KOMPOSISI DAN STRUKTUR GULMA PADI DI LAHAN PASANG SURUT DESA MANGGARAYA KECAMATAN TANJUNG LAGO KABUPATEN BANYUASIN PROVINSI SUMATERA SELATAN

Inka Dahlianah

Abstract


Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui komposisi dan struktur gulma padi di lahan pasang surut, desa Manggaraya Kecamatan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Waktu Penelitian dari bulan Maret sampai bulan Mei tahun 2017. Sedangkan metode penelitian menggunakan metode survei dan pengumpulan data secara langsung dengan menggunakan analisis vegetasi dengan metode kuadrat atau metode dengan (plot) petak, pengambilan sampel dilapangan yaitu dengan sengaja (purposive sampling) terhadap gulma di lahan padi pasang surut. Parameter yang diamati yaitu Kerapatan Mutlak,. Kerapatan Relatif, Prequensi Mutlak, Frequensi Relatif dan Indeks Nilai Penting (INP). Dari hasil penelitian didapatkan Komposisi gulma padi di lahan pasang surut terdiri dari 4 famili, 5 genus, dan 7 spesies dengan jumlah keseluruhan yaitu 656 individu gulma di lahan pasang surut. Struktur gulma padi di lahan pasang surut dengan nilai INP tertinggi adalah jenis gulma Echinochloa cruss-galli, dengan nilai INP sebesar 41,16 %.

Keywords


pasang surut, analisis vegetasi, plot, petak, purposive sampling

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jk.v12i2.810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
klorofil by jurnal.um-palembang.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.