Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tarif dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan pada Objek Wisata Air Terjun Curup Tenang Bedegung Muara Enim
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, tarif dan aksesbilitas terhadap kepuasan serta dampaknya terhadap loyalitas wisatawan pada Objek Wisata Air Terjun Curup Tenang Bedegung Muara Enim.
Metode penelitian mengunakan metode kuantitatif. Operasionalisasi variabel penelitian ini, yaitu Kepuasan Wisatawan (Y), Loyalitas Wisatawan (Z), Kualitas Pelayanan (X1), Tarif/harga (X2), Aksesibilitas (X3). Sampel yang digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan wisatawan yang ada di Air Terjun Bedegung Muara Enim adalah 369 wisatawan. Analisis infrensial yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan adalah Analisis Jalur (Path Analysis). Model path analysis digunakan untuk menganalisis pola hubungan antar variabel dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung seperangkat variabel bebas (eksogen) terhadap variaabel terikat (endogen). Hasil penelitian ini menyimpulkan (1) Terdapat pengaruh signifikan antara Kualitas Pelayanan (X1), Tarif/Harga (X2), Aksesibilitas (X3), terhadap Kepuasan Wisatawan (Y). (2) Terdapat pengaruh signifikan antara Kualitas Pelayanan (X1), Tarif/Harga (X2), Aksesibilitas (X3), terhadap Loyalitas Wisatawan (Z), dan (3) Terdapat pengaruh signifikan antara Kepuasan (Y) terhadap Loyalitas Wisatawan (Z) pada Wisatawan Objek Wisata Air Terjun Curup Tenang Bedegung Muara Enim.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Arjana, I Gusti Bagus. 2016. Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Armstrong, Philip Kotler dan Garry. 2010. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2 Edisi Kedua Belas, Jakarta : Erlangga.
A, Aziz, Hidayat. (2011). Metode penelitian Keperawatan dan TeknikAnalisis Data. Jakarta: Salemba Medika.
Azwar, S. (2016). Metode Penelitian (Edisi 1). Yogyakarta: penerbit Pustaka Pelajar.
Bellinda Sofia Nuraeni,2014. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Kunjung Ulang Wisatawan Museum Ranggawarsita Semarang. Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro Semarang.
Clarissa Yohana Natalia, NMO. Karini, NPE. Mahadewi. 2020. Pengaruh Aksesibilitas dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan ke Broken Beach dan Angel’s Billabong. Jurnal IPTA p-ISSN: 2338-8633 Vol. 8 No. 1, 2020 e-ISSN: 2548-7930 10. Program Studi Industri Perjalanan Wisata, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana.
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro
Heni Rohaeni, Nisa Marwa. 2018. Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ecodemica, Vol. 2 No. 2 September 2018. Universitas BSI, ASM BSI Bandung,
Hidayah, Nurdin. 2019. Pemasaran Destinasi Pariwisata. Bandung: Alfabeta.
I Gede Noviana Putra, I Nyoman Sudiarta, I GPB. Sasrawan Mananda. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Terhadap Niat Berkunjung Kembali Wisatawan Mancanegara ke Daya Tarik Wisata Alas Pala Sangeh. Jurnal IPTA Volume 4 No.2 Desember 2016
Irawan, Handi. 2012. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Elex Media Komputindo.
Nishan Waheed, DKK. 2016. Influence of Customer Perceived Value on Tourist Satisfaction and Revisit Intention: A study on Guesthousesin Maldives School of Accounting and Business ManagementFTMS College, Malaysianixan.waheed@gmail.comZubair Hassan International Journal of Accounting, Business and Management , Vol 4, Issue 1, pp.101-123Page 1 Research Paper
Priyatno, Dwi. 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS, Yogyakarta: Gaya Media
Rahayu, Sri.2019. Kepuasan & Loyalitas Wisatawan Terhadap Objek Wisata. Palembang: Anugrah Jaya
Ratna Suryani1, M. Wahyu. 2018. Pengaruh Harga Tiket, Fasilitas dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Taman Margasatwa Serulingmas Banjarnegara. Jurnal Media Ilmiah Komunikasi Bisnis Vol. 16,Nomor: 1Januari 2018ISSN: 2087-0418, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tamansiswa Banjarnegara.
Umar, Husein. 2019. Metode Riset Manajemen Perusahaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pariwisata (Kuantitatif, Kualitatif, Kompinasi R&D). Bandung: Alfabeta
Sri Handayani, Khairiyansyah, Nanang Wahyudin. 2019. Fasilitas, Aksesibilitas dan Daya Tarik Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan. Published, Volume 20 Nomor 2, Oktober 2019, 123 - 133 Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis ISSN 1693-7619 (Print) I ISSN 2580-4170 (Online) http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mbisnis 123-133 * Program Studi Manajemen Universitas Bangka Belitung Kampus Terpadu Balunijuk, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka Provinsi Bangka Belitung.
Kartajaya, Hermawan. 2007. Boosting Loyalty Marketing Performance: Menggunakan Teknik Penjualan, Customer Relationship Management dan Servis untuk Mendongkrak Laba. Bandung: Mizan Pustaka.
https://entrepreneurcamp.id/kepuasan-wisatawan/ 20201220 19:09
https://nayaakyasazilvi.wordpress.com/2014/07/11/loyalitas-wisatawan/20201220 20:09 https://medium.com/@indotesis/pengertian-pembentukan-dan-faktor-yang-mempengaruhi-loyalitas-cdc9c0dfc66c
https://chse.kemenparekraf.go.id/ "Kunci Kebangkitan Pariwisata Indonesia Ada di Penerapan Protokol Kesehatan", https://travel.kompas.com/read/2020/07/14/084325227/kunci-kebangkitan-pariwisata-indonesia-ada-di-penerapan-protokol-kesehatan.
Agus Widarjono. 2015. Analisis Multivariat Terapan dengan Program SPSS, AMOS, dan SMARTPLS, Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.
Ghozali, Imam, 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS
Gitosudarno, Indriyanto. 2016. Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: BPFE.
Suryawan, dkk 2016. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Aksesibilitas Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5, Nomor 3, Maret 2016. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
Syarif Hidayatullah, Irany Windhyastiti, Ryan Gerry Patalo, Ike Kusdyah Rachmawati. 2020. Citra Destinasi : Pengaruhnya terhadap Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan yang Berkunjungke Gunung Bromo. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Merdeka Malang, Fakultas Ekonomi,Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang, Indonesia. Jurnal Manajemen Kewirausahaan. Vol.8 No.1
Tjiptono, Fandy. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa –Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Yogyakarta : ANDI OFFSET.
Widjaja, Yani Restiani dan Irpan Nugraha. (2016). Loyalitas Merek Sebagai Dampak Dari Kepuasan Konsumen. IKONOMIKA:Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol.I, No.1:2527-5143
DOI: https://doi.org/10.32502/mti.v7i1.4124
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 MOTIVASI: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Motivasi: Jurnal Manajemen dan Bisnis is Published by Management Department, Economic and Business Faculty, Muhammadiyah University of Palembang. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed/Abstracted