PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI DAN KUALITAS PELAYANAN PADA SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA

Syahfitri Syahfitri, Nurbaiti Nurbaiti, Nurul Inayah

Abstract


Purpose This study aims to determine the effect of system quality, information quality and service quality on the Enterprise Resource Planning (ERP) system on user satisfaction at PT. Orindo Alam Ayu Medan branch.

 

Design/methodologyThis research uses quantitative research methods. The population in this study are Oriflame members in Medan City. The sampling technique used was purposive sampling with a total sample of 100 respondents. Data collection techniques using a questionnaire with a Likert scale. Then the primary data obtained was processed through SPSS software version 29.

 

Findings - The results showed that the quality of the system has no effect on user satisfaction. Information quality has a significant effect on user satisfaction and service quality has a significant effect on user satisfaction. Then simultaneously system quality, information quality, and service quality have a significant effect on user satisfaction of the Enterprise Resource Planning (ERP) system at PT. Orindo Alam Ayu Medan Branch. 

Keywords


ERP System, System Quality, Information Quality, Service Quality, and User Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Akram, Animah, & Basuki, P. (2017). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, Kepuasan Pengguna, Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Penggunaan Sistem Erp (Enterprise Resource Planning) Berbasis Tam (Technology Acceptance Model). Jurnal Magister Manajemen, 6(1), 1–16.

Amarin, S., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengguna Aplikasi Berrybenka di Kota Bandung). Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(1), 37–52. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i1.6001

Andriati, H. N. (2020). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Bunga Hias Komunitas Lestari Cyclop Di Jayapura. The Community Engagement Journal, 3(2), 199–212.

Asnawi, M. F. (2017). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan , Dan Partisipasi Pengguna Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem : Studi Kasus Pada Bagian Operasional Vsat Ip PT . Semesta Citra Media. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 2(1), 157–162. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1614

Buanawati et al. (2019). Peran Kualitas Layanan dan Kualitas Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) Dalam Meningkatkan Kepuasan Pengguna Dilingkungan Universitas Padjadjaran. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 8(1), 20–28.

Budi, K. S. (2023). Analisis Terhadap Marketing B2B dengan Menggunakan ERP Sebagai Media Marketing. 2(11), 1–11.

Cahaya, A., & Septa, E. (2018). Literatur Review : Critical Success Factor Penerapan Sistem ERP pada Perusahaan Manufaktur di Negara Berkembang dan Maju. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 02, 89–97.

Dewi, K., & Aksari, N. (2017). Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Produk Oriflame Di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(11), 251511.

Falgenti, K., & Pahlevi, S. M. (2013). Evaluasi Kesuksesan Sistem Informasi ERP pada Usaha Kecil Menengah Studi Kasus: Implementasi SAP B1 di PT. CP. Jurnal Manajemen Teknologi, 12(2), 161–183. https://doi.org/10.12695/jmt.2013.12.2.4

Griffin, R. W., & Ebert, R. J. (2007). BISNIS, Edisi Kedelapan. Erlangga.

Hanadia, N., Rahayu, S., & Zultilisna, D. (2017). Perceived Usefulness, Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna (Studi Kasus Terhadap Sistem Dashboard PDAM Tirta Raharja 2017). E-Proceeding of Management, 4(3), 2707–2714.

Hendarwan, D., Putri, Y. D., Porwani, S., & Iqbal, M. (2023). Efektivitas Penerapan Sistem Manajemen Dalam Melaksanakan Koordinasi dan Pemeliharaan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK-3) Perusahaan. Motivasi Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 8(1), 51–59.

Herudiansyah, G., Fitantina, & Suandini, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Reliability, Responsiveness Dan Assurance Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Muhammadiyah. Motivasi Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 8(1), 10–17.

Irawati, R., & Prasetyo, I. B. (2022). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 6(2), 114–133.

Izzati, A. N., & Najwa, N. F. (2018). Pengaruh Stakeholder Perspective Dalam Penerapan ERP: A Systematic Literature Review. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(1), 41. https://doi.org/10.25126/jtiik.201851540

Kadir, A. (2014). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. CV. Andi Offset.

Khairrunnisa, U., & Yunanto, M. (2017). Pengaruh Kualitas Sistem Terhadap Kepuasan Pengguna dan Manfaat Bersih Pada Implementasi E-Faktur: Validasi Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan Mclean. Jurnal Ekonomi Bisnis, 22(3), 229–241. http://myunanto.staff.gunadarma.ac.id/Publications/files/3964/1756-3973-1-SM+Ulfa+%26+Yunanto.pdf

Kowanda, D., Firdaus, M., & Pasaribu, R. B. F. (2016). Determinan Kepuasan Pengguna Akhir Aplikasi Erp Free Open Source Adempiere Pada Usaha Kecil Menengah: Studi Kasus Pada Ukm Blessings. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 12(2), 111. https://doi.org/10.21460/jrak.2016.122.233

Mayori, E., & Aslami, N. (2022). Analisis Pengembangan Manajemen Perubahan dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Penerapan Enterprise Resource Planning (Studi Kasus Pada PT.Indako Binjai). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 923–926.

Meiryani. (2021). Memahami Composite Reliability Dalam Penelitian Ilmiah. Binus University Accounting.

Mendrofa, F., Butarbutar, I. I., Enjelika, Y., Surya, & Alfiandi. (2023). Evaluasi Sistem Informasi Manajemen. Circle Archive, 1(1), 1–10.

Muchdie, Hartono, B. D., & Suprihatin, H. S. (2018). Evakuasi Implementasi Sistem Enterprise Resource Planning Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan di PT. Intiland Development Tbk. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

Negara, V. P., & Pratomo, D. (2019). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Pelayanan Her Registrasi Igracias Terhadap Kepuasan Pengguna (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Telkom University). Journal of Accounting and Finance (JAF), 1(1), 1–15.

Nurbaiti, N., Aisyah, S., Rahma, T. I. F., & ... (2020). E-Commerce Trade In The Perspective Of Islamic Economy. … of Management and …, 6–12. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jombi/article/view/9425%0Ahttp://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jombi/article/download/9425/4411

O’brien James A. (2005). Introduction To Information Systems, 12 th. Salemba Empat.

Pawirosumarto, S., & K, P. (2017). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Penggunaan Sistem E-Learning Di Program Pascasarjana Universitas Mercu Buana. Jurnal Manajemen, XXI(02), 282–305.

Purba, S. M., & Margareth, S. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi Dan Kualitas Layanan Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Pt. Adi Sarana Armada. Tbk. (Assa Rent) Cabang Medan. Universitas Mikroskil.

Qomusuddin, I. F., & Romlah, S. (2022). Analisis Data Kuantitatif Dengan Program IBM SPSS Statistic 20.0. Deepublish.

Rahmani, N. A. B. (2016). Metode Penelitian Ekonomi (pertama). Febi UINSU Press.

Rukmiyati, I. M. S., & Budiartha, I. K. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi Dan Perceived Usefulness Pada Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi (Studi Empiris Pada Hotel Berbintang Di Provinsi Bali). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 3(1), 115–142.

Ruslan, R. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi Dan Kualitas Pelayanan Pada Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) Terhadap Kepuasan Pengguna Di Pt. Furnilac Primaguna. Universitas Budi Luhur.

Shany, A., Khairina, D. M., & Maharani, S. (2016). Sistem Informasi Evaluasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Program Studi Ilmu Komputer Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman). Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 11(1), 37. https://doi.org/10.30872/jim.v11i1.201

Sigalingging, E. D., & Permatasari, D. I. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasaan Pengguna Enterprise Resource Planning-System Application and Product in Data Processing (Erp-Sap) Dengan Perceived Usefulness Sebagai Variabelmoderating Pada Pelindo I ( Persero) Sumatera. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha, 12(01), 1046–1057. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/view/30324%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/viewFile/30324/18162

Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online. HIRARKI Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (HJIMB), 2(1), 71–75. http://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki%0APERKEMBANGAN

Supartha, I. K. D. G., Agus, B., Sastradipraja, C. K., & Arfianto, A. Z. (2022). Konsep Sistem Informasi Dalam Berbagai Aspek Kehidupan Masyarakat. Media Sains Indonesia.

Tubarad, C. P. T., & Arifin, S. (2016). Analisis Kesuksesan Implementasi Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi Pada Pt XYZ. Jurnal Ilmiah Gema Ekonomi, 6(2), 905–918.

Waziana, W., Saputra, R. H., Sari, N. Y., Kasmi, & Aulia, D. (2022). Pemanfaatan E-Commerce Shopee Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Ibu-Ibu PKK Pelaku Bisnis. NEAR : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–6.

Widana, I. W., & Muliani, P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Klik Media.

Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 6(2), 43–48. https://doi.org/10.34010/komputa.v6i2.2476




DOI: https://doi.org/10.32502/mti.v8i2.6616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 MOTIVASI

 

Creative Commons License

Motivasi: Jurnal Manajemen dan Bisnis is Published by Management Department, Economic and Business Faculty, Muhammadiyah University of Palembang. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed/Abstracted