PENGARUH PANDANGAN ISLAM, PELAYANAN DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT NASABAH UNTUK MENABUNG DI BANK SYARIAH ISLAM (BSI) CABANG LAHAT

Emila Shiliha

Abstract


This study aims to determine the factors that influence customers' interest in saving Bank Syariah Indonesia Branch Lahat. The independent variables used are Security, Islamic views and Services and the dependent variable used is Customer Intention in deciding to save in Bank Syariah Indonesia (BSI). This study uses primary data by distributing questionnaires to customers of Bank Syariah Indonesia (BSI). The analysis technique used in this study was a descriptive approach analyst by using Structural Equation Modeling (SEM). The results showed a positive relationship between Security, Islamic view, and Service to the customer's interest in saving. But the Islamic view variables have the positive and significant relationship.


Keywords


Security; Islamic views; services and customer Intention

Full Text:

PDF

References


Antasari, Arga Satria; Kertahadi dan Riyadi (2013), Pengaruh Penggunaan Internet Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Bontang), Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

Antonio, Muhammad Syafi’i (2001), Bank Syariah dari Teori ke Praktik, Jakarta : Gema Insani.

Arifin, Johan (2009) Etika Bisnis Islami, Semarang: Walisongo Press, hlm.153.

Bari’ah; Bari’ah and Abidin, Zaenal and Nurtjahjanti, Harlina (2009), Hubungan Antara Kualitas Layanan Bank Dengan Minat Menabung Nasabah Pt Bri Kantor Cabang Ungaran, Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta; PT. Rineka Cipta Elysa, Najachah (2013), Minat Menabung di Bank Mega Syariah CabangSemarang, Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

Febriasti, Roose Hamidah (2014), Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Menabung Di Bank Syariah Indonesia Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

Ghozali, Imam (2008), Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Square, Semarang : Universitas Diponegoro.

Hair, Joseph, F Rolph, E Ronald, Barry J. Babin and William, C Black (2010), Multivariate Data Analysis a Global Perspective. Prentice Hall: PearsonEducation,Inc

Irawan, Hendi (2009), Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi minat Nasabah Dalam Memutuskan Menabung di Bank Syariah Indonesia Cabang Malang. Skripsi.

Kotler, Philip (2002), Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian Djamarah, Syaiful Bahri (2008), Psikologi Belajar, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller (2008), Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas, Jakarta : PT. Indeks.

Kuncoro, Mudrajad (2002) Manajemen Perbankan: Teori dan Aplikasi, Suhardjono, BPFE Yogyakarta

Lubis, Irsyad (2010), Bank Dan Lembaga Keuangan Lain, Medan: USU Press. Muhammad

(20015), Manajemen Dana Bank Syariah. Yogyakarta : Ekonisia

Purba, Jan Horas V (2012), Tanggapan Nasabah atas Produk Perbankan Studi Kasus BRI Cabang Bogor, Dosen Akademi Manajemen dan STIE Kesatuan

Rivai, Veithal. 2007. Bank and Finacial Institution Management: Convensional and Sharia System. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sarjono, Haryadi dan Julianita, Winda. 2011. SPSS vs LISREL, Sebuah Pengantar, Aplikasi Untuk Riset. Jakarta : Salemba Empat

Shaleh, Abdul Rachman dan Muhbib Abdul Wahab (004), Psikologi Suatu Pengantar (Dalam Perspektif Islam), Jakarta: Prenada Media, hlm 263

Slameto (2010), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sugiyono (2010), Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Cetakan IX, Bandung: Alfabeta, h. 207

Triandaru dan Budisantoso. 2006. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Edisi Kedua. Yogyakarta. Salemba Empat.

Wati, Merry (2009), Analisis Perbandingan Minat Masyarakat Untuk Menabung Pada Bank Syariah dan Bank Konvensional (Studi Kasus PT. BRI Syariah dan PT. BRI cabang Pekanbaru), Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Riau, Pekanbaru.

Wiroso (2009), Produk Perbankan Syariah, Jakarta : LPFE Usakti.




DOI: https://doi.org/10.32502/mti.v7i1.4497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 MOTIVASI: Jurnal Manajemen dan Bisnis

 

Creative Commons License

Motivasi: Jurnal Manajemen dan Bisnis is Published by Management Department, Economic and Business Faculty, Muhammadiyah University of Palembang. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed/Abstracted