RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays Saccharata Strut.) TERHADAP PEMBERIAN JENIS KOMPOS KOTORAN TERNAK DAN PUPUK NPK MAJEMUK PADA LAHAN KERING SUBOPTIMAL

Yopie Moelyohadi

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan jenis kompos kotoran ternak dan dosis NPK majemuk terbaik terhadap pertumbuhan dan produksi jagung manis (Zea mays saccharata Strut) pada lahan kering sub optimal  dalam rangka pengembangan inovasi teknologi budidaya tanaman jagung manis  yang mudah, murah dan berkelanjutan pada lahan kering suboptimal. Penelitian ini telah dilaksanakan di lahan milik petani yang terletak di jalan Sukarela, Kelurahan Kebun Bunga, Kec. Sukarami, Km 7 Palembang Sumatera Selatan. Penelitian ini dilakukan dari Bulan Mei sampai Agustus 2021. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini, meliputi:  benih jagung Varietas Bonanza F1, pupuk kotoran ayam, kotoran sapi, kotoran kambing dan NPK majemuk15: 15:15 . Sedangkan alat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : cangkul, meteran, , handspayer, tali rafia, papan nama, jangka sorong dan timbangan. Penelitian ini menggunakan metode rancangan petak terbagi (Split-Plot Design) terdiri dari 12 kombinasi perlakuan dengan 3 ulangan sehingga di dapatkan 36 petak.  Dengan Faktor perlakuan sebagai berikut : Petak Utama = Jenis Kompos Kotoran Hewan (H) :H1 = Kompos Kotoran Ayam, H2 = Kompos Kotoran Kambing dan H3 = Kompos Kotoran Sapi. Sedankan untuk perlakuan anak petak adalah penerapan  Dosis Pupuk NPK Majemuk 16: 16:16  (P) dengan taraf perlakuan : P0 = 0 kg/ha (tanpa pupuk), P1 = 150 kg/ha, P2 = 300 kg/ha dan perlakuan P3 = 450 kg/ha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan jenis pupuk kandang dan  dosis pupuk NPK majemuk memberikan pengaruh yang sangat nyata terhadap semua peubah yang diamati. Sedangkan interaksi antar perlakuan berpengaruh tidak  nyata pada setiap peubah yang diamati. Pemberian kompos kotoran ayam degnan  takaran 5 ton/ha memberikan pengaruh terbaik terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung manis (Zea mays saccharata Sturt.), Pemberian Pupuk NPK majemuk 15:15:15 dengan dosis 300 kg/ha memberikan pengaruh terbaik  terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung manis (Zea mays saccharata Sturt.) dan Secara tabulasi kombinasi kompos kotoran ayam dan pupuk NPK majemuk dengan dosis 300 kg/ha memberikan hasil tertinggi terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung manis (Zea mays saccharata Sturt.) dengan produksi rata-rata sebesar 8,77 kg/petak atau setara dengan 11,70 ton/ha.


Keywords


jagung manis; kompos kotoran ternak; NPK majemuk; lahan kering suboptimal

Full Text:

PDF

References


Djafar,Z.R. Dartius, Aedi; Dotti S, Erwin Y, Hadiyono, Yurnawati, S. Aswad, M. dan Saeri, S. 1990. Dasar-Dasar Agronomi. Diktat Kuliah. Kerjasama BKS-B dan USAID. Palembang.

Djuarnani, N. Kristian, B.S Dan Setiawan. 2005. Cara Cepat Membuat Kompos. Agromendia Pustaka. Jakarta.

Dwijoseputro.2003. Fisiologi Tumbuhan dan Metabolisme Tanaman. Gramedia. Jakarta

Etiyati, 2010. Pengaruh Penambahan Sukrosa dan Jenis Bakteri Pada Pembuatan Yogurt Dari Jagung (Zea Mays L). Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Granados, G., S. Pandey and H. Ceballos. 1993. Response to Selection for Tolerance to Acid Soils in Tropical Maize Population. Crop Sci. 26:253-260

Gardner, F.,T.,R.B. Pearce, R. L. Mitchell. (200). Fisiologi Taaman Budidaya. Penerjemah Herawati Susilo, pendamping Subiyanto

Hakim, N, dan Agustina, 2006. Pengelolaan Kesuburan Tanah Masam dengan Teknologi Pengapuran Terpadu. Padang. Andalas University Press. 2004. hal.

Hanafiah, K.A. 2005. Dasar-Dasar Ilmu Tanah. Jakarta :PT Grafindo Persada.

Jurhana., Made, U dan Madauna, I. 2017. Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea Mays Saccharata) pada Berbagai Dosis Pupuk Organik. Jurnal Agrotekbis[online], 5 (3), 324 –328.

Marschner,H. 1989. Mineral Nutrion Of Hinger Plants. Academic PressHarcourt Brace Javabovich Publisher, London. Dalam Ilmu Kesuburan Tanah.

Nasir. 2008. Pengaruh penggunaan pupuk organik pada pertumbuhan dan produksi palawija dan sayuran www.distperternakpandeglang.go.id.

Pangaribuan DH, Yasir M,Utami NK. 2012, Dampak Bokashi Kotoran Ternak dalam Pengurangan Pemakaian Pupuk Anorganiik Pada Budidaya Tanaman Tomat. J. Agron. Indonesia 40 (3):204-210.

Silvia, Mega. 2012 Respon Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Cabe Rawit Terhadap Pemberian Pupuk Kandang Kotoran Kambing Pada Tanah Ulitisol. Jurasan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian UNLAM. Vol 19 no 3.

Subhan F, Hamzah dan Wahab A. 2008. Aplikasi bokashi kotoran ayam pada tanaman melon. Jurnal Agrisistem 4(1):1-10.

Tim Karya Tani Mandiri, 2010. Pedoman Bertanam Jagung. Nusantara Aulia. Bandung.

Yani, RA.2009. Pengaruh Beberapa Dosis Pupuk NPK Majemuk 16:16:16 terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea mays saccharata Strut). Jurnal Agrifor Vol 13.




DOI: https://doi.org/10.32502/jk.v17i2.5705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
klorofil by jurnal.um-palembang.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.