PEMBERIAN PUPUK NITROGEN DAN KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) STADIA PRE NURSERY

Meinanda Lahirsin, Minwal Minwal, Gusmiatun Gusmiatun

Abstract


Pemberian Pupuk Nitrogen Dan Kompos Tandan Kosong Kelapa Sawit Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq) Stadia Pre Nursery. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dosis pupuk nitrogen dan pupuk kompos tandan kosong kelapa sawit (TKKS) yang dapat menghasilkan pertumbuhan terbaik pada penelitian kelapa sawit stadia pre nursery. Penelitian ini telah dilaksanakan di kebun percobaan Agroteknologi Fakultas Pertaniaan Universitas Muhammadiyah Palembang di Kampus C desa pulau semambu, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir. Dimulai pada bulan Mei sampai July 2015. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial dengan 20 kombinasi yang diulang sebanyak tiga kali dan 3 tanaman contoh.Adapun perlakuan sebagai berikut : dosisi pupuk Nitrogen (N), N0 = Tanpa pupuk, N1 = 1 g Urea/polybag, N2 = 2 g Urea/polybag, N3 = 3 g Urea/polybag. Takaran pupuk Kompos TKKS K0 = Kontrol, K1 = 150 g kompos TKKS/polybag, K2 = 300 g kompos TKKS/polybag, K3 = 450 g kompos TKKS/polybag, K4 = 600 g kompos TKKS/polybag..Peubah yang diamati dalam penelitian adalah Tinggi tanaman (cm), Panjang akar (cm), Jumlah daun (helai), Berat kering tanaman (g), dan Berat kering akar (g). Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberiaan pupuk nitrogen dengan takaran 2 g urea/polybag danpemberian pupuk kompos TKKS dengan takaran 450 g kompos TKKS/polybag menghasilkan pertumbuhan terbaik tanaman kelapa sawit di stadia pre nursery.

Keywords


pupuk nitrogen, tandan kosong kelapa sawit, kelapa sawit

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jk.v12i2.813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
klorofil by jurnal.um-palembang.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.