PENGARUH PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 13 PALEMBANG
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran konveksional yang
sifat searah yaitu dari guru ke siswa dan siswa hanya pasif menerima materi dari guru,
sekarang dianggap cara yang kurang tepat lagi sehingga diperlukan metode pembelajaran
yang lebih efektif yaitu membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Masalah
dalam penelitin adalah apakah ada pengaruh penggunaan metode problem based
learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 13
Palembang? Hasil penelitian menunjukan (ada pengaruh penggunaan problem based
learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 13
Palembang). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning
secara effektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi di
SMA Negeri 13 Palembang.
sifat searah yaitu dari guru ke siswa dan siswa hanya pasif menerima materi dari guru,
sekarang dianggap cara yang kurang tepat lagi sehingga diperlukan metode pembelajaran
yang lebih efektif yaitu membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Masalah
dalam penelitin adalah apakah ada pengaruh penggunaan metode problem based
learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 13
Palembang? Hasil penelitian menunjukan (ada pengaruh penggunaan problem based
learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 13
Palembang). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning
secara effektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi di
SMA Negeri 13 Palembang.
Keywords
hasil belajar problem based learning.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.