PENGARUH PEMBERIAN DOSIS PUPUK ORGANIK DAN PUPUK ANORGANIK YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI BEBERAPA VARIETAS JAGUNG MANIS (Zea mays Saccharata Sturt)

Risal Risal, Heniyati Hawalid, R. Iin Siti Aminah

Abstract


Pengaruh Pemberian Dosis Pupuk Organik Dan Pupuk Anorganik Yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Beberapa Varietas Jagung Manis (Zea mays saccarata Sturt). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menentukan dosis pupuk organik dan anorganik yang berpengaruh terbaik terhadap pertumbuhan dan produksi beberapa varietas jagung manis (Zea mays saccarata Sturt). Penelitian ini telah di laksanakan pada kebun percobaan kampus C Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyan Palembang, Dusun 1, Desa Pulau Semambu, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Penelitian di laksanakan dari bulan April 2016 sampai Juli 2016. Penelitian ini menggunakan rancangan acak terbagi ( Split Plot Design ) dengan 3 ulangan 4 dosis di dapatkan 12 kombinasi 36 petak dan 5 tanaman contoh. Adapun perlakuannya adalah Petak Utama (V) Jenis Varietas Jagung Manis, V1 = Bonanza, V2 = Sweet Boy, V3 = Sagita. Anak Petak (P) Dosis Pupuk Organik dan Anorganik, P1 = Pupuk Organik (0,5 x dosis) + 75% N,P,K, P2 = Pupuk Organik (1,0 x dosis) + 75% N,P,K, P3 = Pupuk Organik (1,5 x dosis) + 75 % N,P,K, P4 = Pupuk Organik (2 x dosis) + 75 % N,P,K. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan dosis pupuk organik (1 x dosis ) + 75% anorganik memberikan hasil terbaik terhadap pertumbuhan jagung manis dan secara tabulasi pemberian pupuk organik (1 x dosis ) + 75 % N,P,K dengan jagung manis varietas Bonanza menghasilkan pertumbuhan dan produksi tanaman jagung manis rata-rata berat tongkol 165 g/tanaman atau setara (8,812 ton/ha ).

Keywords


pupuk organik, anorganik, varietas, jagung manis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jk.v12i2.816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
klorofil by jurnal.um-palembang.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.