PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PENDOPO BARAT

Linda Susanti, Muslimin Muslimin, Bonita Hirza, Dessi Atikah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi Persamaan Garis Lurus melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama II siklus, penelitian ini dilakukan dengan 5 langkah yaitu : (1) Orientasi peserta didik pada masalah (2) Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar (3) Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok (4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya (5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data dengan memberikan soal pre-test dan soal pos-test pada materi persamaan garis lurus. Berdasarkan hasil analisis setelah penelitian dilakukan diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I saat pretest dilakukan yaitu sebesar 0,0% dengan nilai rata-ratanya 9,33, dan pada saat posttest persentase ketuntasan sebesar 80% dengan nilai rata-ratanya 67,33. Persentase ketuntasan pada siklus II saat pretest dilakukan yaitu sebesar 0,0% dengan nilai rata-ratanya sebesar 20,0. Saat posttest persentasi ketuntasan sebesar 86,67%  dengan nilai rata-ratanya 71,67. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika pada materi persamaan garis lurus.


Full Text:

PDF

References


Dewi, E. R. (2018). Metode pembelajaran modern dan konvensional pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2(1), 44-52.

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71-78.

Kurniawanti, I. D., & Rizal, M. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika, 6(4).

Puspitasari, Arum. (2017). Efektivitas Penerapan Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Persamaan Garis Lurus (PGL) Kelas VIII di SMP Pawyatan Daha 2 Kediri. Skripsi. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Novelni, D., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3869-3888.

Safitri, T., Hidayat, W., Sari, I. P., Yuspriyati, D. N., & Kadarisma, G. (2022). Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Teorema Pythagoras : Suatu Action Research. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5 (3).

Sulaiman. (2018). Pembelajaran Matematika Realistik Tentang Luas Lingkaaran di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 26–39.

Situmorang, M. S., & Samosir, K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 1 Rantau Selatan. Inspiratif: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).

Syofniarti. (2018). Penerapan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Menentukan Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMPN 10 Pekan Baru. Jurnal Pendidikan Guru, 1(2).




DOI: https://doi.org/10.32502/jpt.v1i1.5719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.