TEORI HIRARKI KEBUTUHAN MASLOW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MEREK GADGET

Andriansyah Bari, Randy Hidayat

Abstract


Gadget sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat terutama masyarakat yang tinggal di perkotaan. Gadget memiliki beberapa klasifikiasi jenis produk seperti, smartphone, laptop, tablet dan lain sebagainya. Penggunaan gadget di berbagai kelompok masyarakat beragam alasannya, untuk mendapatkan informasi dan menunjang kegiatan sehari – hari merupakan alasan utama dalam penggunaan gadget. Teori Hirarki Maslow menyatakan ada lima tingkatan dalam kebutuhan manusia, dimulai dari yang paling rendah yakni kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan social, kebutuhan ego dan kebutuhan aktualisasi diri sebagai tingkatan paling tinggi.

Purpose Penelitian ini bertujukan untuk mengetahui faktor yang paling mempengaruhi bagi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian merek gadget berdasarkan variabel kebutuhan yang disesuaikan dengan teori hirarki kebutuhan milik Abraham Maslow.

Design/methodology Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jumlah 350 responden yang tinggal di Kota Palembang.

Findings - Hasil dari penelitian ini menunjukkan pada kelompok responden usia 23 – 28 tahun memilih kebutuhan sosial sebagai variabel yang paling mempengaruhi, sedangkan responden kelompok usia 29 – 35 tahun dan responden kelompok usia di atas 36 tahun memilih kebutuhan aktualisasi diri sebagai variabel yang paling mempengaruhi dalam proses pengambilan keputusan merek gadget.


Keywords


Teori Hirarki Maslow, Keputusan Pembelian, Citra Merek

Full Text:

PDF

References


Durianto, D. (2004). Brand Equity Ten Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Jain, S. C. (2008). Essentials of Global Marketing. Marsh Publications.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jakarta: indeks.

Lutfianisa, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Santri di Pondok Pesantren An-Nur Sumber Hadipolo Jekulo Kudus (Doctoral dissertation, IAIN Kudus).

Maharani, N. (2015). Proses pengambilan Keputusan Pembelian konsumen terhadap produk iphone di Bandung. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa), 12(1), 59-75.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Consumer behavior: Its origins and strategic Applications. Consumer Behavior. 9th Edition. Upper Saddle River: Pearson Education Inc, 2-4.

Setiadi, N. J. (2003). Konsep dan Implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.

Sukotjo, H., & Radix, S. A. (2010). Analisa Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 1(2), 216-228.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.32502/mti.v7i1.4303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 MOTIVASI: Jurnal Manajemen dan Bisnis

 

Creative Commons License

Motivasi: Jurnal Manajemen dan Bisnis is Published by Management Department, Economic and Business Faculty, Muhammadiyah University of Palembang. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed/Abstracted