto (Andrographis paniculata, Nees). Jurnal Embryo. 5(2):133-148.

Hanafiah, K A. 2014. Dasar-Dasar Ilmu Tanah. Jakarta: Rajawali Press.

Hakim, N., M.Y. Nyakfa, A.M. Lubis, S.G. Nugroho,M.R. Saul,M.A. Diha, G.B Hong, Bailey. 1998. Dasar-dasar ilmu tanah. Edisi III. Bandar Lampung. Universitas Lampung

Harjadi. S.S. 2010. Dasar-Dasar Agronomi. Gramedia Jakarta.

Kuntarsih. 2006. Jambu Biji (Psidium guajava L).Trubus Agrisarana. Jakarta

Prastowo N. dan J. M. Roshetko. 2006. Tehnik pembibitan dan perbanyakan vegetatif tanaman buah. World Agroforestry Centre. Bogor

Samekto, Riyo. 2006. Pupuk Organik, Intan Sejati. Klaten.

Wang TH. 2011. Taiwan guava production manual. Horticulture Crop Training and Demonstration Centre. Technical Mission of the Republic of China, Taiwan.World Agroforestry Centre. 2004. Pengenalan Tanah. Bogor.

Wuryaningsih, S dan Darliah. 2008. Pengaruh Media Sekam Padi terhadap Pertumbuhan Tanaman Hias Pot Spathiphyllum. Buletin Penelitian Tanaman Hias. 2(2):119-129.

Wiskandar, 2002. Pemanfaatan Pupuk Kandang untuk Memperbaiki Sifat Fisik Tanah di Lahan Kritis yang Telah Diteras. Konggres Nasional VII.

Sumarni, N.R. Rosliani dan A.S. Duriat. 2010. 2010Pengelolaan Fisik, Kimia, dan Biologi Tanah untuk Meningkatkan Kesuburan Lahan dan Hasil Cabai Merah. Jurnal Hortikultura. 20(2): 130-137.

Yuliani, F. Dan F. Nugraheni. 2010.Pembuatan pupuk organik dari arang ampas tebu dan limbah ternak. Balai Besar Penelitian Dan Pengembangan. Pascapanen Pertanian. Bogor




DOI: https://doi.org/10.32502/jk.v16i1.4034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
klorofil by jurnal.um-palembang.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.