RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG TANAH TERHADAP PEMBERIAN JENIS KOMPOS KOTORAN TERNAK PADA BERBAGAI TINGKAT PEMUPUKAN KIMIA PADA LAHAN KERING MARGINAL

Yopie Moelyohadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari serta mendapatkan jenis kompos kotoran ternak yang berpengaruh baik pada berbagai tingkat pemupukan kimia terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman kacang (Arachis hypogaea L.) pada lahan kering marginal. Penelitian ini telah laksanakan di kebun percobaan kampus C Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang yang terletak wilayah Dusun I, Desa Pulau Semambu, Kecamatan Inderalaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Penelitian dilaksanakan dari bulan Mei sampai dengan bulan Agustus 2016. Penelitian ini menggunakan Rancangan Split Plot Design. Sebagai perlakuan petak utama adalah pemberian berbagai jenis kompos kotoran ternak, dengan empat taraf perlakuan, yaitu:T0=tanpa pemberian kompos kotoran ternak (kontrol), T1=kompos kotoran burung puyuh, T2=kompos kotoran sapi dan T3=kompos kotoran ayam. Perlakuan anak petak adalah pemberian pupuk kimia pada berbagai tingkat pemupukan, dengan tiga taraf perlakuan, yaitu:.K1 = 25% dosis pupuk kimia (25 Kg Urea +25 Kg SP36 + 12,5 Kg KCL/ha), K2= 50% dosis pupuk kimia (50 Kg Urea +50 Kg SP36 + 25 Kg KCL/ha), dan K3= (75 Kg Urea +75 Kg SP36 +37,5 Kg KCL/ha). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa kombinasi pemberian kompos kotoran ayam dan pupuk kimia pada tingkat pemupukan 75% memberikan pengaruh terbaik terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman kacang tanah dengan produksi rata-rata encapai 6,72 ton polong kering panen /hektar.

Keywords


Kompos kotoran ternak, pupuk kimia pada berbagai tingkat pemupukan, tanaman kacang tanah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jk.v12i1.613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
klorofil by jurnal.um-palembang.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.